Connect with us

Kabar

Osaka Gelar Karpet Merah untuk Para Pemimpin G20

Published

on

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Osaka untuk menghadiri KTT G20. (Foto: Setneg)

JAYAKARTA NEWS – Kota Osaka Jepang menggelar karpet merah untuk para pemimpin negara-negara G20 guna mengadakan KTT ke-14. KTT Ini akanmemfokuskan bahasan pada isu-isu yang terkait dengan perdagangan, demografi, lingkungan dan ekonomi digital.

Kota terbesar ketiga di Jepang itu akan menjadi tuan rumah bagi pertemuan penting negara-negara G20 yang akan digelar dua hari pada 28-29 Juni.

Persiapan telah berlangsung selama berbulan-bulan untuk acara tersebut, yang bertepatan dengan sengketa perdagangan AS-Cina yang memanas, serta ketegangan yang meningkat di wilayah Teluk, sumber sebagian besar pasokan minyak dunia.

KTT Osaka menjadi pertemuan global yang paling dinanti sejak kepala negara G20 itu bertemu pada November 2008 untuk membahas krisis keuangan global. Obrolan informal antara para pemimpin dan pertemuan sampingan bilateral, akan menarik perhatian dunia.

Bulan lalu, rekomendasi kebijakan yang dikembangkan oleh gugus tugas Jepang diumumkan untuk dipertimbangkan oleh para pemimpin G20 yang akan bertemu di Osaka.

Mereka dimaksudkan untuk memungkinkan negara-negara anggota untuk mengimplementasikan agenda ambisius yang ditetapkan oleh Jepang sebagai presiden G20 yang baru.

KTT ini akan fokus pada empat topik: (1) Mempromosikan pertumbuhan yang kuat, berkelanjutan dan seimbang; (2) penyediaan barang publik dan ketahanan internasional yang lebih besar; (3) digitalisasi ekonomi; dan (4) populasi yang menua.

“Mempertahankan kesinambungan dan koherensi dengan diskusi sebelumnya sangat penting,” kata Koji Tomita, perwakilan pemerintah Jepang untuk KTT G20, dengan merujuk pada pertemuan tahun lalu di ibukota Argentina, Buenos Aires.

“Kami percaya Argentina melakukan pekerjaan yang bagus dalam banyak hal. Osaka akan berlangsung hanya enam bulan setelah KTT Buenos Aires, sehingga kontinuitas akan lebih penting daripada biasanya. Kami ingin menunjukkan dua area spesifik di mana kami ingin memperdalam diskusi yang kami lakukan di Buenos Aires tentang perdagangan. ”

Tomita mengatakan bahwa keraguan tentang manfaat globalisasi, yang dikambinghitamkan terkait dengan gerakan proteksionis di seluruh dunia dan perang tarif antara AS-Cina, tidak akan diizinkan untuk “membajak” diskusi di Osaka. KTT ini akan membahas tema utama bagaimana mereformasi Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Tergantung pada masalah keuangan dan ekonomi global, maka ketua gugus tugas masing-masing negara perlu menggabungkan kombinasi isu-isu regional dan global ke dalam agenda KTT.

Menjelang KTT Osaka, pertemuan tingkat menteri dan konferensi dari delapan kelompok G20 telah menghasilkan sejumlah rekomendasi, ringkasan kebijakan, dan komunike.

“Reformasi WTO adalah tugas yang mendesak, karena jika Anda melihat situasi dengan ekonomi global, jelas bahwa ketegangan perdagangan mulai membebani prospek pertumbuhan,” kata Tomita.

“Masalah ini langsung menuju inti misi G20, yaitu mempertahankan pertumbuhan berkelanjutan.”

KTT akan berlangsung di Intx, Pusat Pameran Internasional Osaka, yang berada di tepi perairan kota Osaka. Untuk pertemuan para pemimpin dunia akan diselenggarakan di daerah Umeda utara kota.

Pejabat prefektur Osaka menjelaskan, bagaimana mereka berencana menampung 30.000 anggota dari 37 delegasi yang berbeda yang diperkirakan akan turun di kota itu menjelang pertemuan puncak.

Ke-13 hotel bintang lima di Osaka diharapkan terisi penuh, tetapi ini tidak berarti kehidupan di kota akan terhenti. Pihak berwenang telah meningkatkan kapasitas transportasi umum untuk memastikan bahwa jalan-jalan bersih untuk lalu lintas VIP selama KTT.***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *