Kabar

Empowering untuk Siapkan Mahasiswa

Published

on

MAHASISWA perlu mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja yang memiliki tantangan berbeda dengan dunia pendidikan.

Mereka harus siap untuk berkompetisi, menjalin hubungan dengan berbagai karakter orang, menampilkan kinerja terbaik, mengambil keputusan, dan sebagainya.

Untuk mempersiapkan itu semua, Loop Institute of Coaching bekerja sama dengan Program S2 Psikologi dan Pusat Karir UIN Syarif Hidayatullah menggelar Community Service “Empowering the New Generation”.

Acara berlangsung d UIN Syarif Hidayatullah Sabtu e(16/2) dan dibuka oleh Dekan 1 Bidang Pendidikan Fakultas Psikologi, Dr Abdul Rahman Saleh, M.Si disaksikan Kepala Pusat Karir UIN Syarif Hidayatullah, Salamah Agung, Ph.D

Tujuan pelaksanaan Community Service “Empowering the New Generation” yaitu memperkenalkan peran Coach dan proses Coaching di lingkungan pendidikan, mahasiswa Millenials dan gen Z/Digital Native sebagai sebuah metode untuk pengembangan diri.

Selain itu seminar ini diharapkan membantu mengembangkan dan memberdayakan generasi baru di Indonesia melalui pendekatan coaching.

Juga memberikan motivasi dan pembekalan dalam bersaing dan berkompetisi di dunia kerja dan memberdayakan semaksimal mungkin potensi yang ada pada mahasiswa.

Menurut Ketua Panita Firly Kusumajaya, Community Service dengan tema “Empowering the New Generation” adalah suatu program yang bertujuan Mengembangkan dan Memberdayakan Generasi Baru melalui Coaching.

Coaching adalah bentuk kemitraan bersama klien (coachee) untuk memaksimalkan potensi pribadi dan profesional yang dimilikinya dengan proses yang menstimulasi dan mengeksplorasi pemikiran dan proses kreatif.

Firly menjelaskan coaching memegang peranan penting karena coaching bertujuan untuk memprovokasi coachee untuk mengeluarkan potensi-potensi terbaiknya. Coachee akan dirangsang untuk berpikir, memutuskan rencana tindakan yang akan diambil, memiliki accountability terhadap tindakan tersebut melalui “powerful question”.

Proses coaching membantu coachee memperoleh “Aha” momen sehingga mereka akan secara sadar menemukan dan mengeluarkan potensi yang dimilikinya.
Inilah mengapa coaching penting dalam proses pemilihan karir.

Kegiatan ini melibatkan 33 Coach dari Certified Profesional Coach Program Angkatan 29 dari LOOP Institute of Coaching yang terdiri dari berbagai latar belakang pekerjaan dan pendidikan yang berbeda (pengusaha, dokter, pendidik, perbankan, CEOs, manager, pendiri komunitas, dan lain sebagainya). Peserta diikuti oleh 83 peserta yang terdiri dari Mahasiswa S1/S2 di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.***

(Alifien)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version