Connect with us

Kuliner

Okonomiyaki, Histori “Soul Food”-nya Kota Hiroshima

Published

on

Okonomiyaki | Foto: Terry Kimura

 

KOTA Hiroshima mungkin bukan nama pertama yang terlintas dalam pikiran  Anda,  berpikir tentang makan di Jepang, tetapi bisa juga ia yang kali pertama menggoda perasaan jiwa kulineri Anda. Kota pesisir ini merupakan  rumah bagi salah satu makanan dengan kenikmatan dan kenyamanan terbaik di dunia. Porsonya besar. Ya, ini adalah okonomiyaki.

Okonomiyaki Hiroshima original dilengkapi dengan  parutan kubis, irisan tipis perut babi (ini tentu tidak cocok untuk Muslim),  dan saus lengket manis yang sama dengan saudara kandungnya yang lebih utara, okonomiyaki bergaya Osaka atau Kansai.

Meskipun secara teknis Anda dapat  lolos dengan memasaknya dengan gaya Osaka,  tapi perlu Anda ketahui versi Hiroshima adalah proposisi yang lebih rumit. (Dan jangan bingung salah satu dari ini dengan “sepupu” Tokyo mereka, monjayaki yang jauh lebih berat.) Crepes, telur, kecambah, babi, kubis, mie (soba atau udon) dan variasi regional seperti gurita dan tiram secara hati-hati dilapisi untuk hidangan Hiroshima.

Karena konstruksi kompleks  dan cara bahan-bahan diperlakukan  di atas panggangan — kebanyakan koki okonomiyaki Hiroshima harus menjalani magang selama bertahun-tahun — Anda tentu tidak ingin untuk  memasaknya sendiri, tetapi kemungkinan besar Anda akan menyaksikan bagaimana si koki  menggolahnya.

Okonomiyaki mulai dikenal pada  awal tahun 1900-an sebagai issen yoshoku— “makanan Barat satu sen”: sebuah krep yang dilengkapi dengan kubis dan kecambah, yang dulu merupakan camilan murah untuk anak-anak sekolah.

Tetapi hidangan yang kita kenal sekarang, memiliki akar di Hiroshima setelah Perang Dunia II, ketika kota itu membangun kembali dirinya sendiri.

Pemanggang Teppan adalah hal termudah untuk dibuat, dan Sekutu membawa persediaan gandum yang berlebih. Hasil: pancake dengan tambalan yang bergizi dan murah. Restoran okonomiyaki pertama dibuka pada 1940-an kemudian, dan dengan cepat menjadi landasan budaya makanan kota.

Patut berterimakasih kepada Otafuku Sauce Co., yang tidak hanya membuat hampir semua saus okonomiyaki (seperti serius, pernah) tetapi memberikan pelatihan bisnis dan dukungan untuk sendi okonomiyaki baru untuk memulai.

Untuk para kutu buku resep makanan di antara kita, Otafuku memulai sebagai perusahaan cuka beras Hiroshima yang berkembang menjadi kecap Inggris setelah Perang Dunia II. Tukang masak Okonomiyaki mengeluh bahwa Worcestershire terlalu pedas dan tipis dan tidak melekat, sehingga perusahaan menebalkannya dengan buah. Dan lo, saus okonomiyaki lahir.

Di mana mencoba okonomiyaki gaya Hiroshima?
Hiroshima memiliki lebih dari 2000 restoran okonomiyaki, tetapi 25 di antaranya terletak di satu bangunan, kuil berlantai empat untuk “makanan jiwa” Okonomimura di Naka-chu, ruang yang ramai, ramah, dan benar-benar tidak pantas yang menyambut Anda dengan dorongan uap yang gurih, ketika Anda mendorong melalui tirai.

Ada sesuatu tentang okonomiyaki yang menenangkan suasana hati buruk yang paling buas sekalipun — Anda tidak bisa tetap tidak senang, ketika Anda memiliki  umami yang renyah dan diselimuti telur di depan Anda.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *