Connect with us

Profil

Usia 73 tahun, Sukses Mendulang 3 Medali Emas Kejuaraan Renang AS

Published

on

Daniela Barnea

 

DANIELA  Barnea, usianya  “baru” 73. Jadwal kegiatannya,  berenang hingga satu setengah jam, dalam tujuh hari setiap  sepekannya.  Pada usianya tersebut,  latihan seperti itu, yang total mencapai  jarak dua km lebih, memang patut dicatat.

Lebih dari itu, fakta menarik lainnya  dari warga  Palo Alto, California tersebut, adalah perenang yang memecahkan rekor. Dia masuk  dalam jajaran atlet senior yang bersaing ketat  untuk kelompok umurnya di berbagai acara lomba di seluruh dunia.

Ketika pada tahun 2017 dilaksanakan “United States Masters Swimming Spring Nationals, di Riverside, California, Barnea memenangkan tiga medali emas untuk renang wanita untuk  kelompok usia 70 sampai 74 tahun. Medali itu diperolehnya dari final  gaya dada  100  meter dan 200 meter, serta  untuk gaya  ganti 200 meter perorangan.

Ratusan ribu atlet senior seperti  Ny Barnea, bersaing secara rutin  dalam acara atletik di seluruh dunia, termasuk di “National Senior Games Association”, program “U.S. Master Track and Field Master.” Balapan dibagi menjadi golongan umur dengan kenaikan lima tahun, mulai dari usia 35 dan berakhir pada 100 sampai 104. Pada umumnya, atlet renang berusia usia 50 sampai 100.

Sebuah film dokumenter terbaru, “Impossible Dreamers,” yang diproduksi oleh Eric Goldfarb dan Erik Howell merekam dan mendokumentasikan   atlet amatir senior  saat mereka berkompetisi. Selain  Barnea, film 75 menit (yang dapat dilihat di Netflix dan Amazon tersebut), juga  menampilkan petenis berusia 91 tahun, pembalap imut dan pelari berusia tujuh belas tahun, atlet angkat  berat dan

Barnea termasuk salah satu pemain termuda dalam film tersebut. Donald Cheek, yang dikenal sebagai Doc, warga  Clovis, California, adalah pelari kejuaraan emas internasional. Cheek berulang kali menang di kelompok umur 85 sampai 89, bersaing dalam pertandingan lari 50, 100, 200 dan  400 meter. Oktober tahun lalu, di Game Senior Huntsman World di St. George, Utah, ia menetapkan rekor  ‘untuk 100 meter lari pada pukul 17.38.

Gary Player, pegolf profesional berusia 81 tahun, juga tampil di film tersebut, untuk menawarkan tip kebugaran dalam latihan boot camp 20 menit yang disertakan dalam film dokumenter tersebut. Instruksi itu diarahkan pada atlet amatir dari segala umur, yang rindu untuk tetap aktif dan, mungkin, untuk bersaing dalam kompetisi.

Tantangan  terbaru bagi Barnea adalah Kejuaraan Dunia FINA ke 17 di Budapest bulan ini. Untuk mempersiapkan diri, dia berenang dua kali latihan dan  gym tiga atau empat kali seminggu. “Saya tidak ingin menjadi Mark Spitz atau Michael Phelps lainnya,” kata Barnea. “Aku hanya ingin menjadi yang pertama.”

Dia menjadwalkan latihannya di sela-sela  waktu  dia bersama  dengan tiga cucunya dan pekerjaan paruh-waktunya sebagai tutor bahasa asing untuk Palo Alto Unified School District.

Ini adalah “kolam yang membosankan karena kita bolak-balik, bolak-balik, tapi bila Anda memiliki tujuan, ini bukan hal yang membosankan,” kata Barnea. “Ini seperti meditasi untuk saya. Ini sangat damai. Ada sesuatu yang sangat menenangkan, karena dikelilingi air. ”

Bagi banyak orang tua, olah olahraga bisa menjadi tantangan tersendiri.  “Kami tidak ingin pemirsa merasa terinspirasi oleh film tersebut dan kemudian kembali ke kebiasaan reguler mereka keesokan harinya,” kata Eric Goldfarb, sang pembuat film. ”

Kami berhasil menyusul beberapa atlet setelah produksi film tersebut untuk melakukan demonstrasi pada latihan yang aman bagi orang dewasa yang lebih tua; Gerakan yang berbeda itu sederhana, memaksimalkan manfaat dan kesenangan tubuh. ”

Pesannya,   Goldfarb mengatakan,  bahwa “tidak peduli di mana Anda berada dalam kehidupan Anda, Anda perlu melakukan apa yang Anda bisa” berkenaan dengan kebugaran ini.

“Anda berolahraga sebanyak mungkin tanpa melampaui kemampuan tubuh Anda,” katanya. “Para atlet dalam film ini bukanlah superhero. Mereka semua kadang  cedera dan keadaan kehidupan nyata yang menimpa setiap orang, dan mereka berhasil melewatinya. ”

Beberapa tahun yang lalu,  Barnea menjalani operasi perut dan perlu membangun kembali  kemampuan renangnya secara perlahan. “Saya hampir tidak bisa berenang melintasi kolam, tapi setiap hari saya menambah  beberapa putaran, dan menjadi lebih kuat dan kuat,” katanya.

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *