Connect with us

Kabar

Pokja Wartawan Kota Tua Jakarta Dikukuhkan

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Kota Tua Jakarta Resmi dilantik dan dikukuhkan untuk kepengurusan di periode 2024-2027 yang dilaksanakan bertempat di Hotel Mercury Jakarta Batavia, Jl. Kali Besar Barat No.44-46, Roa Malaka, Kecamatan, Tambora, Kota Jakarta Barat.

Selain pelantikan dan pengukuhan, Pokja Wartawan Kota Tua juga mengelar diskusi panel tentang pelestarian kawasan kota tua dengan mengambil tema “Peran Media Bagi Generasi Muda Dalam Pelestarian Cagar Budaya”, Rabu (24/07/2024).

Para pembicara antara lain dari Dinas Kebudayaan Provinsi DKJ Norvie S Husodo (Kepala Pusat Konservasi Cagar Budaya DKJ), Ketua Umum Organisasi Perkumpulan wartawan online Independen Nusantara (PWOIN) Harun, ST, M. IKom, Tokoh Pendidikan Rachman Salihul Hadi, S. Sos, M. Si, Tokoh Kebudayaan Prof. H. David Darmawan, MBA, dan dari Lembaga Pemangku Adat Jayakarta RB. H. Abi Munawir Al Madani Mertakusuma (Pangeran Ratu Jayakarta IX).

Latar belakang kegiatan Pokja Wartawan Kota Tua Jakarta tersebut terinspirasi karena Pelestarian cagar budaya merupakan tanggung jawab bersama yang memerlukan partisipasi aktif dari berbagai pihak, termasuk generasi muda.

Media baik cetak maupun digital, memiliki peran strategis dalam menyebarkan informasi dan edukasi mengenai pentingnya Pelestarian cagar budaya, dengan melibatkan generasi muda dan memanfaatkan Media secara optimal, di harapkan upaya Pelestarian cagar budaya dapat berjalan lebih efektif dan berkelanjutan.

Pada kegiatan tersebut juga diperoleh kerjasama dengan ditandai dengan penandatanganan MOU antara Pokja Wartawan Kota Tua Jakarta bersama dengan Gerakan Pendidikan Indonesia Baru (GPIB) yang diwakili oleh Ketua Pokja Wartawan Kota Tua Achmad Sugeng Santoso dan Ketua Umum Gerakan Pendidikan Indonesia Baru (GPIB) Ir. Agung Karang.

Adapun dalam kerjasama yang di peroleh dan tertuang dalam MoU tersebut adalah Kerjasama dibidang Pendidikan, Bidang Ideologi Pancasila, Bidang Ekonomi, Bidang Sosial, Bidang Budaya, Bidang Kesehatan dan Bidang Pelestarian Cagar Budaya.

Selain berhasil membuat kerjasama dengan Gerakan Pendidikan Indonesia baru (GPIB) Pokja Wartawan Kota Tua juga berhasil membuat kerjasama atau MOU bersama Lembaga Pemangku Adat Jayakarta dan Organisasi CWIG.

Achmad Sugeng Santoso Ketua Pokja Wartawan Kota Tua Jakarta menyampaikan, Pokja berdiri Oktober 2017 dengan misi mengembangkan budaya yang ada di kawasan kota tua Jakarta, baik museum maupun cagar budaya, baik sejarahnya, tempat pemakaman wali wali dan para pejuang.

“Jadi berdirinya Pokja ini untuk mempublikasikan sejarah atau museum museum yang ada di wilayah baik di Jakarta Utara maupun di Jakarta Barat. Jakarta Barat fokusnya Kelurahan Taman Sari. Insyaallah, kita sudah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kebudayaan, maupun Yayasan Pemangku Adat Pangeran Jayakarta ke lX maupun dari Pendidikan, Organisasi Gerakan Pendidikan Indonesia Baru maupun CWIG yang ada di wilayah Jakarta,” bebernya.(Cmg)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *