Connect with us

Kabar

Tugas Bakti untuk Negeri Leluhur

Published

on

Pose bersama, panitia penyelenggara Halal Bihalal warga Jabodetabek asal Tulehu Ambon di Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu 30 Juni 2018. Foto: AAZ Lestaluhu

LEBIH dari 500 warga Jabodetabek asal Tulehu Ambon-Maluku menghadiri acara Halal Bihalal yang digelar oleh paguyuban Tulehu Putra Jabodetabek di Gedung Puspitasari Taman Wiladatika Cibubur Jakarta Timur, Sabtu 30 Juni 2018.

Acara tahunan usai Idul Fitri itu dikemas dengan gelar dialog bertajuk ‘Tugas Bakti untuk Negeri’.  “Sebuah dialog untuk merancang dan mewujudkan pelbagai program dedikatif bagi kampung halaman, Tulehu,” kata Arif Rahman Tuasalamony, Ketua Penyelenggara.

Acara Halal Bihalal maupun dialog berlangsung dalam suasana tatakrama adat-istiadat yang kental. Kaula muda Tulehu Putra secara berbaris menyambangi para tetua untuk menyalami dalam sesi bermaaf-maafan.

Dalam sesi dialog pun idem dito: kaum muda lebih memilih menerima banyak masukan dari tetua dengan pertanyaan kritis dan sanggahan-sanggahan dialogial yang sejuk.

Dialog yang berlangsung efektif sekitar dua jam merokomendasikan lima hal pokok: Satu, menyelenggarakan Mubes Tulehu Putra Jabodetabek secepatnya.

Dua, Mendirikan paguyuban keluarga besar masyarakat Negeri Tulehu se-Jabodetabek. Tiga, merancang dan menyusun program kerja khusus, berbasis dedikasi untuk Negeri Tulehu.

Empat, menyatukan langkah dan menjaga soliditas seluruh masyarakat Tulehu se-Jabodetabek. Lima, menjaga dan melestarikan tatanan nilai soasial dan adat-istiadat dengan keharusan bertutur Bahasa Tulehu dalam pertemuan formal paguyuban. ***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *