Connect with us

Kabar

Solusi Government Shutdown Masih Menggantung

Published

on

USULAN Presiden Donald Trump untuk menembus  kebuntuan anggaran, tampaknya mendapat sedikit daya tarik pada Senin, karena masalah gaji yang terlewatkan muncul untuk ratusan ribu pegawai dan penutupan sebagian pemerintah federal berlanjut hingga minggu kelima.

Terlepas dari kehebohan pernyataan  presiden, pemungutan suara di Kongres tampaknya tidak dapat begitu diharapkan akan berlangsung sampai akhir pekan  ini.

Bahkan muncul keraguan,  bahwa undang-undang yang berdasarkan pada rencana Trump, memiliki peluang untuk secepatnya mendapat persetujuan dari  Senat. Memang, Partai Republik memegang mayoritas 53-47, tetapi Trump masih  membutuhkan dukungan Demokrat untuk mencapai ambang batas  60 suara, untuk bisa meloloskan undang-undang.

Sejauh ini tidak ada satu pun senator Demokrat yang secara terbuka menyatakan dukungannya untuk kesepakatan dalam 48 jam sejak Trump mengumumkannya.

Kantor pemimpin Senat Demokrat, Chuck Schumer menegaskan pada hari Senin, bahwa mereka tidak mau menegosiasikan pendanaan keamanan perbatasan tersebut sampai dengan Trump membuka kembali pemerintah.

“Tidak ada yang berubah dengan tawaran terbaru Republik,” kata juru bicara Schumer, Justin Goodman.

“Presiden Trump dan Senat dari Partai Republik masih mengatakan: “Dukunglah rencanaku atau pemerintah tetap tutup. “Itu bukan kompromi atau negosiasi – itu hanya penyanderaan yang lebih besar.”

Sementara itu DPR dan Senat  yang dijadwalkan akan kembali lagi pada sesi Selasa, sejauh ini tidak ada informasi bahwa mereka telah dijadwalkan untuk  rencana Trump. Para senator, akan diberikan pemberitahuan 24 jam sebelum pemungutan suara, sejauh ini belum dipanggil kembali ke Washington.

Juru bicara McConnell David Popp mengatakan pada hari Senin, bahwa pemimpin GOP “akan pindah” untuk memilih berdasarkan pertimbangan proposal presiden “minggu ini.”

Trump, yang pada hari Minggu mengecam di Ketua DPR Nancy Pelosi, dengan menuduhnya telah bertindak “tidak rasional.”

“Jika Nancy Pelosi berpikir bahwa tembok adalah “tidak bermoral,” mengapa dia tidak meminta kami untuk mengambil (merobohkan) semua tembok yang ada antara AS dan Meksiko,” tulisnya Senin. “Biarkan jutaan” orang asing “yang tidak diperiksa mengalir ke A.S.”

Demokrat di DPR pekan ini mendorong maju  pemungutan suara pada undang-undang mereka sendiri untuk membuka kembali pemerintah dan menambah $ 1 miliar untuk keamanan perbatasan – termasuk 75 lebih banyak hakim imigrasi dan perbaikan infrastruktur – tetapi tidak ada dana untuk tembok.

“Demokrat bercanda sendiri (mereka tidak benar-benar percaya!) Jika mereka mengatakan Anda dapat menghentikan Kejahatan, Narkoba, Perdagangan Manusia dan Karavan tanpa Tembok atau Baja Barrier. Berhentilah bermain game dan berikan Amerika Keamanan yang pantas. Krisis Kemanusiaan!,” tulis Trump di akun twitternya.

Sementara itu, dampak dari penutupan —yang terpanjang yang pernah— terus bergoyang di seluruh bangsa saat merentang hingga hari ke-31.

Pihak otoritas keamanan transportasi di bandara mengatakan, persentase dari para petugas scanner/penapis di bandara yang tidak bekerja  mencapai 10 persen pada hari Mingg,  naik dari 3,1 persen pada hari Minggu yang sebanding tahun lalu.

Para petugas scanner  yang telah bekerja tanpa bayaran, telah mengungkapkan  kesulitan keuangan mereka sebagai alasan  tidak dapat melaporkan untuk bekerja. Meski begitu, pihak otoroitas keamanan transportasi bandara itu  mengatakan, bahwa mereka telah menskrining 1,78 juta penumpang pada hari Minggu dengan hanya 6,9 persen yang harus menunggu 15 menit atau lebih lama untuk melewati pemeriksaan keamanan.

Penutupan pemerintah itu juga mengancam akan mengganggu rencana pelayanan tahunan  Martin Luther King Jr. di Gereja Ebenezer Baptist Atlanta. Situs ini dijalankan oleh Layanan Taman Nasional dan terpaksa  ditutup. Tetapi hibah dari Delta Air Lines kemudian menjaga gereja dan situs terkait, termasuk rumah tempat King dilahirkan, tetao bisa buka sampai 3 Februari.

Trump pada hari Sabtu menawarkan untuk memperpanjang perlindungan sementara bagi imigran muda yang dibawa ke negara itu secara ilegal ketika anak-anak dan mereka yang melarikan diri dari zona bencana selama tiga tahun dengan imbalan $ 5,7 miliar untuk tembok perbatasannya.

Demokrat mengatakan proposal untuk perpanjangan tiga tahun tidak dapat berjalan cukup jauh, dan Trump menggunakan sebagai program  yang dia targetkan. Sementara itu, beberapa aktivis sayap kanan, termasuk komentator konservatif Ann Coulter, menuding Trump telah menawarkan “amnesti.”

“Tidak, Amnesty bukan bagian dari tawaran saya,” tulis Trump, Minggu, sebagai tanggapan atas perkembangan itu. Menurutnya,  dia menawarkan perlindungan sementara untuk imigran yang bersangkutan.  “Amnesti hanya akan digunakan pada kesepakatan yang jauh lebih besar, baik untuk imigrasi atau hal lain,” tandasnya.***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *