Connect with us

Kuliner

Nikmatnya Soto Mie Betawi Bang Udin

Published

on

Soto mie merupakan salah satu masakan hasil peranakan yang lahir dan berkembang dari akulturasi budaya di masyarakat Betawi serta Tionghoa. Soto mie Betawi cenderung memiliki rasa yang segar dan gurih, dan bahan utamanya adalah daging sapi.

Banyak penjual soto mie Betawi yang terkenal di Jakarta. Salah satunya adalah Soto Betawi Bang Udin yang buka setiap hari di depan Klinik Mata Mayestik Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Soto mie ini memiliki sedikit perbedaan dari soto Betawi pada umumnya, jika soto Betawi tidak menggunakan mie telur, maka soto mie Betawi memakai  mie telur.

Soto mie Betawi  dibuat dengan bahan-bahan utama seperti  daging sapi beserta lemak sapinya. Mie telur yang dibuat lunak dengan direndam air panas, mie putih, irisan kol,irisan risol dan yang suka akan tambah dengan tetelan gajih.

Irisan tomat segar serta kuah yang terbuat dari rebusan tulang dengan lengkuas, daun jeruk, serai serta bumbu rempah lainnya menjadi pelengkap semangkuk soto.

Untuk campurannya biasanya ada emping atau kerupuk putih biasa. Tapi kebanyakan soto hanya diberi bumbu secukupnya, untuk tingkat rasa asam, pembeli menambah sendiri dengan asam cuka. Setiap hari berderet kendaraan yang mampir untuk makan siang di Soto Bang Udin. Kebanyakan  dari mereka adalah kalangan pekerja. ***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *