Kabar

Penampakan JPO Stasiun Tanah Abang

Published

on

ANDA pastinya tak akan kelelahan saat melintas atau berada di Stasiun Tanah Abang. Sebab, Jembatan penyeberangan orang (JPO) di Stasiun Tanah Abang telah rampung dibangun. Kini penumpang dapat menyeberang antarperon tanpa perlu lewat jalur rel. Lebih nyamannya lagi, JPO tersebut juga difasilitasi eskalator.

JPO dibangun di bangunan hall baru Stasiun Tanah Abang, tepatnya di pintu masuk utama yang dibuka lewat jalan Jatibaru. detikcom menyusuri langsung JPO yang mulai berfungsi pada awal Maret 2017 ini.

Mulanya penumpang masuk melalui gate/pintu masuk utama dari Jalan Jatibaru. Terlihat ada 15 gate elektronik. Penumpang harus memiliki tiket elektronik untuk dapat masuk. Setelah masuk dari gate tersebut, detikcom mencoba menyusuri JPO.

Di JPO Stasiun Tanah Abang, penumpang tak perlu capek-capek menaiki tangga. Ada 6 eskalator yang disediakan untuk penumpang di tiap peron.

Eskalator di peron 2 dan peron 3 disediakan untuk penumpang Commuter Line dengan tujuan Duri, Jatinegara, Manggarai, Bekasi, Depok, dan Bogor. Sedangkan eskalator di peron 5 dan 6 untuk penumpang tujuan Serpong, Parung Panjang, Maja, dan Rangkasbitung.

Selain eskalator, di JPO disediakan tiga tangga manual bagi penumpang. Di sisi kiri dan kanan JPO dipasangi kaca. Terdapat tulisan ‘Awas Kaca’ di kaca tersebut. Di JPO itu juga terdapat kipas angin dan sejumlah kamera CCTV.

Dari JPO, penumpang sekaligus dapat melihat pemandangan gedung-gedung bertingkat serta depo lokomotif. Penumpang Commuter Line, Edy, mengatakan penggunaan eskalator memudahkannya menuju peron. Kendati demikian, dia masih bingung soal arah penunjuk jalan di JPO. “Ini bagus banget. Kayak di mal. Cuma petunjuk arahnya masih belum jelas,” ujar Edy.

Hal senada diungkapkan oleh Hendy, yang kebingungan soal arah di JPO. “Ini sudah bagus, pakai eskalator. Tapi kalau saya mendingan naik tangga, lebih cepat. Soalnya di eskalator banyak peminatnya. Jadinya ngantri,” kata Hendy.

JPO ini dibangun oleh PT KAI. Vice President Communications PT KCJ Eva Chairunisa mengatakan pihak PT KCJ bersama PT KAI nantinya akan membangun fasilitas lain di hall baru Stasiun Tanah Abang. Pihaknya juga tengah mengerjakan penyambungan peron dengan JPO.

“Nanti di hall akan dibangun musala dan counter lost and found. Saat ini sedang penyambungan peron yang dulunya area crossing di jalur 2 dan 3. Untuk jalur 5 dan 6 sudah selesai penyambungan peronnya. Kita harapkan akan sangat berguna dari sisi safety,” ujar Eva. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version