Hirohito (2) :
Saat Jumpa Mac Arthur

 Hirohito (2) :Saat Jumpa Mac Arthur

ADA spekulasi mengenai peran Hirohito membawa Jepang ke dalam Perang Dunia II. Satu sisi menyatakan Hirohito tidak tahu apa-apa, di sisi ujung pendulum lainnya menyebutkan Hirohito-lah yang memberi lampu hijau penyerangan Perl Harbor itu.

 

Sesungguhnya, buku biografi yang ditulis setelah Hirohito meninggal, sama sekali tidak memberi informasi apa pun mengenai ini. Jadi peranan Hirohito tetap jadi misteri. Orang Jepang tidak pernah mendengar suara Hirohito, sampai ketika dia menyatakan kekalahan Jepang dalam pidato radio empat menit pada tanggal 15 Agustus 1945.

Dahulu itu…

Jenderal Dauglas Mac Arthur (kepala pendudukan sekutu di Jepang) pernah jumpa Kaisar Hirohito pasca kekalahan Jepang. Kepada Mac Arthur, Hirohito berkata, dalam pertemuan tertanggal 27 September tahun 1945, bahwa dia menerima tanggung jawab penuh atas perilaku Jepang selama perang.

Dalam biografi juga diceritakan, Hirohito baru diberitahu mengenai pengeboman Hiroshima hampir 12 jam setelah bom atom meratakan kota Hiroshima dan Nagasaki. Setelah mendengarnya, dia yakin bahwa tidak mungkin meneruskan perang dan berharap konflik secepatnya diakhiri.

Kendati banyak desakan untuk mengadili Hirohito sebagai penjahat perang, Amerika tetap membiarkan dia bertahta untuk memastikan stabilitas politik dan juga menangkal bayang-bayang komunisme. Dia tetap jadi simbol nasional Jepang sampai akhir hayatnya tahun 1989. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *