Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Manfaat dan Tantangan AI bagi Perbankan

Published

on

PENERAPAN artificial  intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dalam  industri perbankan dapat membawa manfaat,  sekaligus menghadirkan tantangan bagi konsumen, bankir dan regulator.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Federal Reserve AS (Fed) Lael Brainard, belum lama ini.  Barinard menyampaikan isu ini saat dia berbicara di acara publik di negara bagian Pennsylvania.

Dia  mencatat bahwa AI dapat membawa cara yang lebih inklusif dalam penilaian kredit, yang dapat menghasilkan harga yang lebih rendah dan proses yang lebih cepat bagi konsumen.

“Bank dan penyedia layanan keuangan lainnya menggunakan AI untuk mengembangkan model penilaian kredit yang memperhitungkan faktor-faktor di luar metrik yang biasa,” kata Brainard.

“Ada minat substansial dalam potensi model-model baru untuk memungkinkan lebih banyak konsumen pada margin dari sistem kredit saat ini untuk meningkatkan reputasi kredit mereka, dengan biaya yang berpotensi lebih rendah,” katanya.

“AI juga memiliki potensi untuk memungkinkan kreditur untuk lebih akurat memodelkan dan risiko harga, dan untuk membawa kecepatan yang lebih besar terhadap keputusan,” kata Brainard.

Sekalipun demikian,  Brainard memperingatkan bahwa pendekatan AI tidak bebas dari bias bagi konsumen. Masalahnya,  ini terkait dengan algoritma dan model mencerminkan tujuan dan perspektif para pengembang.

“Akibatnya, alat-alat AI dapat mencerminkan atau ‘terjadi’ bias masyarakat di mana mereka diciptakan,” kata Brainard.

Untuk perusahaan perbankan yang menggunakan AI sebagai alat baru mereka, Brain mengharapkan  agar  operasi back-office mereka, seperti model canggih untuk optimalisasi modal, model manajemen risiko, stress testing, dan analisis dampak pasar, akan mendapat manfaat dari penggunaan alat AI yang baru.

Dalam pandangan Brainard, pendekatan AI juga bisa diterapkan pada strategi perdagangan dan investasi.  Kemajuan AI juga dapat mengambil beberapa risiko bagi bank dan penyedia layanan keuangan.

Ada pun tantangan penggunaan AI ke depan menurut Brainard, bagaimana memastikan agar dapat membawa ke arah pencegahan penipuan dan cybersecurity, terutama ketika kekuatan AI jatuh ke tangan yang salah.

“Ketersediaan blok bangunan AI yang luas berarti bahwa phisher dan penipu memiliki akses ke teknologi terbaik di kelasnya untuk membangun alat AI yang kuat dan mudah beradaptasi,” kata Brainard.

Ditambahkannya,  sebagian besar serangan phising terhadap konsumen tidak memiliki personalisasi mungkin karena biaya tinggi.  Brainard memperingatkan bahwa alat AI dapat digunakan untuk membuat penipuan internet dan phishing yang sangat personal dengan biaya yang lebih rendah di masa depan.

Menghadapi tantangan baru seperti itu, Brainard mengatakan bahwa lembaga yang diawasi juga akan membutuhkan alat yang sama kuat dan dapat beradaptasi seperti ancaman yang dirancang untuk dihadapi.

“Mungkin AI adalah alat terbaik untuk melawan AI,” kata Brainard.

Brainard juga mencatat bahwa banyak alat dan model AI dapat memberikan analisis, kesimpulan, atau keputusan yang sulit dijelaskan.

“Bergantung pada algoritma apa yang digunakan, mungkin tidak ada seorang pun, termasuk pembuat algoritme, dapat dengan mudah menjelaskan mengapa model menghasilkan hasil seperti itu,” kata Brainard.

Berbicara tentang pandangan regulasi Fed pada pendekatan AI, Brainard mengatakan bahwa AI menghadirkan regulator dengan tanggung jawab untuk bertindak dengan penuh perhatian dan perspektif dalam menjalankan mandat mereka.

“Alat AI harus tunduk pada kontrol yang sesuai,” kata Brainard, “termasuk bagaimana alat AI digunakan dalam praktek dan bukan hanya bagaimana itu dibangun.”***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *