Connect with us

Feature

Stupa Borobudur Mahakarya Nusantara Diresmikan di Ukraina

Published

on

Suasana selesai peresmian replika Stupa Borobudur di Kebun Raya Nasional M.M. Gryshko, Kyiv, Ukraina, 17 Agustus 2019. (ist)

Jayakarta News – Stupa Borobudur, simbol mahakarya Nusantara kini ada di Ukraina. Persisnya, replika Stupa Borobudur dengan ukuran yang sama dengan stupa aslinya yang dibangun KBRI Kyiv di Kebun Raya Nasional M.M. Gryshko, Kyiv, ibu kota Ukraina baru saja diresmikan oleh Dubes RI, Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi, S.H., M.E. pada tanggal 17 Agustus 2019 bertepatan HUT Kemerdekaan RI ke-74.

Acara peresmian ini berlangsung di area Taman Indonesia di kawasan National Botanical Garden M.M. Gryshko Kyiv bertepatan dengan pelaksanaan Resepsi Diplomatik HUT RI ke-74 dan dihadiri oleh sekitar 400-an orang dari berbagai kalangan, mulai dari politisi, pengusaha, para Kepala Perwakilan Asing dan Organisasi-Organisasi Internasional berakreditasi di Ukraina, tokoh-tokoh masyarakat, budayawan, pejabat tinggi Ukraina, masyarakat Indonesia di Ukraina, kalangan jurnalis media setempat, friends of Indonesia di Ukraina dan seluruh mitra KBRI.

Acara dimulai pada pukul 16.30 waktu setempat, ditandai pemukulan gong tiga kali, yang langsung diikuti dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang membuat suasana khidmat dan mendebarkan, dan disambung dengan lagu kebangsaan Ukraina. Setelah itu, disusul pidato sambutan peresmian Stupa Borobudur oleh Kepala Dewan Presidum National Academy of Sciences of Ukraine, Prof. Volodymyr Radchenko, otoritas yang  membawahi Kebun Raya Nasional M.M. Gryshko dan disambung oleh  Dubes RI, Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi, S.H.,M.E. yang diikuti prosesi peresmian stupa dan resepsi diplomatik HUT RI ke-74.

Sambutan Kepala Dewan Presidium National Academy of Sciences of Ukraine, Prof. Dr. Volodymyr Radchenko pada peresmian replika Stupa Borobudur di Ukraina. (ist)
Pidato sambutan Dubes RI Kyiv, Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi pada peresmian replika Stupa Borobudur di Kyiv, Ukraina. (ist)
Foto bersama para tamu kehormatan di depan replika Stupa Borobudur seusai peresmian. (ist)

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Volodymyr Radchenko, ilmuwan Ukraina ini menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pemerintah Indonesia atas kerjasamanya, serta mengapresiasi upaya yang dilakukan KBRI dalam membangun stupa Borobudur dan Taman Indonesia ini di wilayah kebun raya yang dipimpinnya. Kini warga setempat dapat menikmati suasana Indonesia yang secara permanen tertancap di kawasan ini.  

Dubes RI, dalam sambutannya menyampaikan kegembiraannya dapat membangun stupa, yang merupakan mahakarya Nusantara, lambang simbol kebesaran peradaban bangsa Indonesia di Ukraina. Pada kesempatan saat bangsa Indonesia merayakan HUT Kemerdekaannya yang ke-74, Dubes Yuddy juga menyampaikan kepada rakyat Ukraina ucapan selamat menyambut Hari Kemerdekaan Ukraina ke-28 yang jatuh pada tanggal 24 Agustus mendatang, dan atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, Dubes RI mempersembahkan replika Stupa Borobudur ini sebagai hadiah Hari Kemerdekaan Ukraina sekaligus sebagai tanda kenangan persahabatan abadi antara Indonesia dengan Ukraina. Stupa Borobudur ini adalah ungkapan cinta kasih bangsa Indonesia kepada rakyat Ukraina sebagai tanda kenangan persahabatan abadi yang akan tinggal selama-lamanya.

Di hadapan sekitar 400-an tamu yang menyaksikan peresmian ini, Dubes Yuddy menyampaikan bahwa Stupa Borobudur ini merupakan sumber inspirasi kreatif bagi generasi penerus kedua bangsa Indonesia dan Ukraina yang akan menyatukan persahabatan abadi sebagai upaya kedua bangsa turut menciptakan perdamaian dunia. Dubes Yuddy berharap agar kehadiran Stupa Borobudur di Ukraina ini memberi inspirasi bagi dunia tentang arti pentingnya persahabatan, dan cinta kasih umat manusia yang tanpa terbatas.

Selesai membacakan pidato sambutannya, Dubes RI bersama Kepala Dewan Presidium National Academy of Sciences of Ukraine dan tamu VIP lainnya mendekat ke pita merah putih yang telah disiapkan untuk melakukan pengguntingan pita dan membuka tirai penutup stupa tanda peresmian Stupa Borobudur di Ukraina. Prosesi pembukaan tirai penutup stupa tanda peresmian terasa sakral dan penuh kharisma budaya Indonesia berkat alunan musik gamelan dan bunyi gong besar yang mengiringi terbukanya tirai secara perlahan hingga terlihat keanggunan stupa yang berdiri kokoh di hadapan para hadirin yang menyaksikannya.

Tari Lenggang Nyai sambut pembukaan tirai stupa. Beginilah replika Stupa Borobudur yang dibangun oleh KBRI Kyiv, di Kyiv, Ukraina. (ist)

Masih belum sempat sadar oleh pesona keanggunan stupa ini, hadirin langsung disambut gemulai tarian pembuka Lenggang Nyai dari Jawa Barat yang dibawakan gadis remaja ayu Ayesha Fatma Nandhira, putri Dubes Yuddy bersama Maryna Kyrylchuk, eks penerima beasiswa RI Darmasiswa yang dengan lincah dan anggun menari persis di depan stupa. Selesai tarian, Dubes Yuddy mempersilakan para tamu dan hadirin mencicipi hidangan khas Indonesia yang ditata serba hijau beralaskan daun pisang asli yang khusus disiapkan oleh sang maestro chef cook KBRI, Putu Mahayasa.

Masih sambil menikmati jamuan khas Indonesia, perhatian hadirin beralih pada suguhan budaya di  panggung yang telah disiapkan di atas. Di sini acara pergelaran budaya telah siap menanti, Tari Pendet dan Tari Batik keduanya dibawakan oleh para mahasiswi prodi bahasa dan sastra Indonesia Universitas Negeri Kyiv Taras Shevchenko, lalu tari Jaipongan oleh Ayesha Fatma Nandhira, puteri Dubes Yuddy, lalu Viktoria Marmurash, bekas peserta program beasiswa Darmasiswa RI yang baru saja tiba dari Indonesia turut mendemonstrasikan keahliannya menari Bali yang baru didapatnya selama mengikuti program Darmasiswa di Indonesia.  Hampir seluruh peserta pentas budaya menggunakan sumber daya lokal, para mahasiswi prodi bahasa dan sastra Indonesia Universitas Taras Shevchenko, warga setempat anggota friends of Indonesia di Ukraina, dan semuanya ini merupakan produk budaya Indonesia yang ditanam oleh KBRI dari tahun ke tahun.

Tari Pendet oleh para mahasiswi jurusan bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Kyiv Taras Shevchenko turut meramaikan acara peresmian replika Stupa Borobudur di Kebun Raya Nasional M.M. Gryshko, Kyiv, pada 17 Agustus 2019 yang sekaligus memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74. (ist)
Para mahasiswi jurusan bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Kyiv Taras Shevchenko juga menarikan Tari Batik. (ist)

Stupa Borobudur yang baru diresmikan Dubes RI, dibangun selama 51 hari oleh 3 orang pekerja seni bangunan yang khusus didatangkan dari Indonesia. Stupa berada di areal Taman Indonesia yang sudah lebih dulu dibangun oleh KBRI dan diresmikan pada 28 Oktober 2017, di kawasan National Botanical Garden M.M. Gryshko di Kyiv, yang merupakan kebun raya terbesar di Kyiv di Kyiv dan termasuk salah satu yang terbesar di Ukraina yang memiliki ribuan spesies pohon dan tanaman tropis dan subtropis. Kebun raya seluas 1,2 km2 (120 hektare) ini dibangun pada tahun 1932  dan merupakan obyek wisata  keluarga tak pernah sepi pengunjung. (*/rr)

Peresmian Stupa Borobudur di Ukraina pada 17 Agustus 2019 di mulai. Mengumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. (ist)
Dubes  RI terima tamu-tamu kehormatan pada peresmian Stupa Borobudur di Kebun Raya Nasional M.M. Gryshko, Kyiv, 17 Agustus 2019. (ist)
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *