Connect with us

TELKO

Waspada, Peretas Bisa Manipulasi Pesan Via WhatsApp

Published

on

SEBUAH laporan dari Check Point  memperingatkan bahwa WhatsApp dapat disalahgunakan untuk menyebarkan berita palsu dalam obrolan.

Pengguna WhatsApp  diperingatkan untuk waspada terhadap celah keamanan baru, yang  memungkinkan orang luar untuk mencegat dan mengubah pesan.

Peneliti dari firma keamanan, Check Point, menemukan bahwa peretas dapat memanfaatkan kerentanan dalam protokol keamanan WhatsApp untuk mengubah konten pesan.

Taktik semacam itu dapat untuk membajak dan  menyebarkan jangkauan berita palsu di seluruh dunia, demikian Check Point memperingatkan.

WhatsApp cacat berita palsu
WhatsApp memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia, dengan lebih dari 65 miliar pesan dikirim setiap harinya. Fakta tersebut tidak menghilangkan  terhadap kemungkinan potensial serangan  besar dari  para penjahat yang ingin memanfaatkan kekurangan yang ada pada protokol media sosial ini.

Kerentanan menyangkut proses enkripsi WhtasApp, yang dimaksudkan untuk melindungi setiap pesan, gambar, panggilan, video, atau konten lain yang dikirim dalam obrolan.

Namun ketika didekripsi, tim “Titik Pemeriksaan” menyadari bahwa protokol yang digunakan oleh WhatsApp dapat dikonversi dan diakses, sehingga memungkinkan mereka untuk melihat secara tepat aturan apa yang sedang digunakan, dan juga untuk mengubahnya sesuai keinginan mereka.

Ini dapat memungkinkan peretas mengubah teks balasan orang lain ke obrolan grup, ibaratnya seperti  memasukkan kata-kata ke mulut mereka, atau menggunakan fitur ‘penawaran’ dalam percakapan grup untuk mengubah identitas pengirim.

Peretas juga dapat mengirim pesan pribadi ke peserta grup lain yang disamarkan sebagai pesan publik untuk semua, jadi ketika individu yang ditargetkan menanggapi, itu terlihat oleh semua orang dalam percakapan.

Check Point mengatakan pihaknya telah memberi tahu WhatsApp tentang cacat itu, dan mendesak para pengguna untuk waspada terhadap konten pesan mereka, dengan mengatakan, “jika sesuatu terdengar bagus, itu memang benar.”***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *