Connect with us

Kabar

PWI Peduli dan Foodbank Siap Salurkan Pangan

Published

on

Ketua Umum IKWI Pusat  Indah Kirana memberikan plakat kenang-kenangan kepada Ketua  Yayasan Lumbung Pangan Indonesia Wida Septarina. (ist)

Jayakarta News  –  PWI Peduli siap bersinergi dengan Yayasan Lumbung Pangan Indonesia atau Foodbank of Indonesia. Kerjasama PWI Pusat  dan daerah dengan Lumbung Pangan  di bidang sosial ini bertujuan untuk membantu pemerataan  akses pangan  dan mengurangi  makanan yang terbuang di Indonesia.

Demikian diungkapkan M. Nasir, Ketua PWI Peduli saat berbincang tentang kegiatan sosial di bidang pangan bersama Wida Septarina, Ketua Yayasan Lumbung Pangan Indonesia, di Kantor PWI, Gedung Dewan Pers Lantai 4, Kebon Siri, Jakarta Pusat, Senin (9/9).

Hadir pada acara itu antara lain  para pengurus PWI Peduli dan Ketua Umum Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Pusat Indah Kirana.

Wida Septarina menuturkan, berdasarkan Penelitian yang dilakukan FAO (Food and Agriculture Organization) menyebutkan,  makanan yang terbuang mencapai 1,3 miliar ton per tahun. Dan seperempat dari makanan yang terbuang itu cukup untuk memberi makan 870 juta orang kelaparan di dunia. Ini fakta mengejutkan terkait limbah sampah yang dihasilkan di seluruh dunia.

Di Indonesia, makanan yang terbuang  merupakan permasalahan besar. Misalnya, produksi sampah di Provinsi DKI Jakarta. Menurut Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta, setiap hari terdapat  7.500 ton sampah yang diangkut, dan sekitar 54 persen dari sampah itu adalah sampah makanan yang sudah dikonsumsi maupun  diproduksi.

Disebutkan pula,  Indonesia  menempati urutan kedua di dunia setelah Arab Saudi yang tercatat paling besar membuang makanan, padahal masih banyak yang kelaparan.

Terkait aksi sosial ini, Wida Septarina siap berkolaborasi dengan  PWI Peduli untuk merencanakan  program-program kegiatan sosial lainnya. (ks)

Ketua Umum PWI Pusat Atal S. Depari foto bersama Pengurus PWI Peduli, IKWI dan Ketua Yayasan Lumbung Pangan Indonesia Wida Septarina. (ist)
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *