Connect with us

Kabar

Wakapolri Komjen Syafruddin Jadi Anggota Delegasi KTT D-8

Published

on

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin, paling kiri, sebagai anggota delegasi RI di KTT D-8 Istanbul, Turki.

WAKAPOLRI Komjen Pol Syafruddin menjadi anggota delegasi resmi mewakili Indonesia dalam KTT D-8 (Kelompok Delapan Negara Berkembang) bertema “Memperluas Peluang Melalui Kerjasama ” pada hari Selasa dan Rabu lalu (17-18/10/2017) di Istanbul Lütfi Kırdar International Convention and Exhibition Center, Turki.

KTT tersebut resmi berlangsung hari Jumat (20/10/2017) dengan kepemimpinan Pakistan, diikuti oleh Komisaris dan Kepala delegasi dari semua negara anggota D-8 yang akan mengambil bagian. Didahului dengan pertemuan Dewan Menteri Luar Negeri dan Komisi masing-masing negara.

Komisi-komisi membahas antara lain pertemuan organ utama organisasi termasuk pada semua negara anggota. Komisaris juga akan mencatat kemajuan dalam kegiatan rutin Organisasi, termasuk menyelesaikan Kalender Peristiwa 2017 dan 2018.

Sekretaris Jenderal Organisasi D-8, Dr Seyed Ali-Mohammad Mousavi menyatakan keyakinannya bahwa sesi ke-38 komisi-komisi membawa hasil positif untuk mengkonsolidasikan kemitraan baru kooperasi ke tingkatan yang lebih tinggi.

Dapat disebutkan, Komisi adalah badan Eksekutif Organ Pimpinan Organisasi D-8. Komisi bertemu dua kali setahun, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam Piagam D-8 yang dipimpin oleh Chairman-in-Office.

KTT D-8 adalah tingkat pertemuan tertinggi, dimana Kepala Negara atau Pemerintahan menghadiri pertemuan tersebut untuk meninjau dan merumuskan strategi Organisasi.

Organisasi D-8 didirikan pada tahun 1997 dengan Deklarasi Istanbul untuk mempromosikan gagasan delapan negara anggotanya yakni Indonesia, Bangladesh, Iran, Malaysia, Mesir, Nigeria, Pakistan dan Turki. ***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *