Connect with us

KODE PERILAKU PERUSAHAAN PERS

Kode Etik Redaksi dan Perusahaan PT Citra Jayakarta Nawa Astha

  1. Dalam menjalankan tugas, Wartawan JayakartaNews.Com dan Staf PT Citra Jayakarta Nawa Astha dilengkapi dengan identitas (Kartu Pers) dan ID-Card Perusahaan, serta tercantum dalam Boks Redaksi.
  2. Wartawan JayakartaNews.Com DILARANG meminta dan menerima uang maupun barang apa pun dari narasumber yang ada kaitannya dengan pemberitaan.
  3. Bagi narasumber yang merasa ada kejanggalan identitas Wartawan JayakartaNews.Com atau mendapatkan perilaku tidak berkenan dari wartawan, bisa menghubungi Redaksi JayakartaNews.Com melalui surat elektronik ke: redaksi@jayakartanews.com.
  4. Setiap berita yang terpublikasi adalah kewenangan redaksi JayakartaNews.Com.
  5. Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab terkait artikel yang telah dipublikasikan JayakartaNews.com, dapat diterima sepanjang memenuhi kaidah Kode Etik Jurnalistik dan Undang Undang Pokok Pers.
  6. Ralat dilakukan melalui pengiriman surat elektronik (surel)/email ke: redaksi@jayakartanews.com dengan menggunakan subjek: HAK JAWAB. Dalam surat elektronik tersebut, disebutkan bagian yang dianggap tidak tepat berikut tautan dari artikel disertai sanggahan, pelurusan, atau ralat yang dikehendaki. Surat HAK JAWAB wajib menyebutkan identitas jelas.

HIKAYAT JAYAKARTA NEWS

Media online www.jayakartanews.com sejatinya lahir dari sebuah proses panjang. Bermula dari Harian Umum Jayakarta milik Kodam Jaya/Jayakarta yang terbit pertama kali tahun 1967. Koran ini sempat jatuh-bangun. Pernah bermarkas di Salemba Tengah, Tanah Abang II, lalu ke Otista III, Jakarta Timur.

Awal tahun 1990, diambil-alih manajemen Harian Suara Pembaruan dan makin berjaya dengan tiras lebih dari 100.000 eksemplar pada zamannya. Karena krisis moneter tahun1998, suratkabar yang terakhir bermarkas di Jl. Arus 39, Cawang, Jakarta Timur ini pun berhenti terbit per 1 Oktober 1998.

Sejak itu, punggawa eks Harian Jayakarta tersebar tak berkabar. Syahdan, ketika Agus Sundayana memprakarsai WA Group sekitar awal tahun 2016, bak gayung bersambut. Dalam sekejap, 70-an personel eks Jayakarta kembali bersua, meski sebatas di WhatsApp Group (WAG).

Lalu, digagaslah temu kangen Sabtu, 12 November 2016 di kediaman mantan Pemimpin Redaksi Jayakarta, Suryohadi, di Depok. Dalam kesempatan itu, lahir gagasan “menghidupkan” kembali Jayakarta dalam format online. Lahirlah website www.jayakartanews.com.

Berkat peran aktif Ketty Saukoly, launching dilangsungkan di Grage Sangkan Hotel & Spa Kuningan, Jawa Barat, Kamis 2 Februari 2017, oleh Wakil Bupati Kuningan, Drs. Dede Sembada. Acara pun berpadu dengan reuni sekaligus rekreasi keluarga besar Jayakarta.

Satu kisah lain, bahwa semua awak Jayakarta sangat akrab dengan resto Bakmi Golek Jl Dewi Sartika, Jakarta Timur. Maka, ketika terbersit rencana mengadakan acara buka puasa bersama, spontan pilihan tempat jatuh ke resto itu. Bukber diselenggarakan Sabtu 10 Juni 2017. Hadir para senior: Martin Hutabarat, Duta Pranowo, dan Hermawan “Kikiek” Sulistyo. Malam itu, Pak Martin melontarkan tawaran memanfaatkan villanya di Caringin, Bogor, untuk pertemuan berikutnya.

Rapat Kerja Jayakartanews digelar 11-12 November 2017, di Villa Kampoeng Caringin – Bogor, milik Martin Hutabarat. Raker menghasilkan program bidang redaksi dan iklan 2017-2018. Di samping, menyepakati pembentukan organisasi Perkumpulan “Jayakarta 98”.

Februari 2018, kami merayakan ulang tahun pertama di Mutiara Carita Cottage, Pandeglang, Banten. Momen itu, dimanfaatkan pula untuk Raker Perkumpulan Jayakarta ’98. Salah satu kesimpulan adalah membentuk badan hukum perseroan terbatas (PT) untuk memayungi media online Jayakartanews.com.

Februari 2019, momentum ulang tahun kedua, “Jayakarta Tour de Jogja”, selama empat hari tiga malam. Selain mempererat tali silaturahmi, kesempatan itu juga digunakan untuk konsolidasi Perkumpulan Jayakarta ’98, dan rapat kerja Jayakartanews.

Amanat perkumpulan mendirikan badan hukum, terealisasi Maret 2019. Berkat kontribusi anggota perkumpulan, Harsono, badan hukum yang menaungi Jayakartanews terbentuk dengan nama PT Citra Jayakarta Nawa Astha. Perusahaan inilah yang memayungi media online ini. Nama itu diambil dari nama perusahaan lama dan sejarah tutupnya harian Jayakarta.

Dulu, koran Jayakarta dinaungi PT Citra Jaya Press (CJP). Nama “Citra” diabadikan. Kata “Jaya” ditulis lengkap “Jayakarta”. Sedangkan “Nawa Astha” adalah bahasa Sanskerta yang berarti bilangan “sembilan-delapan”. Itulah alasan penamaan perusaaan media ini menjadi PT Citra Jayakarta Nawa Astha (CJNA).

Tangal 1 – 2 Februari 2020, perayaan ultah ke-3, kembali di langsungkan di Villa Kampoeng Caringin, Bogor, dibarengi dua acara lain, yakni Kongres I Perkumpulan Jayakarta ’98, dan Syukuran penerbitan Majalah Peduli Alam “Jayakarta News”.

Seiring guliran waktu, media yang masih “balita” ini telah menorehkan banyak prestasi. Prestasi pertama diraih saat Jayakarta News berusia setahun. Tepatnya tahun 2018, saat Jayakarta News meraih anugerah jurnalistik tertinggi “ADINEGORO” kategori media siber, lewat karya tulis Sri Iswati. Penghargaan itu diserahkan di puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Surabaya, Jawa Timur.

Setahun kemudian, 2019, Jayakarta News menyabet Juara 1 Lomba Karya Tulis Astra Peduli melalui karya tulis Ernaningtyas. Satu unit mobil Ayla (hadiah utama) pun bertengger di rumahnya di Yogyakarta.

Tahun 2020 Jayakarta News kembali menuai banyak catatan penting. Di antaranya, terpilih menjadi salah satu (dari sedikit) media di Indonesia yang lolos program Google Initiative: Journalism Emergency Relief Fund sebagai penerima hibah terkait Covid-19.

Tahun yang sama, jurnalis senior Jayakarta News, Melva Tobing menyabet dua juara dalam dua lomba karya tulis berbeda. Yang pertama lomba karya tulis yang diselenggarakan PP Muhammadiyah, dan kedua lomba karya tulis yang diselenggarakan BUMN, Pertamina.

Seiring bergulirnya waktu, tak terasa tahun 2021 Jayakarta News memasuki usia ke-4. Momentum membahagiakan kembali ditorehkan. Berbarengan “tumpengan” perayaan ulang tahun ke-4, sekaligus dilakukan peresmian kantor (worksshop) Jayakarta News di Pasar Seni Gembrong Baru, Jl. Basuki Rachmat, Cipinang, Jakarta Timur. Acara itu digelar Sabtu, 27 Februari 2021.

Sejarah Jayakarta masih akan terus terukir di jagad media Indonesia. ***