Manca Negara

Manusia dan Macan Tutul Hidup Damai di Kota Bera, India

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Kota kecil itu bernama Bera. Lebih pas disebut desa Bera. Berada di negara bagian Rajasthan, India. Keberadaannya unik karena sebagai satu-satunya tempat di Bumi, di mana manusia dan macan tutul hidup bersama dengan damai.

India adalah salah satu negara berpenduduk terpadat di Bumi. Karenanya, manusia terus merambah ke hutan dan pegunungan yang masih tidak berpenghuni. Tentu,  konflik antara macan tutul dan manusia tidak dapat dihindari. Ketegangan antara kedua spesies ini meningkat.

Tapi ada satu tempat di mana manusia dan macan tutul diduga telah hidup damai dan harmonis setidaknya selama satu abad ini. Tempat ini dikenal sebagai “negara macan tutul”. 

Bera dikatakan memiliki konsentrasi macan tutul tertinggi di planet ini. Dilaporkan ada hampir 100 macan tutul yang tinggal di dalam dan sekitar Bera, namun tidak ada serangan terhadap manusia yang dilaporkan di sini dalam seratus tahun terakhir. Demikian Oddity Central, Jumat (20/5/2022).

Ada satu kasus di mana seorang bayi diculik oleh seekor kucing besar bertahun-tahun lalu. Tetapi bayi tersebut ditinggal saat macan tutul itu  berlari ke hutan belantara. Bahkan ketika penduduk setempat mulai mengorganisir safari melihat macan tutul di daerah itu untuk turis, jumlah serangan macan tutul tetap nol.

Jadi apa yang membuat kota Bera istimewa. Menurut penduduk setempat, sebagian besar dari mereka adalah anggota Rabari, suku penggembala yang bermigrasi ke Rajasthan dari Iran melalui Afghanistan seribu tahun lalu.

Rabaris menyembah dewa Hindu, Siwa. Mereka memperlakukan binatang sebagai malaikat pelindung. Bahkan mereka kadang-kadang merelakan ternaknya untuk macan tutul.

“Ketika macan tutul membunuh ternak Rabaris, masyarakat tidak menentang pemangsa itu,” Dilip Singh Deora, yang menjalankan usaha safari lokal, mengatakan kepada The National. “Mereka percaya Siwa akan meningkatkan ternak mereka berlipat ganda dan memperlakukan ternak yang terbunuh sebagai persembahan kepada tuannya sendiri.”

Dheeraj Mali, seorang jurnalis foto satwa liar Bera yang telah mendokumentasikan macan tutul lokal selama bertahun-tahun, percaya bahwa kucing besar di daerah itu juga telah beradaptasi dengan keberadaan manusia, dan secara bertahap menjadi kurang predator terhadap mereka.

Macan tutul adalah bagian dari kehidupan sehari-hari di Bera, sedemikian rupa sehingga penyelenggara safari beroperasi dengan jaminan “tempat macan tutul atau uang Anda kembali” ketika mempromosikan paket kepada wisatawan.

Kucing-kucing besar dapat terlihat bertengger di bebatuan di dalam dan sekitar 10 desa di kota, atau bahkan berjalan di jalanan.

“Banyak turis terkejut ketika mereka melihat macan tutul bergerak bebas di sekitar kuil desa, bahkan saat pendeta melakukan ritual hariannya tanpa terpengaruh, tapi begitulah kehidupan di Bera,” kata Dilip Singh Deora.

Dinamika manusia-macan tutul yang harmonis ini dilaporkan unik di Bera, karena di tempat lain di India orang-orang dan kucing-kucing besar menghindari satu sama lain sebanyak mungkin, dan ketika mereka melakukan kontak, pertemuan itu sering kali berakhir dengan pertumpahan darah.

Apakah reputasi Bera sedikit dilebih-lebihkan untuk tujuan pemasaran? Mungkin, tapi meski begitu, fakta bahwa perbukitan di sekitar pemukiman manusia dipenuhi macan tutul adalah fakta. Jadi, jika komunitas manusia dan kucing berkembang sebagai hasil dari kisah yang menarik ini, mengapa merusak hal yang baik? (mel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version