Connect with us

Kabar

Gudang Logistik Distrik Sinak di Kabupaten Puncak Siap Beroperasi

Published

on

Prosesi pemotongan pita dan penandatanganan berita acara serah terima sebagai simbol diresmikannya gudang logistik di Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, Rabu (7/8/2024)/Foto: BNPB

PUNCAK, JAYAKARTA NEWS – Gudang logistik yang berada di Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, telah siap beroperasi. Bangunan yang dibangun BNPB ini bertujuan untuk mendukung penanganan bencana, khususnya kekeringan dan dampak gagal akibat cuaca ekstrem, seperti yang terjadi pada awal Juni 2023 silam.

Peresmian lumbung pangan tersebut dilakukan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Distrik Sinak, Papua Tengah, pada Rabu (7/8/2024). Menko PMK yang didampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengatakan, gudang logistik BNPB ini dibangun sebagai salah satu program strategis daerah dalam upaya penanggulangan bencana kekeringan yang berdampak pada kelangkaan pangan.

Muhadjir menambahkan, pembangunan hub logistik juga bertujuan untuk upaya pengurangan risiko bencana kelangkaan pangan pada masa yang akan datang.

Gudang bahan pangan dan non-pangan ini merupakan sebuah hasil nyata kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk saling menguatkan dan bersinergi dalam pembangunan, khususnya pembangunan manusia dan kebudayaan.

“Pemerintah pusat mempunyai komitmen yang kuat dalam penanggulangan kemiskinan dan percepatan pemulihan pascabencana,” ujar Muhadjir, Rabu (7/8/2024).

Kemenko PMK Muhadjir Effendy (baju putih rompi) bersama Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (baju hijau rompi) memberikan bantuan logistik kepada para warga di Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, Rabu (7/8/2024)/Foto: BNPB

Sementara itu, saat berada di Sinak Kepala BNPB menyampaikan, gudang logistik ini bukan milik BNPB, tetapi milik seluruh rakyat Indonesia. Suharyanto berpesan agar fasilitas untuk masyarakat ini dijaga dan dirawat supaya tidak ada lagi masalah kesulitan pangan akibat bencana kekeringan.

“Gudang ini memang sekarang namanya Gudang BNPB tetapi nanti akan diserahterimakan kepada pemerintah daerah sehingga lambat laun mereka yang akan mengelola gudangnya,” tambah Suharyanto.

Pembangunan gedung logistik yang berada di kawasan Bandara Sinak tersebut dirampungkan oleh para personel TNI di bawah komando Kodam XVII/Cenderawasih.

Terkait adanya potensi gangguan keamanan, gudang logistik ini membutuhkan pengamanan militer karena ini merupakan fasilitas strategis untuk pelayanan masyarakat. Parameter keamanan di sekitar gudang logistik pun dilakukan oleh pihak TNI. Di samping itu, pemantauan dari sisi udara disiapsiagakan dengan penggunaan pesawat tanpa awak.

Selain di Distrik Sinak, BNPB juga akan membangun satu lagi gudang logistik yang berada di Distrik Agandugume, di kabupaten yang sama. Namun Gedung logistik di distrik ini masih dalam proses penyelesaian akhir.

Pembangunan gudang logistik ini merupakan arahan langsung Presiden Joko Widodo. Arahan Presiden saat itu menekankan adanya upaya mitigasi bencana kelaparan akibat kekeringan atau gagal panen di Kabupaten Puncak yang berlangsung pada awal Juni 2023 silam.

Kemarau panjang yang diikuti cuaca dingin ekstrem setahun lalu itu memicu terjadinya gagal panen. Kondisi tersebut mengakibatkan warga dua distrik, Agandugume dan Lambewi, kesulitan untuk mendapatkan bahan makanan. Laporan Pusat Pengendalian Operasi BNPB mencatat bencana kekeringan di wilayah tersebut berdampak pada kurang lebih 7.500 jiwa.

Turut hadir pada peresmian gudang logistik BNPB di Distrik Sinak Pejabat Gubernur Papua Tengah dan Kabupaten Puncak, Panglima Komandan Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih serta jajaran pejabat di lingkungan BNPB dan Kemenko PMK.***/din

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *