Ciuman Rihanna Bisa Mengarah ke Perbuatan Haram

 Ciuman Rihanna Bisa Mengarah ke Perbuatan Haram

 

BEGITU berita  menyebar tentang megabintang Rihanna yang  memiliki pacar baru –dan itu seorang miliuner Arab Saudi— datang tanggapan dari seorang ulama  kerajaan Islam  ultra-konservatif itu.   Saat diminta komentarnya atas foto berciuman  Rihanna dengan  “kekasihnya” itu, ulama tersebut  menilai “aksi” tersebut  kemungkinan menjurus pada  sebuah percabulan atau perzinahan.

Assim Alhakeem, seorang ulama  yang bermarkas di Jeddah, mengkritik jika hal itu benar-benar terjadi.  Namun karena gambar-gambar tersebut  “tidak membuktikan terjadinya hubungan seksual secara penuh”, maka tindakan pewaris  bisnis Toyota Saudi,  Hassan Jameel tersebut,  mungkin tidak dapat dihukum dengan “seratus cambukan” sebagaimana  ditentukan dalam hukum Islam atas perzinahan yang dijunjung Arab Saudi. Hukuman cambuk 100 kali berlaku untuk pelaku yang belum menikah, sebagaimana  interpretasi Arab Saudi atas  hukum Islam.

 

Alhakeem, yang menjawab pertanyaan dari Twittersphere, prihatin atas potensi “keberdosaan” Hassan Jameel, namun ia tetap berhati-hati untuk menjatuhkan sebuah kecaman.

Ketika ditanya tentang gambar yang menunjukkan pasangan tersebut berciuman, dia menjawab: “Umat Muslim tidak percaya pada foto seperti ada Photoshop! Allah menyuruh kami untuk memverifikasi berita tersebut sebelum menilai orang, seperti yang disebutkan di Quran surah ke 49 ayat 6.”

“Dalam Islam, ini hangout. Perzinaan, yang dikenal dalam bahasa Arab seperti Zina, adalah saat dia membawanya ke ‘dasar keempat’! Dasar ketiga bukan Zina,” tambahnya, menggunakan eufemisme Barat yang populer dan kata Arab untuk perzinahan. Namun, dia kemudian menambahkan, bahwa ciuman dan kontak fisik antara kedua laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim  dilarang dan berpotensi dihukum oleh hakim Islam.

Akun Twitter Asim Alhakeem, yang memiliki puluhan ribu pengikut, tampaknya asli, namun belum diverifikasi oleh Twitter dengan tanda biru sebagaimana biasa dilakukan oleh twitter. Assim Assim Alhakeem  tampaknya juga adalah  ulama  di Arab Saudi.

Yang jelas, adalah biasa kalau di media sosial orang bereaksi dengan meme dan lelucon, saat muncul laporan seperti apa yang terjadi pada Riri. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *