Hirohito (1) :
Menggantung Tanya

 Hirohito (1) :Menggantung Tanya

KAISAR Hirohito (1926 – 1989) menjadi kaisar selama 63 tahun, yang dikenal sebagai periode Showa. Pada masanya, Jepang muncul sebagai kekuatan militer kuat , menguasai sebagian Cina dan Manchuria. Pada dasarnya Jepang adalah salah satu superpower dunia di bidang ekonomi dan militer.

Dahulu itu…

Sang Kaisar mengalami Perang Dunia pertama dan kedua, serta melihat Jepang berjaya meluaskan pengaruh dan wilayah kekuasaannya sampai ke Cina. Bahkan memenangi pertempuran lawan Rusia. Satu masa luar biasa bagi Jepang.

Namun ada satu misteri, apa peran Kaisar Hirohito dalam keputusan masuk PD 2 dengan membombardir Perl Harbor. Biografi Hirohito, setebal 12.000 halaman, hanya menyebutkan dia memperingatkan pemerintahan militer, bahwa serangan terhadap AS akan menghancurkan Jepang. Biografi itu sendiri disusun selama 24 tahun.

Hirohito diperingatkan oleh para pemimpin politik menjelang serangan mendadak ke Perl Harbor pada awal bulan Desember 1941. Dalam biografi dinyatakan konflik dengan AS merupakan perang yang tanpa perhitungan dan akan membuat dia merasa sangat menyesal ‘di hadapan para nenek moyang’.

Dia juga memberi pernyataan keraguan ketika para pemimpin militer melancarkan invasi ke Cina di era 1930 an. Namun dia juga merayakan kemenangan para tentara, yang berperang atas namanya.

Setelah pasukan Jepang menyerang Kota Nanking (sekarang Nanjing), tahun 1937, dan membantai puluhan ribu rakyat sipil, Hirohito menyatakan dia ‘sangat puas’ dengan keberanian tentara Jepang yang dengan cepat menguasai kota. Sejarah mencatat detil pengepungan kota, tetapi tidak menyebutkan soal pembantaian rakyat sipil, tutur media Jepang.

Harian Mainichi Shimbun, dalam editorialnya, menyatakan biografi itu hanya mengkonfirmasi apa yang sudah diketahui selama masa pemerintahan Hirohito. “Hampir tidak ada hal baru yang mengubah pengetahuan umum dan sejarah. Kita tetap harus bertanya-tanya kepada diri kita sendiri kenapa perang, yang sangat menghancurkan itu, tidak bisa dihindari? Pertanyaan ini belum terjawab”.  ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *