Connect with us

Kolom

Situasi Özil cerminkan realitas horor di Jerman

Published

on

Melih Altınok @melihaltinok

SELAMA  berhari-hari belakangan ini,  media Eropa telah berbicara tentang pesepakbola Turki Mesut Özil, yang mundur dari tim nasional Jerman untuk memprotes diskriminasi yang berlaku di negara tersebut.

Hal terakhir yang mendorong Özil untuk menjauh dari tim nasional adalah foto yang diambil darinya bersama Presiden Recep Tayyip Erdoğan di Inggris.

Sebagai buntut dari gambar ini, Özil secara harfiah telah digantung di Jerman, dimana  banyak politisi Jerman mulai mempertanyakan “komitmennya terhadap nilai-nilai demokrasi Jerman.”

Selain itu, bukan hanya orang-orang Jerman sayap kanan dan rasis yang mempersoalkannya, tetapi juga beberapa politisi kiri, termasuk Ketua Partai Hijau Cem Özdemir, yang menyalahkan Özil karena tidak berasimilasi dan menyatu.

Mengikuti tekanan ini, pesepakbola kenamaan yang kini membela Arsenal itu  mengumumkan pengunduran dirinya dengan sebuah pernyataan yang mengatakan secara singkat, “Di mata mereka, saya orang Jerman ketika kami menang, tetapi saya adalah imigran ketika kami kalah.”

“Saya mendapat serangan rasisme dan tidak hormat. Keluarga saya dan saya sedang diancam,” kata Özil, mengingatkan orang-orang tentang pernyataan berikut yang dibuat oleh Presiden Asosiasi Sepakbola Jerman (DFB),  Reinhard Grindel saat menjabat sebagai anggota parlemen, “Multikulturalisme adalah sebenarnya sebuah mitos dan kebohongan seumur hidup. ”

Özil telah mengingatkan kita bahwa pengakuan ini sepenuhnya benar. Contoh-contoh yang dialami dalam sejarah saat ini dan hari ini adalah bukti kebohongan besar ini.

Terlebih lagi, masalah yang kadang-kadang sampai  membakar warga negara Turki saat tidur di tempat tidur mereka, tidak terbatas hanya di Jerman. Ini berlaku untuk seluruh Eropa.

Di banyak negara, gerakan populis sayap kanan yang menganggap warga Uni Eropa asal Turki sebagai “ancaman internal” sedang meningkat.

Namun, itu adalah kesalahan besar untuk berpikir bahwa peningkatan xenophobia ini adalah masalah orang Turki, Muslim atau “warga negara asing.”

Hal ini karena penguatan pendekatan populis yang mengarahkan orang-orang dengan menyentuh titik lemah mereka memiliki potensi untuk menyalakan api yang akan membakar semua orang di Eropa.

Ini seperti diskriminasi terhadap “beberapa warga negara” di Jerman pada tahun 1940-an yang akhirnya melukai semua bangsa Eropa.

Kita tidak tahu kapan Uni Eropa, yang didirikan setelah Perang Dunia II untuk mencegah populisme yang meningkat dan tetangga-tetangga di benua lama dari melawan satu sama lain, akan memahami gravitasi masalah ini dan kapan akan mengambil tindakan.

Namun, Eropa, yang telah dipecah menjadi pemerintah yang tidak stabil, karena bergerak menjauh dari persaingan ekonomi global, harus berhenti untuk bisa mengatasi masalah xenophobia ini. Karena “solusi akhir” ini tidak masuk akal, karena tidak bermoral.***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *