Connect with us

Entertainment

Review film: War for the Planet of the Apes

Published

on

  • Sutradara: Matt Reeves
  • Aktor: Andy Serkis, Steve Zahn, Woody Harrelson
  • Genre: Aksi, Petualangan, Sci-Fi
  • Masa putar:  140 menit
  • Tanggal Peluncuran: 11 Juli 2017

Sebagai akibat dari Dawn For The Planet Of The Apes, Caesar (Andy Serkis) telah membawa orang-orangnya ke dalam hutan untuk bersembunyi dari Kolonel McCullough (Woody Harrelson), seorang panglima perang tanpa ampun yang memerintahkan sebuah batalyon tentara yang menghancurkan monster kera sekali dan untuk semua. Tidak lama kemudian, Caesar menderita kerugian yang tak terbayangkan yang melihat dia berangkat untuk membalas dendam pribadi …

Meskipun Rise Of The Planet Of The Apes adalah kesuksesan komersial dan kritis, tidak dapat dipungkiri bahwa film tersebut tidak cukup wah saat rilis. Syukurlah, Dawn of The Planet of The Apes berhasil mengatasinya dan menjadi salah satu sekuel paling efektif dalam dua puluh tahun terakhir ini.

Apa yang membuat film  Dawn of The Planet of The Apes    dianggap baik, itu tampaknya diamini oleh para penonton  penggemar blockbuster. Tetapi,  sebenarnya ada sesuatu yang bisa dikatakan dan bisa dilakukan dengan cara yang cerdas dan berarti.

Film ini dibuka dengan satu blok teks yang menjelaskan di mana dunia berada dan memasuki rangkaian pertempuran yang dilakukan dengan ahli yang melibatkan sisa-sisa kemanusiaan –yang dipimpin oleh Kolonel McCullough (Harrelson)– dan pasukan Caesar. Pikirkan pembukaan Gladiator, kecuali dengan kera kuda dan senapan otomatis, dan Anda berada di jalur yang benar.

Dari situlah, perjuangan Caesar untuk menjaga kebiadabannya di teluk diperkenalkan, dan juga kehidupan baru bagi kera yang jauh, melampaui hutan beku dimana mereka saat ini bersembunyi. Tak lama kemudian, ceritanya menggeser,  berkat insiden insomnia dan Caesar bertekad untuk memulai pencarian untuk balas dendam pribadi.

Film tersebut mungkin mengikuti jalur yang sudah dikenal dan beberapa karakter –terutama Kolonel Harrelson– diambil dari film lain, ada cukup banyak citra dan nuansa unik dan menarik untuk menggantikannya. Salah satu adegan yang sangat mengganggu adalah dengan melibatkan lagu kebangsaan AS, yang meluap di atas pengeras suara, saat kera dicambuk menjadi perbudakan. Melihat bendera Amerika –dengan simbol alfa / omega yang tertulis di atasnya– muncul berulang kali dan berbicara tentang betapa manusia yang sangat putus asa dan fatalistis.

Penampilan Andy Serkis saat Caesar lebih lanjut memunculkan bar untuk tindakan motion-capture apa yang bisa dilakukan. Sebenarnya, sangat bagus sehingga mengaburkan batas antara tindakan akting dan mutasi biasa, yang sampai pada titik di mana Anda dapat dengan mudah menerima bahwa ada kera yang berbicara di layar. Karakter Steve Zahn, Bad Ape, adalah katup pelepas komedi yang sangat dibutuhkan di film ini, sementara aktris teater Karin Konoval menambahkan kedalaman dan kehalusan seperti Maurice, orangutan lembut yang bertindak sebagai kompas moral Caesar.

Seperti yang disebutkan, Woody Harrelson jelas menyalurkan Kolonel Marlon Brando Kurtz; Melayang di antara ancaman yang sepi dan bermata liar mengoceh dengan mudah. Meskipun film ini menarik garis antara itu dan Apocalypse Now, War … memiliki lebih banyak kesamaan dengan peleton Oliver Stone; Caesar berjuang untuk tetap bermurah hati dan hanya sementara Kolonel telah menyerah sepenuhnya pada kemanusiaannya sendiri.

Untuk sebuah film yang memiliki ‘perang’ dalam judul, jelas bahwa ini dimaksudkan untuk berbicara kepada perang di dalam Caesar daripada pertempuran habis-habisan antara manusia dan kera. Film ini memang memiliki beberapa urutan pertempuran yang sangat bagus dan mata Matt Reeves untuk sinematografi, gerakan membingkai dan kamera tidak ada bandingannya.

Dia mampu menyeimbangkan kacamata blockbuster dengan momen emosional dan dramatis dengan mudah dan tenang sehingga menandai dia untuk hal yang lebih besar lagi di masa depan. Mungkin ada beberapa urutan yang diperpanjang di mana rasanya tidak ada tindakan, tapi ini semua tentang membangun lapisan yang mengarah ke salah satu klimaks yang paling memuaskan untuk film blockbuster yang mungkin pernah Anda lihat.

Naskah film ini  mungkin ringan dalam dialog, namun kompleksitas moral di layar menunjukkan, bahwa ada banyak hal yang terjadi, dan tidak semua itu terselesaikan seperti yang Anda harapkan. Memang, karakter itu sendiri belum tentu disajikan dalam istilah biner.

Film ini melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk merasionalisasi setiap karakter – siapa yang tidak akan gila jika melihat kemanusiaan terhapus dalam beberapa tahun? Apa yang akan kita lakukan jika berulang kali terancam kekerasan? Apakah Anda akan patah atau menjadi keras?

Sangat jarang melihat film blockbuster yang memiliki sesuatu untuk dikatakan dan melakukannya dengan tingkat kecerdasan dan perawatan ini. Ini adalah  film blockbuster paling smart  yang dapat  Anda tonton  tahun ini.***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *