Connect with us

Media Sosial

Rahasia Marketing Efektif di YouTube

Published

on

 

MARKETING dengan menggunakan media sosial kini menjadi alat  vital di era digital sekerang ini, ditandai dengan sebagian besar perusahaan kini mempertahankan setidaknya satu akun media sosial di platform utama mereka.

Sayangnya, di jaman digital ini di antara pebisnis masih ada yang mengabaikan alat media lain yang kuat, yakni Youtube. Keberadaan portal video itu sebenarnya keberadaannya sebagai media online jauh lebih lama dibandingkan dengan  Facebook, Twitter atau sejenisnya. Tetapi Youtube tidak selalu mendapatkan pertimbangan yang sama dari para pebisnis.

Sejak diluncurkan pada 2006, YouTube telah tumbuh menjadi perusahaan bernilai miliaran dolar, dan telah memicu karier ribuan komedian, aktor, musisi, dan banyak lagi. Ada kemungkinan tak terbatas untuk membuat dan mengunggah konten YouTube yang menarik – memposting tutorial dan demonstrasi, misalnya, dapat membantu pelanggan potensial mengukur apakah produk Anda tepat untuk mereka, sambil mengedukasi klien Anda saat ini.

Selain itu, video YouTube yang dibuat dengan baik dan menarik, meraih ribuan, atau bahkan jutaan, penayangan dalam waktu singkat. Dengan desain video dan teknik pemasaran yang efektif, situs ini dapat menjadi sarang bagi pertumbuhan potensial perusahaan.

Yang perlu Anda pahami sekarang adalah,  ada beberapa aturan  saat membuat konten YouTube untuk saluran perusahaan Anda. Pastinya, dengan mempertahankan nada yang konsisten, menggabungkan berbagai format video, dan menggunakan Call to Action  (CTA) yang efektif dapat membantu Anda menghasilkan konten bintang.

Patut diingat, bahwa jika Anda berfokus pada  ‘viral’ yang itu dapat mencampur audiensi, hal itu justru dapat merusak potensi YouTube Anda.

Berikut adalah lima tips penting untuk kesuksesan Anda dalam menggunakan YouTube sebagai agen pemasaran Anda:

1. Gunakan Kata Kunci dan CTA
YouTube adalah platform berbagi video paling top di dunia, dan untuk alasan itu, banyak orang memperlakukannya seperti mesin pencari untuk video. Fakta bahwa Google memiliki YouTube juga meningkatkan kemampuan pencariannya, dan sebagai hasilnya, Anda harus selalu memasukkan kata kunci dalam deskripsi video dan tag video Anda.

Saat Anda mengunggah video, Anda akan melihat opsi untuk menandainya dengan kata kunci umum yang akan membantu pengguna menemukan video Anda ketika mereka mencari di YouTube.

Misalnya, jika perusahaan penjual bunga, Anda mengunggah video tentang jenis bunga yang akan digunakan dalam pernikahan musim gugur, Anda dapat menambahkan tag seperti #wedding, #fallwedding, #weddingflowers, dll. Anda mungkin juga ingin menandai video dengan spesies bunga yang ditampilkan – kata kunci ini akan memperluas pemirsa video dan menjangkau seluruh platform.

Anda juga harus memasukkan ajakan untuk bertindak (CTA) yang kuat di akhir video Anda, dan di dalam deskripsi. Sertakan kata kerja yang dapat ditindaklanjuti dalam CTA Anda – beri tahu pemirsa untuk menyukai, berlangganan, ikuti, panggil, kunjungi, atau beli. YouTuber berpengalaman biasanya menutup video mereka dengan CTA, yang paling umum adalah “suka (like) dan berlangganan (subcribe).”

Contoh CTA YouTube yang kuat untuk saluran perusahaan meliputi:

  • Berlangganan video keren lainnya dari [nama perusahaan]
  • Hubungi kami hari ini di [nomor telepon perusahaan]
  • Kunjungi situs web kami di [URL perusahaan] untuk mempelajari lebih lanjut
  • Ikuti [nama perusahaan] di media sosia

 

Anda juga harus memasukkan tautan ke situs web Anda dan berbagai profil media sosial dalam deskripsi video sehingga pemirsa dapat mengikuti dan mengunjungi langsung dari YouTube. Anda juga dapat menambahkan tautan ini ke bagian “Tentang” saluran Anda, sementara YouTube juga memberi Anda opsi untuk menautkan ke video lain dan situs web luar di dalam video itu sendiri.

 

2. Jangan Selalu Mencoba ‘Go Viral’

Meskipun video viral dapat menjadi berita utama dan memberikan publisitas yang besar kepada perusahaan, ‘viral akan muncul’, dengan sendirinya, seharusnya tidak menjadi tujuan untuk setiap video. Video viral spesial karena unik – mengaduk konten yang jelas dirancang untuk mendapatkan sebanyak mungkin penayangan kehilangan kualitas khusus ini.

Fokuslah pada pembuatan video yang penting bagi perusahaan Anda dan konsumen Anda, dengan memperhatikan kualitas dan relevansi, dan bukan sekadar soal berapa banyak tampilan yang bisa Anda dapatkan.

Meskipun pandangan itu penting, lebih baik untuk membangun basis audiens yang solid dari waktu ke waktu dengan konten kreatif. Jika Anda memiliki ide brilian  yang meledak di media sosial, hebat, tetapi jika tidak, jangan khawatir. Organik, pertumbuhan yang stabil selalu lebih baik daripada keajaiban satu pukulan.

3. Tentukan Irama dan Gaya Saluran Anda
Sebelum Anda mulai membuat konten video YouTube, Anda harus duduk bersama tim Anda dan memutuskan gaya saluran YouTube Anda.

Sangat penting untuk mempertahankan irama  dan gaya yang konsisten di seluruh konten Anda – ini dapat membangun suasana profesionalisme dan membuat pengalaman menonton video lebih menyenangkan.

Brainstorming jawaban untuk pertanyaan seperti:

  • Siapa audiens kita? Apa target demografi kami?
  • Bagaimana kami ingin membuka dan menutup video YouTube kami?
  • Bagaimana seharusnya CTAkita?
  • Nada apa yang ingin kita  sampaikan ke video? Hip dan ramah? Ramping dan profesional?
  • Apakah kita akan memiliki aktor atau anggota staf di video kita?
  • Jenis video apa yang ingin kita buat? Tutorial, Tanya Jawab, iklan tradisional?
  • Apakah kita ingin memasukkan komedi ke dalam video?
  • Siapa yang akan membuat konten video?
  • Apakah kita  perlu menyewa agen atau videografer profesional?
  • Apakah kita perlu  membawa tamu ke video kita?
  • Apakah ada tokoh YouTube atau influencer yang ingin kita ajak berkolaborasi?

4. Jangan Mencampur Konten Konsumen dan Perusahaan
Saat Anda membuat konten YouTube, Anda mungkin tergoda untuk mengarahkan beberapa video Anda ke konsumen potensial, dan yang lain menuju pasar korporat.

Harus disadari, bahwa  hal itu dapat menyebabkan disonansi saluran. Hal itu dapat membuat saluran Anda terasa tidak teratur dan canggung. Pemirsa mungkin frustrasi, misalnya, ketika mereka mengklik salah satu video Anda hanya untuk mengetahui bahwa itu tidak dibuat untuk mereka.

Jika Anda ingin membuat konten berbeda yang ditujukan untuk konsumen dan mitra perusahaan, pertimbangkan untuk membuat dua saluran YouTube terpisah. Meskipun ini dapat mengurangi potensi tampilan Anda, ini akan membantu menjaga efektivitas kedua saluran dalam mengkomunikasikan pesan perusahaan Anda.

Dan karena pengguna mencari video spesifik di YouTube, memisahkan kedua jenis konten ini juga akan memudahkan mereka menemukan apa yang mereka cari.

5. Jangan Memasukkan Berbagai Jenis Video
Hal terbaik tentang YouTube adalah Anda memiliki kesempatan untuk membuat jenis video apa pun yang dapat Anda pikirkan.

Kemungkinannya tidak terbatas, dan YouTube merayakan kreativitas dan inovasi. Cobalah untuk memasukkan berbagai format dan seri video dalam kampanye pemasaran YouTube Anda.

  • Buat video cara-cara informatif untuk membantu pelanggan menggunakan produk Anda atau melakukan tugas yang terkait dengan layanan yang Anda berikan
  • Unggah video Tanya dan Jawab  dengan pimpinan dan staf perusahaan menggunakan komentar yang diberikan pelanggan atau pengikut media sosial Anda
  • Buat video unboxing untuk menampilkan kedatangan baru dan meningkatkan perhatian untuk produk tertentu
  • Berikan tur terkait dengan kantor perusahaan Anda, fasilitas gudang, dan bangunan perusahaan lainnya
  • Siarkan acara perusahaan melalui fungsi streaming langsung YouTube.
  • Unggah testimonial dari pelanggan
  • Menggabungkan video sorot kantor, seperti video yang menunjukkan dekorasi Natal kantor tahun itu.
  • Wawancarai satu karyawan per bulan tentang pengalaman mereka bekerja di perusahaan Anda dan apa yang mereka sukai tentang budaya, produk, dan / atau layanan Anda
  • Undang YouTuber atau influencer media sosial terkenal untuk berkolaborasi dalam video bersama
  • Iklan pasca-iklan dan video untuk produk dan penjualan mendatang
  • Ubah konten blog Anda menjadi video YouTube – misalnya, Anda dapat mendemonstrasikan ‘3 Cara Top untuk
  • Membersihkan Atap Anda di Musim Dingin’ dalam format video
  • Pemasaran video semakin populer, dan itu tidak akan berubah dalam waktu dekat. Tetap terdepan dengan bergabung dengan jutaan bisnis lain yang telah meluncurkan saluran YouTube untuk basis pelanggan mereka.

Dengan memasukkan praktik terbaik ini, Anda dapat membuat konten pemasaran video yang menarik dan menggiurkan untuk kepentingan perusahaan Anda.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *