Connect with us

Entertainment

Sutradara Damien Dematra Dianugerahi Gelar Kanjeng Pangeran

Published

on

Sutradara Damien Dematra Dianugerahi Gelar Kanjeng Pangeran–foto istimewa

Sutradara Damien Dematra dianugerahi gelar oleh Keraton Surakarta Hadiningrat. Acara pelantikan tersebut diadakan di Surakarta baru baru ini. Gelar bangsawan Kanjeng Pangeran diberikan atas prestasi dan kontribusi besar Damien Dematra dalam dunia penyutradaraan, kebudayaan dan kemanusiaan.

Damien Dematra dikenal sebagai sutradara, aktivis, penulis, pelukis, fotografer, produser yang telah memperoleh lebih dari 500 penghargaan internasional sejak tahun 1990an. Disamping itu, Damien juga memegang 16 rekor dunia.  Ia pernah terpilih sebagai Sutradara Terbaik di Mountain Film Festival selama dua tahun berturut-turut, Sutradara Asia Pertama pemenang Sutradara Terbaik dari American Movie Awards.

Kanjeng Pangeran adalah gelar tertinggi yang dapat diberikan kepada orang yang berasal dari luar keraton. “Saya merasa terhormat dan tersanjung atas gelar ini. Semoga kedepannya saya dapat terus berprestasi dan mengangkat budaya Indonesia di kancah internasional,” ucap pria berambut panjang tersebut.

Selain dalam bidang film, ia juga kerap aktif sebagai humanitarian dan budayawan. Sebagai humanitarian, Damien mendirikan festival film perdamaian yang telah berlangsung selama 8 tahun dan dianggap sebagai salah satu festival film perdamaian terbesar di dunia. Ia juga merupakan pendiri dari Gerakan Peduli Pluralisme. Sebagai budayawan, Damien kerap aktif mempromosikan budaya Indonesia di dalam dan luar negeri lewat karya-karya film, sastra, lukisan dan fotografi. (pik)

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *