Entertainment

Panji Laras Svara Kelompok Musik Genre World Music dari Malang

Published

on

MALANG, JAYAKARTA NEWS – Salah satu kelompok musik asal Malang, yakni Panji Laras Svara yang selalu tampil nyentrik, miliki beragam aliran musik. Hal itulah, yang membuat kelompok musik tersebut berbeda dari lainnya.

Komposer Panji Laras Svara, Agus Wayan menjelaskan, ini merupakan pertama kalinya di Malang yang berani membentuk kelompok musik dengan jenis musik seperti itu. “Kebanyakan para penggemar menganggap musik kita adalah world music dan ini baru pertama kali di Malang. Jadi, bermacam-macam jalur musik bisa masuk dengan gaya Panji Laras Svara,” ujarnya,

Panji Laras Svara yang beranggotakan sembilan orang dengan berbagai macam alat musik yakni Agus Wayan, Lukman, Syafril, Siti, Iwan, Yoyok, Mohammad, Zaky, dan Nova, Sangat di kenal permainan musiknya karen penuh dengan penjiwaan,  membuat para penikmat seakan melayang terbawa alunan sound healing-nya.

Selain antik dan nyentrik, saat perform Panji Paras Svara selalu berkolaborasi dengan penari Sufi, Dalang, Boneka Nyai Putut / Jailangkung, Penari Tradisional, Kuda Lumping, Bantengan, dan lain-lain.

“Kami sengaja berkolaborasi dengan pelaku seni budaya sebagai salah satu bentuk nguri – uri atau melestarikan budaya kami”. terang Iwan Dongkel.

Bukan hanya itu saja, Panji Laras Svara kerap melakukan konser kepedulian terhadap lingkungan, antara lain bersih – bersih gunung dan sungai untuk memotivasi masyarakat agar selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam. ujar Lukman yang akrab disapa Joko Tebon.

Di akhir kata, berkarya dengan cinta dan hati, seperti sosok Panji sang musisi era majapahit serta menambah persaudaraan, dengan harapan genre world music Panji Laras Svara dapat di terima oleh semua kalangan masyarakat di Indonesia. (Nova)

1 Comment

  1. Cak mad

    March 3, 2023 at 6:13 pm

    Wow musik etnik yg unik.panji laras svara menambah keunikan d khasanah permusikan indonesia di KOTA MALANG pada khusus x.semangat terus berkarya PANJI LARAS SVARA… SALAM SELARAS???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version