Connect with us

TELKO

Review: Plus-Minus iPad Baru Pro 10.5 dan 12.9 Inchi

Published

on

Penampakan dua versi layar iPad Pro [NYT]

 

 

 

Saat Steve Jobs memperkenalkan iPad pertama pada  tahun 2010, ia menggambarkan bahwa tablet tersebut sebagai produk yang memposisikan  di antara laptop dan smartphone, unggul dalam tugas seperti browsing web, meninjau foto dan menonton video.

Lima tahun kemudian, penerus Jobs, Timothy D. Cook, membawa iPad selangkah lebih maju. Membuka iPad Pro, sebuah tablet “souped-up” yang bekerja dengan keyboard dan stylus Apple. Cook  mengatakan, orang akan mencoba produk tersebut dan “menyimpulkan bahwa mereka tidak perlu lagi menggunakan barang lain selain ponsel mereka.”

Prediksi atau harapan Cook tersebut  tampaknya tidak terwujud. Banyak profesional mengatakan mereka menggunakan iPad, selain  komputer pribadi. Dan,  penjualan iPads pun melemah  seperempatnya   selama lebih dari satu tahun. Ini adalah sebuah indikasi, bahwa banyak  orang tidak berniaga  PC mereka untuk mendahulukan tablet.

Situasi itu tidak mungkin berubah dengan iPad Pro terbaru Apple, yang akan dirilis pada pakan  ini. Tablet profesional, yang hadir dengan  dua ukuran layar – 10,5 atau 12,9 inci diagonal – secara bertahap meningkat dari model sebelumnya. Memang ini lebih cepat, dengan tampilan yang lebih cerah dan refresh rate yang lebih tinggi yang membuat gerak terlihat mentega mulus. Selain itu, layar pada iPad Pro yang lebih kecil telah diperbesar sedikit dari 9,7 inci.

Namun ada catatannya,  setelah sekitar satu pekan   Brian X Chen  menguji Pro iPad 10,5 inci,  dia berkesimpulan bahwa tablet profesional Apple masih mengalami  beberapa masalah yang sama, bila dibandingkan dengan Laptop. Untuk hal yang terpenting, mengetik misalnya, keyboard tidak nyaman, dan beberapa tugas lebih baik dilakukan dengan mouse dibandingkan dengan layar sentuh. Pada akhirnya,  Chen  masih akan merekomendasikan Laptop tradisional untuk kebanyakan pekerjaan profesional.

Apa yang telah diperbaiki

Perbaikan yang paling signifikan pada iPad Pro adalah kecepatan. Tablet baru ini lebih cepat: Dalam tes kecepatan yang berjalan dengan aplikasi Geekbench, iPad Pro baru kira-kira 50 persen lebih cepat dari pendahulunya.

Dengan demikian,  jika Anda meng-upgrade dari iPad yang lebih tua dari model tahun lalu, Anda akan mendapatkan peningkatan kecepatan yang luar biasa. Peningkatan kecepatan membuat iPad Pro baru lebih baik pada tugas yang berat seperti menyulap beberapa aplikasi, mengedit foto beresolusi tinggi dan bermain grafis-game berat.

Pros iPad baru juga menyertakan refresh rate layar yang lebih tinggi. Itu membuat gerak terlihat lebih halus, yang terlihat saat membuka atau menutup aplikasi dan menggulir dokumen atau situs web. Hal ini juga seharusnya membuat beberapa permainan terlihat lebih baik, namun saat menulis ini, pengembang game belum memperbarui aplikasinya untuk mendukung tingkat penyegaran yang lebih tinggi.

Perubahan penting lainnya adalah meningkatnya ukuran layar iPad Pro yang lebih kecil. Apple merapikan bezel – atau perbatasan yang mengelilingi layar – membuat lebih banyak ruang untuk display; Tubuh tablet juga sedikit lebih besar dan lebih berat. Lebih dari semua, ini adalah ukuran yang lebih baik untuk iPad Pro yang lebih kecil, sebagian karena peningkatan ukuran juga memberi ruang bagi Apple untuk membuat versi keyboard fisiknya yang sedikit lebih besar, yang disebut Smart Keyboard.

Apple juga melakukan perbaikan yang bagus pada asesorisnya untuk membawa dan melindungi iPad Pro. Sekarang menjual selendang kulit bergaya $ 129 yang mencakup dudukan untuk stylusnya, Apple Pencil, yang membahas kekhawatiran bahwa orang dapat dengan mudah kehilangan stylus. Lengannya cukup lapang untuk juga menggenggam Pro iPad dengan penutup Keyboard Pintar dilipat di atasnya.

Apa yang kurang memuaskan 

Memperbesar iPad Pro yang lebih kecil merupakan upaya untuk mengatasi kelemahan tablet terbesar: mengetik. Keyboard Pintar pada dasarnya adalah penutup pelindung untuk layar dengan keyboard dan magnet yang terpasang di dalamnya. Saat Anda membukanya, tablet berada di atas keyboard, digenggam oleh magnet.

Inilah masalahnya: Keyboard Pintar tipis dan tombolnya tidak diklik dengan baik atau terasa memuaskan untuk diketik sebagai keyboard pada MacBook Pro atau MacBook Air; Setelah lama mengetik, Smart Keyboard terasa tipis. Keyboard untuk model 10,5 inci masih kecil dan sempit dibandingkan dengan keyboard MacBook.

Masalah lainnya adalah ergonomi. Menggunakan layar sentuh yang dikombinasikan dengan keyboard Apple bisa menjadi sakit di pergelangan tangan.

Katakanlah, misalnya, Anda menggunakan keyboard untuk menelusuri email atau situs web: Jika Anda ingin membuka tautan, Anda harus melepaskan tangan dari keyboard dan ketuk tautannya. Atau katakan Anda ingin menyesuaikan kecerahan layar atau tekan jeda pada trek musik saat mengetik: Kedua tindakan memerlukan jangkauan dan menyentuh layar. Penggunanan keyboard-to-touch-screen, menjadi melelahkan.

Menurut pengalaman Chen, menggunakan keyboard dan trackpad pada laptop terasa seperti kombinasi yang lebih nyaman untuk mengunyah melalui hari sibuk email, pesan, dokumen, spreadsheet dan entri kalender.

Masalah lain dengan iPad terkait dengan perangkat lunak dan mungkin bisa diselesaikan tahun ini. Misalnya, Anda bisa memiliki dua aplikasi yang buka berdampingan dengan iPad Pro. Anda dapat menggunakan setiap aplikasi secara independen, namun kedua aplikasi tersebut tidak dapat saling berinteraksi dengan mudah:

Anda tidak dapat drag and drop  foto atau file dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Untungnya, Apple siap merilis fitur drag and drop pada iOS 11 ini, sistem operasi mobile berikutnya. Sistem operasi juga akan menambahkan kemampuan untuk menampilkan hingga tiga aplikasi sekaligus dan mengenalkan sistem file, yang bisa membuat tugas menyulap antara aplikasi menjadi lebih mudah.

Siapa yang harus membelinya?

Dalam keadaan saat ini, iPad Pro berada dalam posisi “canggung” di antara jajaran produk Apple. Di sekelompok  kecil profesional  yang tidak banyak mengetik – seperti seniman dan ilustrator – mungkin bisa nyaman  dengan menggunakan iPad Pro dengan stylus sebagai komputer yang berdiri sendiri. Tetapi kebanyakan profesional, mungkin akan lebih menguntungkan  dengan penggunaan komputer pribadi (PC) atau Laptop yang dikombinasikan dengan smartphone dan tablet.

Ada sedikit alasan untuk mempertimbangkan iPad Pro, yang penjualannya dimulai dengan harga  pada kisaran  $ 649, jika Anda juga tidak berencana membeli Apple Smart Keyboard $ 159 atau $ 99 Apple Pencil. Hal ini rasanya   akan berlebihan  menghabiskan dana sebanyak itu di iPad tanpa aksesorisnya.

Jika semua yang Anda cari adalah tablet untuk keperluan santai, seperti streaming Netflix, membaca buku atau mengirim email, iPad standar yang tidak kompatibel dengan keyboard Apple dan stylus harganya $ 329, maka  akan cukup beralasan  untuk disesuaikan dengan kebutuhan Anda. (Atau Anda bisa mendapatkan smartphone layar lebar dan mengabaikan tablet sama sekali.)

Chen sendiri mengaku, menggunakan Pro iPad dalam penelitian dan menguraikan ulasan ini. Tapi saat menulisnya sambil meninjau catatan secara bersamaan, dia  beralih ke MacBook Air-nya, terutama karena keyboard terasa lebih baik untuk mengetik dan lebih mudah untuk multitask dengan beberapa aplikasi.

Lalu, apa pilihan Anda?

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *