Connect with us

Entrepreneur

Rahasia si Kutu Buku Tolak Aplikasinya Dibeli Rp 1,3 T

Published

on

APLIKASI yang dikreasikan seorang pemuda bernama Quek Siu Rui,  yang diperuntukkan buat menjual barang bekas, Carousell, sekarang bernilai US $ 500 juta.

Beberapa tahun yang lalu, Quek Siu Rui berkumpul  dengan dewan direksi Singapuranya untuk mempertimbangkan apakah akan menjual Carousell. Saat itu, Quek baru berusia 26 tahun. Dia mendapat tawaran senilai 100 juta dolar AS untuk aplikasinya itu, yang pasti akan membuatnya kaya di luar mimpinya. Namun dia mengatakan tidak: Dia ingin terus membangun bisnis dengan Carousell.

Apa yang dilakukan Quel, sangat baik. Perusahaan Quek, dengan sebuah aplikasi untuk menjual barang bekas yang disebut Carousell itu, sekarang bernilai sekitar $ 500 juta, menurut sebuah sumber  yang sangat dekat dengan masalah ini. CEO Carousell tidak menyesali pilihannya.

“Ini adalah kesempatan sekali seumur hidup,” kata Quek dalam sebuah wawancara. “Kami ingin membangun perusahaan yang bertahan lama.”

Carousell yang berusia enam tahun beroperasi di tujuh pasar termasuk Singapura, Hong Kong dan Australia dan merupakan salah satu pasar loak virtual paling populer di kawasan ini. Orang menggunakannya untuk menjual semuanya dari mobil bekas dan sofa ke konsol game dan, pada minggu ini, wig ungu.

Setelah mengumpulkan US $ 85 juta dalam pendanaan baru-baru ini, Carousell berencana untuk membangun pasar yang ada, yang juga termasuk Indonesia, Filipina dan Taiwan, sebelum memperluas ke lebih banyak negara. Ini adalah bagian dari liga pasar yang diklasifikasikan, termasuk Offerup Inc yang berbasis di Seattle dan Mercari Inc Jepang yang bertujuan untuk menantang eBay dan Craigslist.

“Carousell juga  memulai di pasar baru dengan penawaran produk baru yang disesuaikan untuk Asia Tenggara,” kata Vinnie Lauria, mitra pendiri di Golden Gate Ventures yang berbasis di Singapura, pendukung Carousell sejak lama.

Quek dan rekan-rekannya, Lucas Ngoo dan Marcus Tan, yang bersahabat semenjak  mahasiswa di National University of Singapore. Kutu buku yang digambarkannya sendiri sebagai terikat pada hobi mereka membeli dan menjual gadget secara online.

Sebagai bagian dari program universitas, mereka mendapat kesempatan  menimba ilmu selama satu tahun di Silicon Valley dan menghadiri seminar yang menampilkan pembicara para pengusaha, termasuk pendiri Facebook Inc., Mark Zuckerberg.

Mereka mendirikan Carousell pada tahun 2012, menamakannya setelah proyektor Kodak Carousel ditampilkan sebagai teknologi canggih di drama TV Mad Men. Mereka memenangkan penggemar milenial dengan membuat pengalaman belanja yang sederhana untuk digunakan di ponsel sebagai Instagram atau WhatsApp.

Quek, yang sekarang berusia 30 tahun ini, mendapat inspirasi dari Zuckerberg, yang juga menolak tawaran pembelian di tahun-tahun awal. Facebook sejak itu menjadi saingan dengan debut di Singapura tahun ini Marketplace, platform bagi konsumen untuk menjual barang-barang bekas. Quek tidak terlalu khawatir. “Peluncuran Pasar Facebook adalah validasi bahwa masalah yang kami selesaikan sangat besar,” katanya.

Ketiga pendiri telah beralih ke pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan ketika mereka mencoba untuk mempersingkat proses pencatatan dari beberapa menit hingga beberapa detik. Saat pengguna mengambil foto item, aplikasinya dapat mengenali sepasang sepatu kets atau tas dan menyarankan kategori dan judul. Itu membantu Carousell tumbuh hingga lebih dari 144 juta cantuman. Apliaisi perusahaan ini kini dapat  bekerja untuk menyarankan harga optimal atas produk yang dijual di Carousell. (sm)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *