Connect with us

Kabar

Vatikan Cegah Upaya Kardinal AS Voting Kasus Skandal Pelecehan Seks

Published

on

Keluarga korban pelecehan seks oleh pemuka gereja di AS

VATIKAN  memblokir para uskup Amerika Serikat dari upaya mereka untuk mengambil langkah-langkah dalam  mengatasi skandal pelecehan seks pemuka gereja, karena sebelumnya para pemimpin gereja AS dinilai tidak cukup membahas proposal yang bermasalah secara hukum dengan pihak Tahta Suci.

Hal itu terungkap dalam surat pihak Vatikan kepada keuskupan di Amerika Serikat sebagaimana diperoleh ekslusif  The Associated Press (AP).

Surat 11 November dari Kardinal Marc Ouellet dari Vatikan itu,  memberikan alasan utama bahwa Roma menolak keras langkah-langkah yang akan diambil oleh Konferensi Uskup Katolik AS pada pertemuan 12-14 November. Pemungutan suara yang diblok tersebut mengejutkan para korban yang selamat dari pelecehan dan umat Katolik lainnya, yang menuntut tindakan dari para uskup A.S. untuk mengatasi pelecehan seks seks para rohaniwan.

Surat Marc Ouellet  tersebut membuyarkan   acara yang disediakan oleh presiden konferensi, Kardinal Daniel DiNardo. Itu juga bisa memberikan asupan  untuk pertanyaan selama retret spiritual uskup A.S., yang didedikasikan untuk menangani krisis pelecehan, yang dibuka Rabu di Chicago.

Mereka mungkin ingin tahu mengapa, seperti yang dicatat Marc Ouellet dalam surat itu, rancangan proposal baru tiba di Vatikan pada 8 November, empat hari sebelum pertemuan para uskup A.S. dimulai. Sementara Vatikan dikenal karena langkahnya yang lambat, birokrasi tercepat pun akan merasa sulit untuk meninjau dan menandatangani dokumen hukum sensitif pada waktu itu.

“Mempertimbangkan sifat dan ruang lingkup dokumen yang diusulkan oleh (konferensi), saya percaya akan bermanfaat untuk memberikan lebih banyak waktu untuk berkonsultasi dengan ini dan jemaat lain dengan kompetensi atas pelayanan dan disiplin para uskup,” tulis Ouellet untuk DiNardo.

Tujuan utama pertemuan musim gugur para uskup A.S. adalah untuk menyetujui kode perilaku bagi para uskup dan membentuk komisi yang dipimpin oleh umat awam untuk menerima pengaduan terhadap mereka. Langkah-langkah itu merupakan respons krisis terhadap skandal mantan Kardinal Theodore McCarrick, seorang pemuka gereja  Amerika yang  sekarang dituduh telah menganiaya anak di bawah umur dan orang dewasa, dan pengungkapan baru kasus pelecehan seks lama di Pennsylvania.

DiNardo mengejutkan para uskup ketika ia membuka majelis 12 November dengan mengumumkan bahwa “atas desakan Tahta Suci” para uskup tidak akan memberikan suara pada langkah-langkah setelah semua.

Dia mengatakan Vatikan ingin mereka menunda pemungutan suara sampai setelah Paus Francis menjadi tuan rumah KTT global pada Februari untuk mencegah pelecehan seks oleh para pendeta.

Sementara DiNardo menyalahkan Vatikan,  surat dari Ouellet itu menunjukkan bahwa Vatikan berpikir DiNardo telah mencoba untuk menarik lebih  cepat dengan sengaja menahan teks-teks yang bermasalah secara hukum hingga menit terakhir.

Tidak mengherankan bahwa Roma menginginkan suara dalam menyusun teks, mengingat Tahta Suci memiliki wewenang eksklusif untuk menyelidiki dan mendisiplinkan masalah para uskup.

“Sementara menyadari sepenuhnya bahwa konferensi uskup menikmati otonomi yang sah … untuk membahas dan akhirnya menyetujui langkah-langkah yang berada dalam kekuatan konferensi, pekerjaan konferensi harus selalu diintegrasikan dalam struktur hirarkis dan hukum universal gereja,” tulis Ouellet .

Dalam sebuah pernyataan hari Selasa kepada AP, DiNardo menyebut perselisihan itu hanyalah sebagai kesalahpahaman.

Dia mengatakan dia menduga Vatikan akan memiliki kesempatan untuk “meninjau dan menawarkan penyesuaian” terhadap langkah-langkah itu setelah para uskup AS menyetujui mereka, bukan sebelumnya. Dia bersikeras bahwa para uskup A.S. tidak berusaha mengambil kekuatan Vatikan untuk diri mereka sendiri.

“Sekarang jelas ada harapan yang berbeda di pihak konferensi uskup dan pihak Roma yang mungkin telah mempengaruhi pemahaman proposal ini,” kata DiNardo dalam sebuah pernyataan. “Dari sudut pandang kami, mereka dirancang untuk berhenti di mana otoritas Tahta Suci dimulai.”

Strategi AS, tampaknya, adalah untuk menghindari negosiasi habis-habisan sebelum pemungutan suara sehingga para uskup A.S. bisa memberikan dokumen kepada Vatikan setelah fakta.

Secara hukum, para uskup A.S. tidak membutuhkan persetujuan Vatikan sebelum pemungutan suara. Tetapi karena Takhta Suci harus menyetujui proposal sesudahnya agar mengikat, konsultasi mengenai teks itu perlu dan secara strategis bijaksana untuk melakukannya sebelumnya, kata Nicholas Cafardi, seorang pengacara kanon AS.

DiNardo, dalam pernyataannya kepada AP, mengatakan bahwa ia telah berbagi “isi dan arah” proposal dengan pihak Vatikan pada Oktober dan menyusun naskah akhir setelah tidak menemui tentangan.

“Kami tidak merencanakan, dan Tahta Suci juga tidak meminta, untuk membagikan teks-teks itu sebelum badan uskup memiliki kesempatan untuk mengubah mereka,” katanya.

Selama konferensi pers 12 November, DiNardo ditanya kapan Vatikan sebenarnya dikonsultasikan tentang langkah-langkah tersebut. Dia menjawab teks-teks itu selesai 30 Oktober dan bahwa keterlambatan menyelesaikannya mungkin menjadi masalah.

“Jadi, tidak mengejutkan, pada satu tingkat, bahwa orang-orang akan menarik napas, mungkin bahkan di Roma,” katanya kepada wartawan.

DiNardo juga mengakui, ketika ditekan oleh seorang reporter, bahwa teks-teks itu sendiri memiliki beberapa masalah hukum, meskipun ia meremehkan keparahannya.

Dalam pernyataannya kepada AP, DiNardo mengatakan bahwa dia telah memberi tahu Ouellet bahwa gagal memberikan suara pada teks “akan membuktikan kekecewaan besar bagi umat beriman, yang mengharapkan para uskup mereka untuk mengambil tindakan yang adil. Meskipun ada prasyarat kanonik yang disebutkan, penekanannya tampaknya seperti berada di menunda suara dan tidak ingin maju dari (Februari) Februari pertemuan presiden konferensi uskup, “katanya.

Ouellet memang mengutip pertemuan Februari itu dalam suratnya, mengatakan dokumen apa pun “harus memasukkan masukan dan hasil dari kerja kependudukan dari para uskup tentang penilaian umum.”

Tetapi KTT Februari diumumkan 13 September. Jika itu adalah alasan utama permintaan Ouellet untuk membatalkan pemungutan suara AS, ia bisa mengomunikasikan hal itu kepada DiNardo lebih cepat.

Sebagai gantinya, ketika tenggat 12 November menjulang dimulainya pertemuan A.S. dan masih belum ada proposal teks yang tiba di Roma, Ouellet menulis DiNardo peringatan awal pada 6 November untuk tidak memilih. Lima hari kemudian, dalam suratnya 11 November, Ouellet menegaskan kembali keputusan itu setelah akhirnya membaca teks.

Itu juga merusak klaim DiNardo untuk hanya menerima permintaan untuk menunda pemungutan suara malam sebelum pertemuan dimulai.***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *