Connect with us

Kabar

Natasha Dematra Luncurkan Buku Bikin Film Itu Gampang Edisi Smartphone

Published

on

Visions of Peace Awards, yang menfasilitasi generasi muda untuk menyuarakan perdamaian toleransi melalui cara kreatif, bekerja sama dengan Menara62.com, mengadakan Workshop dan Peluncuran  Buku ‘Bikin Film Itu Gampang’ Edisi Smartphone terbitan Bhuana Ilmu Populer (BIP) dari Grup Gramedia, karya Natasha Dematra. Acara ini diadakan di PP Muhammadiyah, di daerah Menteng, Jakarta. Bikin Film Itu Gampang Edisi Smartphone sendiri merupakan buku yang mengajarkan dasar-dasar pembuatan film menggunakan smartphone.

“Dengan terbitnya buku ini, saya harap dapat menjadi inspirasi buat seluruh generasi terutama yang haus akan ilmu membuat film. Buku ini saya harap dapat menjadi ‘jembatan’ generasi muda untuk menyuarakan keresahan batin mereka akan perdamaian dan toleransi yang kian surut kita lihat di zaman sekarang ini. Buku ini menandai bahwa kemajuan teknologi dapat digunakan untuk hal yang bermanfaat untuk sesama.” ucap gadis berusia 20 tahun tersebut.

Natasha Dematra sendiri, ketika berumur 11 tahun, merupakan peraih rekor dunia MURI dan Royal World Records sebagai Sutradara Perempuan Termuda di Dunia Untuk Film Panjang. Ia juga telah menerima lebih dari 150 penghargaan internasional dan nasional dalam berbagai bidang seperti; Sutradara Pendatang Baru Terbaik dari American Movie Awards, Aktris Terbaik dari Accolade Global Competition, Humanitarian Award dan lain-lain.

Natasha Dematra

Menara62.com mengadakan workshop dan peluncuran buku ini dalam rangka Milad Muhammadiyah yang jatuh pada tanggal 18 November yang ke-109 H / 106 M, juga menjelang Milad Menara62.com yang ke 2 pada tanggal 23 Desember.

Buku ini diterbitkan oleh Bhuana Ilmu Populer (BIP) dari Grup Gramedia. Editor in Chief BIP Deesis Edith Mesiani mengungkapkan, “Penulis buku ini, Natasha, adalah salah satu contoh sineas muda yg berprestasi di kancah nasional maupun internasional. Semoga dengan diterbitkan buku ini akan muncul lebih banyak sineas-sineas, sutradara-sutradara, produser-produser muda yang menghasilkan karya-karya film yang berkualitas karena kini saatnya yg muda untuk tampil dan berkreasi. Dengan demikian perfilman indonesia akan bangkit dan menghasilkan film2 indonesia berkualitas yg tak kalah dengan film luar.”

Visions of Peace Awards adalah ajang pemberian penghargaan yang merupakan sebuah  hasil kerja sama antara Amerika dan Indonesia. Festival ini berfokus kepada generasi muda khususnya umur 6-18 tahun. Festival ini memiliki misi untuk menggunakan cara-cara kreatif seperti film dan cara kreatif lainnya untuk mempromosikan misi perdamaian dan toleransi khususnya di kalangan generasi muda. Salah satu Pendiri Visions of Peace, Budayawan Damien Dematra menegaskan, “bagi institusi dan sekolah-sekolah yang ingin diadakan lomba kreatif untuk perdamaian dan pelatihan pembuatan film seperti ini dapat menghubungi partner kami, Menara 62.Com”.

Lebih dari seratus peserta dari berbagai sekolah dan universitas di Jakarta mengikuti pelatihan dan peluncuran buku tersebut. Kegiatan ini ditutup dengan aksi solidaritas pengumpulan dana untuk Sulawesi Tengah sebagai tanda kepeduliaan bagi sesama anak bangsa yang sedang dilanda bencana. Bahkan sebagian keuntungan dari penjualan buku ini akan disumbang Natasha untuk korban bencana Palu. Visions of Peace akan langsung membawa sumbangan tersebut ke Palu dalam waktu dekat.

Natasha Dematra: Visions of Peace Awards, sebuah lembaga yang memfasilitasi generasi muda untuk menyuarakan perdamaian toleransi melalui cara kreatif, bekerjasama dengan Menara62.com menggelar Workshop dan Peluncuran Buku ‘Bikin Film Itu Gampang Edisi Smartphone’, terbitan Bhuana Ilmu Populer (BIP) dari Grup Gramedia, karya Natasha Dematra, Minggu (7/10). Kegiatan yang digelar di aula Ahmad Dahlan, Gedung PP Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat tersebut diikuti siswa SMP, siswa SMA, mahasiswa, guru, aktivis kemanusiaan dan pekerja seni serta media.

Bikin Film Itu Gampang Edisi Smartphone merupakan buku yang mengajarkan dasar-dasar pembuatan film menggunakan smartphone. Disusun dengan mekanisme dan bahasa yang sederhana, buku ini menjadi panduan mudah bagi para pemula untuk membuat film sendiri, hanya berbekal smartphone di genggaman.

Sutradara Natasha Dematra saat berbicara pada worshop pembuatan film di Kantor PP Muhammadiyah Menteng Jakpus.

“Banyak orang membayangkan untuk membuat sebuah film itu rumit, repot, dan berbiaya mahal. Properti dan alat-alat yang diperlukan pun mahal,” kata Natasha mengawali paparannya.

Padahal membuat film itu mudah. Dengan kecanggihan teknologi, Natasha mengatakan membuat film menjadi semudah foto selfie, atau membuat video-video amatiran. Kuncinya hanya pada teknik pengambilan gambar, pemilihan tema atau cerita, ketepatan mengambil lokasi dengan cerita yang ingin disampaikan serta proses editing yang akan membuat cerita menjadi lebih hidup.

“Jangan berpikir tentang kamera film yang harganya mahal, properti dan artis yang sulit. Lakukan dengan sumber daya yang ada di sekitar kita, dengan smartphone,” jelasnya.

Ia mencontohkan, dalam hal lighting atau tata pencahayaan. Membuat film membutuhkan lampu dengan kekuatan sinar yang tinggi dan terang benderang untuk hasil film yang maksimal. Tetapi ketika masih berpatokan pada pencahayaan lampu yang mahal, maka film tidak akan pernah lahir dari tangan-tangan kita.

“Lakukan dengan sumber pencahayaan yang ada. Bisa gunakan lampu sepeda motor, mobil dan senter. Juga sumber cahaya lainnya,” tukas Natasha.

Dalam buku setebal 134 halaman tersebut Natasha memberikan panduan tentang proses pembuatan film mulai dari persiapan, penentuan obyek, pengambilan gambar hingga editing dan siap tayang. Dengan panduan yang sederhana tersebut, siapapun bisa membuat film. Obyek apapun bisa dibuat difilm dengan hasil yang memuaskan.

“Gunakan pikiran kita, jangan terfokus pada film fiksi. Kita bisa membuat film dokumenter bahkan berita. Ada banyak obyek di sekitar kita,” katanya.

Dengan terbitnya buku Membuat Film Itu Gampang Edisi Smartphone, Natasha berharap dapat menjadi sumber inpsirasi bagi generasi muda terutama yang haus akan ilmu pembuatan film.

“Buku ini saya harap menjadi jembatan generasi muda untuk menyuarakan keresahan batin mereka akan perdamaian dan toleransi yang makin surut di zaman sekarang ini. Buku ini sekaligus menandai bahwa kemajuan teknologi dapat digunakan untuk hal yang bermanfaat bagi sesama,” tegas Natasha.

Natasha Dematra sendiri, ketika berusia 11 tahun merupakan peraih rekor dunia MURI dan Royal World Records sebagai sutradara perempuan termuda di dunia untuk film panjang. Ia juga telah menerima lebih dari 150 penghargaan internasional dan nasional dalam berbagai bidang seperti sutradara pendatang baru terbaik dari American Movie Awards, Aktris Terbaik dari Accolade Global Competition Humanitarian Award dan lain-lain.

Natasha Dematra usai meluncurkan buku Bikin Film Itu Gampang Edisi Smartphone

Sementara itu Pimpinan Redaksi Menara62.com, Imam Prihardiyoko mengatakan workshop tentang pembuatan film menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan Menara62.com untuk mengedukasi generasi muda bagaimana memanfaatkan smartphone dengan baik.

“Ada banyak peluang di sekitar kita dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini. Salah satunya adalah peluang membuat film,” jelasnya.

Dahulu, orang berpikir membuat film itu hanya bisa dilakukan oleh sutradara, produser dan artis-artis papan atas dengan properti yang mahal. Tetapi saat ini siapapun bisa terjun menjadi sutradara, produser sekaligus artis film.

“Pegang smartphone di tangan, berjalanlah, lihat sekitar dan mulailah membuat film,” katanya.

Visions of Peace Awards adalah ajang pemberian penghargaan yang merupakan sebuah hasil kerjasama antara Amerika dan Indonesia. Festival ini berfokus pada generasi muda khususnya umur 6-18 tahun.

Damien Dematra, salah satu pendiri Visions of Peace menuturkan festival ini memiliki misi untuk menggunakan cara-cara kreatif seperti film dan cara kreatif lainnya untuk mempromosikan perdamaian dan toleransi khususnya dikalangan generasi muda.

“Bagi institusi atau sekolah yang ingin mengadakan lomba kreatif untuk perdamaian dan pelatihan pembuatan film dapat menghubungi partner kami Menara62.com,” tutup Damien. (pik)

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *