Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Perusahan yang Bermula dari Garasi ini Kini Nilainya $ 1 Triliun

Published

on

 

DALAM sejarah ekonomi modern, Apple Inc. adalah perusahaan teknologi yang paling berharga dimana nilai kapitalisasi pasarnya mencapai 1 triliun dolar Amerika.

“Apple telah melewati batas psikologis sebanyak satu angka,” kata Brad Stone di Bloomberg Businessweek.

Pekan lalu perusahaan ini, sudah menjadi “bisnis yang paling berharga dalam sejarah modern,” mencapai kapitalisasi pasar sebesar $ 1 triliun, angka yang luar biasa untuk perusahan privat yang  bermula  dari kantor di sebuah  garasi di Silicon Valley. Perusahaan ini diotaki oleh  Steve Jobs dan temannya Steve Wozniak pada tahun 1976.

Dua puluh tahun kemudian, Apple hampir mati. Cover Businessweek 1996 berjudul “”The Fall of an American Icon” (Kejatuhan Ikon Amerika) di halaman sampul serba hitam.

Itu adalah tahun Apple membawa kembali Jobs. Kepergiannya menjadi awal pengenalan iMac, iPod, iPad, dan iPhone dimana  Jobs dan para letnannya “mengabaikan obsesi mereka yang tidak lazim dengan desain dan kemudahan penggunaan menjadi bersejarah.”

Hari ini, di bawah kepemimpinan pengganti Jobs, Tim Cook, penilaian Apple sejalan dengan total output ekonomi Indonesia, ekonomi terbesar ke-16 di dunia; pendapatan tahunannya hampir sama dengan produk domestik bruto Finlandia.

Ini adalah skala perusahaan yang begitu besar, sehingga Apple dapat memperoleh pesaing yang muncul, dan tidak ada pemerintah yang memiliki keinginan untuk mengambilnya.

Semuanya akan berbeda jika bukan karena keberhasilan iPhone dan “era smartphone yang dilahirkannya,” kata Tripp Mickle dan Amrith Ramkumar di The Wall Street Journal.

Kemenangan iPhone —sebanyak 1,4 miliar terjual dan terus bertambah— menyebabkan “ledakan teknologi yang lebih luas yang telah membuat segelintir perusahaan raksasa menjadi pusat kehidupan sehari-hari dan portofolio investasi.”

IPhone mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi dan memberdayakan bisnis iklan seluler raksasa di Google dan Facebook.

Namun para ekonom khawatir bahwa Apple dan saudara-saudaranya “berkontribusi terhadap pertumbuhan upah yang tidak bersemangat, menyusutnya kelas menengah, dan meningkatnya ketimpangan pendapatan di AS,” kata Matt Phillips di The New York Times.

Kenaikan Apple bertepatan dengan “pergeseran besar” dalam “distribusi keuntungan perusahaan di antara perusahaan-perusahaan Amerika.”

Pada tahun 1975, 109 perusahaan membelanjakan setengah dari semua keuntungan yang dihasilkan oleh bisnis yang diperdagangkan secara publik.

Saat ini, hanya 30 perusahaan yang mendapatkan bagian itu. Hanya lima bank yang menguasai hampir setengah dari semua aset dalam sistem keuangan Amerika.

Empat perusahaan menguasai 98 persen pasar nirkabel Amerika. “Konsolidasi menghasilkan keuntungan.” Untuk pasar, itu bagus, hanya “selama keuntungan terus mengalir masuk.”

Cook tidak sesumbar  tentang pencapaian miliaran dolar perusahaannya, kata Guadalupe Gonzalez di Inc. Seperti yang ditulis Cook dalam memo kepada karyawan, hasil finansial “hanya hasil dari inovasi Apple.”

Tetapi, apakah Apple yang berukuran besar ini dapat terus berinovasi? tanya Zachary Karabell di Wired. Ini sangat menguntungkan dan masih terus berkembang, namun “produknya muncul dan pada dasarnya statis.”

Area di mana investasi penelitian dan pengembangan – seperti AI, mobil, robotika, dan suara – sudah dipenuhi dengan “sejumlah pesaing yang sangat banyak dan para pemula yang lapar.”

Pemimpin pasar sebelumnya, seperti Exxon dan IBM, menghasilkan keuntungan besar tetapi akhirnya kehilangan momentum dan dominasi ketika dunia berubah.

Namun, ini adalah masalah pesaing Apple hanya bisa iri. Bahkan jika ternyata $ 1 triliun “berada di atau dekat puncaknya,” Apple akan “masih menjadi salah satu perusahaan paling sukses yang pernah ada di dunia.”

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *