Connect with us

Kabar

Seni Budaya Batak Meriahkan PKB

Published

on

Penampilan tari dan lagu muda-mudi IKBB di ajang PKB. (foto: Cmg)

Jayakarta News – Pentas seni dan budaya Batak ikut memeriahkan ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 yang digelar di Art Center Denpasar, Kamis (27/6). Kesenian Batak ini dipersembahkan oleh Ikatan Keluarga Batak Bali (IKBB). Penampilan seni dan budaya Batak di ajang tahunan itu mendapat banyak perhatian dari pengunjung PKB, baik warga lokal maupun wisatawan mancanegara.

Terlihat penonton begitu antusias menyaksikan penampilan tari dan lagu yang dimainkan muda-mudi IKBB. Petrus Nainggolan,  Ketua Adat Seni dan Budaya IKBB yang juga sebagai penulis sekenario untuk penampilan kali ini  mengatakan, pihaknya dalam PKB ini menampilkan sebanyak sebelas tarian dan lima lagu daerah Batak.

Seluruh tarian dan lagu-lagu yang ditampilkan ini kesemuanya merepresentasikan seluruh puak dari suku  Batak yang ada di IKBB, seperti Batak Toba, Batak Karo, Batak Pak-Pak,  Batak Simalungun, dan Batak Mandailing. Beragam tarian yang disajikan merupakan tarian-tarian tradisi, seperti Tor-tor Gondang Mula Mula, Tor-tor Somba, Martondo, Anggun Karo dan sebagainya.

Petrus menjelaskan, pilihan tarian yang dibawakan juga diupayakan selaras dengan tema PKB 2019 yakni Bayu Pramana yang berarti Memuliakan Sumber Daya Angin. “Di mana kekuatan angin atau pun nafas kehidupan, itulah ketika dilagukan auranya menjadi Sing Sing So,” kata Petrus. Sing Sing So menjadi salah satu lagu yang turut dibawakan yang berarti teriakan dari sampan di tengah laut ke gunung yang tinggi.

Ketua IKBB Pontas Simamora menambahkan, untuk tampil di ajang PKB tahun ini, pihaknya melakukan persiapan yang sangat terbatas yakni baru bulan Mei lalu. Dengan bantuan dari berbagai pihak, termasuk perhatian yang tinggi dari Pemerintah provinsi Bali dalam hal ini Dinas Kebudayaan Provinsi Bali sangatlah membantu IKBB untuk  kelancaran acara ini.

Pada kesempatan ini hadir juga Bupati Kabupaten Samosir Drs. Rapidin Simbolon beserta rombongan dari Dinas terkait. (CM Ginting)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *