Kabar

Kemen PPPA Beri Bantuan Kebutuhan Spesifik Anak di Bantar Gebang

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyerahkan bantuan pemenuhan kebutuhan spesifik kepada seribu anak di Kecamatan Bantar Gebang, Bekasi, Sabtu (3/7/2021). Bantuan ini sebagai upaya mencegah dan melindungi anak-anak terpapar virus Covid-19 dan diberikan dalam rangka Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2021.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga yang mengikuti kegiatan ini secara daring, mengingatkan pentingnya pemenuhan kebutuhan spesifik dan hak-hak dasar anak selama masa pandemi. Hal itu dikarenakan situasi pandemi masih belum terlewati dan belakangan sektor paparan virus Covid-19 banyak berdampak kepada anak-anak.

“Anak merupakan bagian penting dalam menentukan kemajuan suatu bangsa. Oleh karenanya kita perlu bersatu, bergandengan tangan, dan turut mengambil peran untuk memastikan anak-anak kita dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, meski situasi pandemi yang mereka hadapi bukanlah hal yang mudah untuk dilewati. Penyerahan kebutuhan spesifik yang kita laksanakan pada hari ini menjadi contoh nyata betapa perlindungan terhadap anak hanya dapat terwujud jika kita semua mampu berkerjasama untuk melakukannya,” tutur Menteri Bintang.

Menteri Bintang mengharapkan bantuan ini dapat membawa manfaat sebaik-baiknya bagi anak-anak dalam memenuhi kebutuhan gizi tambahannya dan mendukung aktivitas belajar mereka. Selain itu juga diharapkan mampu menjadi layanan darurat penanganan bencana non alam.

“Kami berharap melalui penyaluran paket kebutuhan spesifik ini juga dapat menumbuhkan kesadaran bahwa perempuan dan anak memiliki kebutuhan spesifik yang harus dipenuhi, selain dari kebutuhan pokok yang umum diterima oleh masyarakat. Selanjutnya, semoga semakin banyak paket bantuan spesifik yang dapat tersalurkan atas kerjasama Pemerintah, Pemerintah Daerah, lembaga masyarakat, dunia usaha, dan para pemangku kepentingan lainnya,” ucap Menteri Bintang.

Ketua Yayasan Dinamika Indonesia, Nasrudin mengapresiasi bantuan spesifik anak yang disalurkan oleh Kemen PPPA sebagai upaya penguatan imun anak-anak. Ia juga menjelaskan hambatan yang dialami anak-anak Kecamatan Bantar Gebang dalam menjalani aktivitas sehari-hari terutama kegiatan belajar mengajar selama masa pandemi Covid-19.

“Meskipun ada keterbatasan dalam melakukan kegiatan, tetapi kami tetap berupaya melindungi anak-anak Bantar Gebang supaya dapat melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan petunjuk Dinas Pendidikan setempat. Kami menjalankan protokol kesehatan dengan cara memastikan anak-anak tetap menjaga jarak, mencuci tangan, tidak berkerumun, dan melakukan pembatasan yang diperlukan,” ungkap Nasrudin.

Adapun bantuan kebutuhan spesifik anak yang diberikan berupa sabun antiseptik, makanan tambahan bergizi, susu, vitamin, dan perlengkapan khusus anak. Bantuan tersebut diserahkan kepada 7 anak berusia 0-4 tahun dan 973 anak berusia 5-17 tahun untuk dapat menaikkan imun anak sehingga daya tahan tubuhnya semakin kuat dan terhindar dari Covid-19.(mel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version