Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Sekalipun jumlah pengguna Snapchat anjlok, pendapatannya justru naik

Published

on

THE Stories War benar-benar membunuh pertumbuhan Snapchat, yang menyebabkan penurunan jumlah pengguna untuk kali pertamanya dalam histori perusahaan media sosial ini.

Pada kwartal ke-2 tahun ini (Q2 2018), jumlah pengguna aktif harian Snapchat menyusut 1,5 persen menjadi 188 juta pada kuartal ini, turun dari 191 juta dan pertumbuhan pengguna 2,9 persen positif pada kuartal terakhir.

Snapchat menundukkan  ekspektasi penghasilan dengan pendapatan mencapai $ 262,3 juta dan membukukan kerugian $ 0,14. Sementara itu Wall Street memperkirakan kerugian EPS $ 0,17 dengan $ 249,8 juta dalam pendapatan.

Kerugian bersih Snap turun 20 persen YoY, sehingga hanya mencapai  353 juta pada kuartal ini dibandingkan dengan $ 385 juta pada kuartal terakhir.

Snap akan memiliki sejumlah dana  ekstra untuk memperpanjang landasannya, meskipun kerugiannya masih sangat besar, berkat investasi $ 250 juta dari Pangeran Saudi Al-Waleed Talal dalam transaksi   2,3 persen saham di perusahaan.

Meskipun jumlah pengguna menyusut untuk pertama kalinya sejak diluncurkan pada tahun 2011, tetap peningkatan pendapatan (naik 44 persen tahun ke tahun) dan mengurangi kerugian, yang mendorong Wall Street untuk memberikan saham Snap 11 persen langsung dalam perdagangan setelah jam kerja.

Namun setelah menghindari beberapa pertanyaan tentang bagaimana itu akan meningkatkan pendapatan, dan ketika aplikasi Android yang dioptimalkan akan tiba, saham jatuh kembali ke hanya di bawah harga penutupan hari sebelumnya sebesar $ 13,12.

Pendapatan Snapchat pada Q1, yang membawa “bencana” dengan tingkat pertumbuhan pengguna yang paling lambat,  menyebabkan penurunan 24 persen dalam harga sahamnya pada bulan Mei.

Tetapi perusahaan sebenarnya  sangat volatile, melihat kenaikan 37 persen dalam harga sahamnya setelah laba Q4 2017 mengejutkan positif. Sekarang ini membuktikan bahwa Facebook bukan satu-satunya jaringan sosial dengan masalah pertumbuhan.

Dengan harapan dapat mengalihkan perhatian dari DAU yang menyusut, Snapchat membagikan hitungan pengguna aktif bulanan untuk pertama kalinya: 100 juta pengguna aktif bulanan di AS dan Kanada.

Snap mengatakan ini adalah yang tertinggi yang pernah ada, namun penyingkapan menyoroti bahwa remaja sama kecanduan penggunaan Snapchat harian seperti dulu. DAU adalah cara yang jauh lebih akurat dalam mengukur keterlibatan dan potensi pendapatan iklan, karena membuka satu pemberitahuan dan tidak pernah kembali masih dapat mendaftarkan seseorang sebagai MAU.

CEO Snapchat, Evan Spiegel menyalahkan, penyusutan DAU pada “frekuensi penggunaan yang sedikit lebih rendah di antara basis pengguna kami karena gangguan yang disebabkan oleh desain ulang kami.” Namun karena, ia percaya “kami sekarang telah mengatasi frustrasi terbesar yang pernah kami dengar” sehingga dia optimis tentang pertumbuhan masa depan. Di sisi lain, ia memuji desain ulang sebagai faktor  peningkatan penghasilan retensi 8 persen di antara pengguna yang umurnya lebih tua dari 35 tahun, menunjukkan desain baru lebih jelas dan berlabel baik.

CFO yang baru, Tim Stone  mengatakan bahwa mereka tertarik untuk memonetisasi setiap bagian dari aplikasi, termasuk “komunikasi.” Itu bisa menandakan lebih banyak iklan di kotak masuk pesan di luar lensa yang dapat digunakan pengguna untuk mengirim pesan realitas yang ditambahkan ke teman-teman. Snap juga berharap bahwa setelah penurunan harga iklan, karena pindah ke lelang swalayan, harga iklan dan pendapatan akan naik.

Satu titik terang besar untuk Snap adalah bahwa pendapatan rata-rata per pengguna di wilayah Rest Of World tumbuh 65 persen hanya pada kuartal ini untuk mencapai $ 0,96. Mencari tahu cara memonetisasi negara-negara berkembang ini di mana daya beli lebih rendah akan menjadi kunci prospek perusahaan. Snap mengatakan itu masih bekerja untuk merekayasa ulang aplikasi Android-nya untuk meningkatkan kinerja dan mengurangi churn, karena di situlah sebagian besar pengguna barunya masuk.

 

Capaian pada kwartal  tersebut menunjukkan bahwa  Snapchat lolos dari sorotan yang dihadapi jejaring sosial lainnya mengenai berita palsu dan gangguan pemilihan. Tapi jelas masih memiliki masalah dengan keamanan, karena Snapchat secara tidak sengaja membocorkan kode sumbernya sendiri, yang diarsipkan oleh seseorang yang kemudian diposting ke GitHub hari ini, meskipun akhirnya dihapus.

Snapchat mulai menjalankan iklan yang tidak dapat dilewati dalam Acara yang dapat menjadi pembuat uang besar jika diperluas ke Cerita. Ini mulai bereksperimen dengan e-commerce dengan sungguh-sungguh, memungkinkan merek untuk menjual barang yang dapat dibeli tanpa meninggalkan aplikasi.

Ini juga membuka pembelian mandiri dari iklan lensa augmented reality yang orang-orang tidak hanya posting, tetapi bermain dengan untuk waktu yang lama. Dan meluncurkan platform pengembang Snap Kit privasi yang aman dengan harapan bahwa aliansi dan lalu lintas rujukan akan membantu menghidupkan kembali pertumbuhan penggunanya.

Tetapi secara problematik, kompetitornya seperti Instagram Stories terus melonjak, dengan sekarang memiliki 400 juta pengguna Stories harian dan Status WhatsApp sekarang memiliki 450 juta. Dikombinasikan, Facebook memiliki lebih dari 1,1 miliar pengguna harian (diduplikasi) Cerita di seluruh keluarga aplikasinya. Jangkauan itu dapat mempersulit Snap untuk bersaing mendapatkan dolar iklan. Dan dengan jumlah pengguna yang benar-benar menurun, itu bisa membuat masa depan yang suram untuk sensasi remaja.***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *