Connect with us

Feature

Razan, Surga Jannah Sudah Menantimu

Published

on

ZIONIS Israel melanggar konvensi Jenewa dengan membunuh tenaga medis yang bertugas di daerah konflik bersenjata. Paramedis muda Palestina, Razan, meregang nyawa oleh peluru serdadu Israel.

“Kami memiliki satu tujuan: untuk menyelamatkan nyawa dan mengevakuasi orang. Dan mengirim pesan ke dunia. ”

“Tanpa senjata, kita bisa melakukan apa saja. Kami sukarela di sini setiap hari. Kami melakukan ini demi cinta negara kami. Itu adalah pekerjaan kemanusiaan. ”

“Kami tidak melakukannya demi uang. Kami melakukannya untuk Allah. Kami tidak ingin dibayar atau dipekerjakan. “

Kata-kata ini akan terpatri kuat di hati orang-orang Palestina dan Muslim di seluruh dunia, setelah kematiannya. Razan al-Najjar, 21, ditembak di dadanya oleh tentara Israel ketika dia mencoba untuk membantu orang yang terluka dekat di pagar perbatasan Gaza-Israel pada 1 Juni.

Dipercaya sebagai satu-satunya relawan medis wanita yang merawat warga Palestina yang memprotes untuk memperjuangkan tanah mereka, dia menyampaikan kalimat inspiratuf  itu dalam wawancaranya dengan New York Times, sebulan sebelum Allah SWT memanggil pulang ke rumahnya, untuk menghadiahi surga Firdausnya.

 

Ribuan warga Palestina mengiringi jenazah Razan

Air Mata dan Kebanggaan
Apa yang bisa menahan air mata tunangannya, Izzat Shatat, 23 tahun, pekerja ambulans sukarela?

“Dia membantu semua orang dan tidak pernah menolak untuk membantu. Dia adalah orang pertama yang berlari ke arah siapa pun ketika ada korban  ditembak. ” kata Izzat. Dia menambahkan,  bahwa pertunangan mereka sebenarnya akan diumumkan pada akhir Ramadhan.

“Saya bangga dengan putri saya,” kata ayah Razan, Ashraf, yang mengomentari kesukarelaan putrinya di sana.

“Dia memberikan perhatian kepada anak-anak di negara kita.” Karena kehilangan Razan, dia berkata, “Malaikat saya meninggalkan tempat ini, dia sekarang berada di tempat yang lebih baik. Aku akan sangat merindukannya. Semoga jiwamu beristirahat dalam damai, putri saya yang cantik. ”

Ibunya, Sabreen, menyesali atas kejadian itu sehingga rumah rasaya menjadi hampa  tanpa Razan, yang merupakan sulung dari enam bersaudara.

“Saya ingin dunia mendengar suara saya … apa kesalahan anak saya?”

 

Apa semua yang diributkan
Pasal 24 Konvensi Jenewa 1949 yang saya berikan, “Tenaga medis yang secara eksklusif terlibat dalam pencarian, atau pengumpulan, transportasi atau perawatan orang yang terluka atau sakit, atau dalam pencegahan penyakit, staf yang secara eksklusif terlibat dalam administrasi unit medis dan perusahaan … harus dihormati dan dilindungi dalam semua keadaan. ”

Oleh karena itu pembunuhan Razan jelas merupakan kejahatan perang internasional.

“Tenaga medis adalah #NotATarget! Pikiran dan doa saya untuk  keluarga #Razan_AlNajjar! #Palestinians in #Gaza telah mengalami penderitaan yang cukup, ”Koordinator Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Proses Perdamaian Timur Tengah, Nickolay E. Mladenov men-tweet sebagai tanggapan atas tragedi ini.

Koordinator kemanusiaan setempat, Jamie McGoldrick, juga memberikan nada yang sama. “Pembunuhan staf medis yang diidentifikasi secara jelas oleh pasukan keamanan selama demonstrasi sangat tercela.”

Para medis menghadiri pemakaman rekan mereka, Razan. Foto milik Hossam Salem / Al Jazeera

Bahkan Suara Yahudi untuk Perdamaian (JVP) mengutuk pembunuhannya.

“Hari ini, pikiran kita bersama keluarga Razan, dan dengan rekan-rekan kami dari PMRS (Palestinian Medical Relief Society). Serangan semacam itu pada perawatan kesehatan tidak boleh terjadi dan kita perlu meningkatkan upaya kita untuk memastikan perlindungan para pekerja kesehatan garis depan kita. Ada kewajiban yang jelas untuk menjaga kesehatan di bawah hukum internasional dan ini harus dihormati, ”Dr. Gerald Rockenschaub, Kepala kantor WHO.

Razan mengenakan seragam medis, rompi dan tas, dan tidak membawa senjata ketika dia ditembak langsung. Dia mencoba mengambil dan mengevakuasi mereka yang terluka.

Pihak Palestina mengklaim,  bahwa penembakan itu tidak acak karena itu hanya tim paramedis dan tidak ada pengunjuk rasa di sekitar selama tembakan, menurut laporan al-Jazeera.

Ini adalah tanggapan dari juru bicara Pasukan Pertahanan Israel melalui Twitter: “Tidak ada yang dilakukan tanpa kendali; semuanya akurat dan terukur, dan kami tahu di mana setiap peluru mendarat.

”Namun, tweet tersebut telah dihapus setelah itu meskipun beberapa pengguna Twitter berhasil mengambil screenshot sebelumnya.

Organisasi Kesehatan Dunia juga melaporkan bahwa 238 personel kesehatan dan 38 ambulans telah menjadi sasaran pasukan Israel sejak Maret.

Pada tahun 1948, Israel memaksa sekitar satu juta orang Palestina keluar dari tanah Palestina mereka dan membangun negerinya sendiri di sana. Sejak hari itu, orang-orang Palestina tidak pernah diizinkan untuk kembali ke tanah mereka yang diduduki.

 

Jadilah seperti Razan
Orang-orang di seluruh dunia mengekspresikan kecaman dan keluhan mereka atas hilangnya Razan. Sejak itu ia menjadi inspirasi bagi orang-orang Palestina dan juga para perawat, wanita dan pemuda di seluruh dunia.

Berikut adalah empat sorotan tentang Razan yang mungkin Anda pelajari dari hidupnya untuk menjadi seorang Muslim yang lebih baik.

1. Perhatikan ibu dan keluarga Anda

“Dia seperti kupu-kupu, selalu peduli pada saudara-saudaranya,” kata Sabreen tentang Razan. “Dia pergi dan membeli pakaian baru untuk mereka saat lebaran.”

“Hari ini saya ingin mendapatkan hadiah untuk mereka, ibu,” kata Razan sebelumnya kepada Sabreen. Sabreen mengatakan bahwa Razan selalu bertanya padanya apakah dia bisa membawa sesuatu padanya.

“Apa yang kamu inginkan, ibu. Katakan padaku, Bu, “kata Razan.

2. Letakkan orang lain di hadapan Anda sendiri
“Dia (Razan) tidak menyerah. Dia membantu begitu banyak, dan menyelamatkan begitu banyak, ”Sabreen terus menceritakan tentang Razan, yang merupakan paramedis perempuan pertama di Gaza. “Razan juga biasa pulang dengan darah menutupi seragamnya. Dia biasa tinggal di protes sampai semua orang pergi, ”lanjutnya.

Seorang paramedis yang bersama Razan mengatakan dia berlari untuk membantu seorang pengunjuk rasa di dekat pagar Gaza yang telah terluka, “Saya mengatakan kepadanya bahwa itu berbahaya tetapi dia mengatakan dia tidak takut untuk mati dan ingin membantu yang terluka.”

Razan membantu mengobati sekitar 70 orang Palestina yang terluka dalam satu hari selama 13 jam sehari, dari jam 7 pagi hingga 8 malam.

3. Berbanggalah dan teguh dengan hasrat Anda, terlepas dari kesulitannya.

“Hari pertama adalah yang paling sulit bagi saya. Saya mati lemas akibat gas airmata tiga kali, ”kata Razan kepada wartawan TRT World tepat dua bulan sebelum dia ditembak. “Seluruh tim medis menjadi sasaran.”

Dia mengatakan bahwa salah satu rekannya ditembak di punggung, sementara yang lain di kepala dan dekat telinga. Itu sulit, tetapi Razan terus memberikan yang terbaik.

“Kami memberi mereka pertolongan pertama di lapangan kemudian kami melanjutkan pekerjaan kami. Kami mengirim mereka ke rumah sakit lalu kami melanjutkan pekerjaan kami, ”kata Razan.

4. Bersikap tulus dan percaya kepada Allah

Razan menjadi sukarelawan tanpa dibayar di tim medis. “Kami tidak melakukannya demi uang. Kami melakukannya untuk Allah. Kami tidak ingin dibayar atau dipekerjakan, ”katanya.

“Razan mengatakan kepada kami bahwa dia tidak takut, dia merasa berkewajiban membantu dan jelas mengenakan rompi medis,” kata Sabreen. Setiap kali sebelum keluar untuk membantu, dia akan memberi tahu ibu dan ayahnya,

“Allah bersamaku, aku tidak takut.”

 

Disayangi Para Malaikat 
Kata terakhir Sabreen pasti akan membawa air mata Anda.

“Aku berharap aku bisa melihatnya dengan gaun pengantin putihnya, bukan kain kafannya.”

Kepada sepupu Razan, Dalia al-Najjar, Sabreen memberitahunya ini:

“Kamu adalah Razan sekarang, pegang obor dan terus berjuang.”

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *