Connect with us

TELKO

Warga Kanada yang Meng-hack Yahoo Menyerahkan Diri

Published

on

SEORANG warga Kanada, Karim Baratov,  yang ditangkap pada  Maret lalu dan dituduh membantu hacker Rusia yang dituding telah meratas  ratusan juta akun Yahoo pada tahun 2014, akan dituntut oleh jaksa Amerika Serikat, pada Jumat.

akan membatalkan sidang ekstradisi yang akan datang sehingga dia dapat diadili oleh jaksa A.S., pengacaranya mengatakan pada hari Jumat (18/8).

Baratov, 22, akan mengesampingkan sidang atau persetujuan yang telah dijadwalkan sebelumnya untuk diekstradisi di Amerika Serikat dengan harapan dapat mempercepat proses hukum yang berkaitan dengan pelanggaran terhadap Yahoo yang kolosal, kata pengacara Amedeo DiCarlo  kepada CBC News.

“Dia tidak sabar untuk mengubah pemandangan,” kata DiCarlo.

Baratov ditangkap pada bulan Maret di dekat Hamilton, Ontario, di bawah Undang-Undang Ekstradisi. Dia dituduh membantu tiga pria Rusia melakukan kampanye hacking berskala luas terhadap wartawan, politisi, dan pegawai sektor swasta yang menggunakan akun Yahoo.  Dia tetap berada dalam tahanan Kanada sejak saat itu.

Tiga orang Rusia termasuk dua petugas intelijen memberi  Baratov dengan kredensial Yahoo yang dicuri dan mempekerjakannya untuk menggunakan data tersebut untuk memasuki  80 akun korban lainnya atas nama mereka, kata jaksa penuntut.

Pengacaranya telah menegaskan bahwa kliennya tidak berada di pusat operasi spionase internasional seperti yang telah digambarkan oleh jaksa penuntut umum.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *