Connect with us

Entertainment

Nestapa Gemblak, Ketika Subyek Maskulin dan Feminin Harus dalam Satu Tubuh

Published

on

FOURCOLOURS Films  merilis trailer  film “Kucumbu Tubuh Indahku” garapan penulis dan sutradara Garin Nugroho. Video dua menit ini menampilkan gambaran kisah yang dijalani Juno, penari Lengger yang menjadi gemblak seorang warok dalam tradisi klasik penari reog.

Film yang  diproduksi Ifa Isfansyah ini atas kerja sama Fourcolours dengan Go-Studio. Muhammad Khan dan Raditya Evandra, dipilih sebagai aktor utama dengan dukungan pemain antara lain seperti Rianto, Sujiwo Tejo, Teuku Rifnu Wikana, Randy Pangalila, Whani Dharmawan, Endah Laras, Fajar Suharno, dan Windarti.

Menurut sinopsis resmi, film ini berkisah tentang Juno, anak lelaki yang ditinggal ayahnya sendirian di desa mereka di Jawa Tengah. Juno lantas bergabung dengan kelompok tari Lengger, di mana lelaki mengubah penampilan dan gerakan mereka menjadi seperti perempuan.


Namun sensualitas dan seksualitas yang datang dari tarian dan tubuh, ditambah dengan situasi sosial dan politik Indonesia yang kejam, memaksa Juno pindah dari kampung ke kampung.

Dalam perjalanan, Juno mendapat perhatian dan kasih sayang dari guru-guru tarinya,  tantenya yang aneh, pamannya yang tua, petinju tampan, dan seorang Warok.  Celakanya, Juno  harus menghadapi medan tempur tubuhnya seorang diri.

Trailer yang baru saja dirilis ini menunjukkan secuil kisah perjalanan Juno yang kelam. Mulai dari rasa penasaran akan tubuh, kekerasan yang diterima sejak kecil, perpindahan, perjumpaan Juno dengan petinju dan warok, hingga penampilannya sebagai penari bergaya perempuan.

 

Dalam cuplikan dialog, seorang warok, yang diperankan Whani Dharmawan, mengklaim bahwa Juno adalah gemblak miliknya yang tidak boleh disentuh siapapun.

Dalam tradisi reog, gemblak adalah laki-laki yang “dipelihara” warok atau penari reog tunggal sebagai sumber kekuatan supranatural. Konon, ketika sedang “puasa perempuan”, warok tidur dengan gemblaknya sebagai bagian dari ritual tersebut. (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *