Kabar

Kepengurusan Forum Wartawan Adhyaksa Sumut Segera Dilantik

Published

on

MEDAN, JAYAKARTA NEWS— Pelantikan kepengurusan Forum Wartawan Kejaksaan Adhyaksa Sumut (Forwaka Adhyaksa) direncanakan segera digelar pada Februari ini.

Penyerahan berupa surat pemberitahuan pelantikan pengurus yang baru, diantar langsung oleh ketua terpilih Donald Panggabean, Sekretaris Tonijer Hutagalung, Bendahara Priat Panggabean, Wakil Ketua Johanes Lumbangaol, Andri Saprin, bersama tim panitia pelantikan Tison Sembiring, Vera Sinaga ST, Ly Tinambunan ST. Didampingi Penasehat Martohap Sumarsoit, SH MH dan Romuda Sirait, ST

Kumpulan wartawan yang tergabung dalam Forwaka Adhyaksa terdiri dari berbagai media, memiliki keseharian melakukan tugas peliputan jurnalistik di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu).

Untuk diketahui, Kepengurusan Forwaka resmi dikukuhkan pertama kali di Sumatera Utara pada tahun 2020, Forwaka Sumut digagas oleh wartawan yang khusus meliput di Kejati Sumut.

Pengukuhan pertama pengurus Forwaka Sumut diadakan di restoran Garuda, Jl. Patimura, Medan pada hari senin 31 Agustus tahun 2020 lalu, dengan Ketua Terpilih Martohap Sumarsoit, SH MH dan Sekretaris Andry Safrin yang di kepengurusan baru ini keduanya duduk sebagai Penasehat dan Wakil Ketua.

Pembentukan Forwaka saat itu dihadiri oleh Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Dwi Setyo Budi Utomo SH MH, Asdatun Mangasi Situmeang SH, LLM, Asbin Masrin SH, MH, Asintel Dwi Setio SH, MH

Nama Forum Wartawan Kejaksaan yang dulunya bernama Forwaka dan kini mendapat penambahan nama menjadi Forwaka Adhyaksa di Sumatera Utara.

Penambahan nama Adhyaksa ini dikatakan ketua terpilih Donald Panggabean mengingat selama ini kejaksaan sangat identik dengan Adhyaksa-nya dan hal ini sudah merupakan hasil kesepakatan bersama.

Penyerahan surat pemberitahuan pelantikan pengurus Forwaka Adhyaksa Sumut ini ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara melalui PTSP juga dilakukan setelah melalui proses dan kesepakatan bersama, kata Donald. Setelah sehari sebelumnya Hari Senin, 6 Februari 2023 telah berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan Tinggi Sumut melalui Kasi Penkum Kejatisu Yos A Tarigan di Kantor Kejaksaan Tinggi Sumut.

“Harapan pembentukan kepengurusan ini dapat menjalin sinergitas dalam pemberitaan khususnya kegiatan – kegiatan di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.”

“Sebelumnya tim Kejati Sumut pada tahun 2022 juga pernah menorehkan prestasi yang menjuarai dalam hal pemberitaan se- Indonesia dan kita mengharapkan kepengurusan terpilih sekarang ini mampu meraih prestasi itu kembali,” ucap Donald, Selasa (07/02/2023).

Pelantikan kepengurusan Forwaka Adhyaksa Sumut didukung oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Idianto SH, MH, melalui Kasi Penkum Yos A Tarigan mengatakan, kebebasan pers merupakan bagian dari kebebasan berekspresi dan berpendapat. Kebebasan berpendapat dan berekspresi serta berkumpul adalah salah satu hak dasar yang dapat menjadi tiang dari demokrasi.

“Selama tidak bertentangan dengan UU 1945 dan aturan perundang-undang lainnya, kebebasan pers merupakan bagian dari kebebasan berekspresi dan berpendapat,” pungkas Yos A Tarigan. (*/Mons)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version