Connect with us

Kabar

Lho, Jaksa Minta Hakim “Segel” Tuntutan untuk Julian Assange

Published

on

Founder Wikileaks, Julian Assange menampakkan diri di balkon Kedutaan Ekuador di London. (foto: istimewa)

 

INI tentang kabar terbaru pendiri WikiLeaks, Julian Assange. Dia rupanya telah didakwa oleh jaksa di Amerika Serikat. Hanya saja, Pak Jaksa konon minta supaya hakim merahasiakan dulu.  Mengapa?

Kabar ini dapat dikatakan sebagai perkembangan  yang cukup signifikan dalam kaitannya dengan upaya memajukan penyelidikan terkait dengan  kasus campur tangan Rusia dalam pemilu presiden 2016, yang berimplikasi besar bagi mereka yang mempublikasikan rahasia pemerintah Amerika.

Hal ini terungkap  dalam pengajuan dalam kasus yang tidak terkait dengan Assange. Asisten Jaksa AS Kellen S. Dwyer, meminta dengan sangat kepada seorang hakim yang menangani hal ini untuk merahasiakannya.

Dia  menulis bahwa “karena kecanggihan terdakwa dan publisitas yang melingkupi kasus ini, tidak ada prosedur lain yang akan menjaga kerahasiaan fakta bahwa Assange telah dituntut. ” Kemudian, Dwyer menulis tuduhan itu akan “perlu tetap dirahasiakan sampai Assange ditangkap.”

Dwyer juga ditugaskan menangani  kasus WikiLeaks. Orang-orang yang akrab dengan masalah tersebut mengatakan apa yang diungkapkan oleh Dwyer adalah benar, tetapi tidak disengaja.

Joshua Stueve, juru bicara kantor pengacara AS di Distrik Timur Virginia, mengatakan bahwa, “Pengajuan pengadilan dibuat salah. Itu bukan nama yang dimaksudkan untuk pengarsipan ini. ”

Seorang juru bicara FBI yang dimintai komentarnya menolak menanggapi hal ini.

Jaksa federal di Distrik Timur Virginia telah lama menyelidiki Assange dan, dalam pemerintahan Presiden Donald Trump, telah mulai mengambil pandangan kedua apakah akan membebankan  organisasi WikiLeaks terkait dengan  kebocoran kawat  diplomatik 2010 dan dokumen militer yang anti-kerahasiaan grup dipublikasikan.

Penyidik  juga telah menyelidiki apakah WikiLeaks dapat menghadapi pertanggungjawaban kriminal untuk penyataan terbaru cybertools CIA yang sensitif.

Penasihat khusus Robert S. Mueller III juga telah menjelajahi publikasi WikiLeaks tentang email dari Komite Nasional Demokrat dan akun ketua kampanye  Hillary Clinton, John D. Podesta. Para pejabat menuduh bahwa surel itu diretas oleh mata-mata Rusia dan ditransfer ke WikiLeaks.

Mueller juga telah menjelajahi, antara lain, komunikasi antara kelompok dan rekan-rekan Presiden Trump, termasuk  Roger Stone dan komentator dan teori konspirasi, Jerome Corsi.

Pada bulan Juli, kantor Mueller menuduh 12 mata-mata militer Rusia dengan bersekongkol untuk meretas komputer DNC, mencuri data organisasi dan mempublikasikan file-file itu dalam upaya mengganggu pemilihan, dan merujuk dalam dakwaan ke WikiLeaks, yang digambarkan hanya sebagai “Organization 1,” sebagai platform yang digunakan orang Rusia untuk melepaskan email yang dicuri.

Seorang juru bicara kantor penasihat khusus saat dimintai pandangannya menolak berkomentar.

Tidak begitu jelas apa tuduhan yang akan dihadapi Assange. Di masa lalu, jaksa telah mempertimbangkan  tuntutan dikaitkan dengan konspirasi, pencurian properti pemerintah atau melanggar Undang-Undang Spionase. Tetapi apakah untuk menuntut  pendiri WikiLeaks itu hampir tidak mungkin diambil kesimpulan sebelumnya.

Dalam pemerintahan Obama, Departemen Kehakiman telah menyimpulkan bahwa mengejar Assange akan sama dengan menuntut organisasi pemberitaan. Namun, dalam pemerintahan  Trump, Jaksa Agung Jeff Sessions telah mengambil sikap yang lebih agresif dan bersumpah untuk menindak semua kebocoran pemerintah.

Barry J. Pollack, salah satu pengacara Assange, berkata, “Satu-satunya hal yang lebih tidak bertanggung jawab daripada menuntut seseorang karena mempublikasikan informasi yang benar adalah dengan memasukkan informasi pengarsipan publik yang jelas tidak dimaksudkan untuk publik dan tanpa pemberitahuan kepada Pak Assange. Jelas, saya tidak tahu apakah dia sebenarnya telah dituntut atau untuk apa, tetapi gagasan bahwa tuntutan pidana federal dapat diajukan berdasarkan publikasi informasi yang benar adalah preseden yang sangat berbahaya untuk ditetapkan. ”

Pengajuan di Distrik Timur Virginia itu dilakukan pada 22 Agustus dalam kasus yang menggabungkan keamanan nasional dan perdagangan seks. Seitu Sulayman Kokayi, 29, didakwa  memikat seorang gadis berusia 15 tahun untuk berhubungan seks dengannya dan mengiriminya gambar-gambar porno tentang dirinya. Namun dia ditahan sebagian karena dia “memiliki minat substansial dalam tindakan teroris,” demikian menurut dakwaan yang disampaikan ke  pengadilan.

Ayah mertuanya, menurut dakwaan itu, telah dihukum karena tindakan teroris. Kasus ini melibatkan informasi rahasia sebelumnya, sesuai dengan pengajuan pemerintah, dan jaksa berencana untuk menggunakan informasi yang diperoleh berdasarkan Undang-Undang Pengawasan Intelijen Asing. Kokayi didakwa minggu lalu dan direncanakan akan diseret Jumat pagi.

Ketika  pertama kali mencari suaka di kedutaan, Assange  menghadapi kemungkinan ekstradisi ke Swedia dalam kasus kejahatan seks. Dia berpendapat bahwa kasus itu adalah dalih untuk apa yang dia prediksi akan ditangkap dan diekstradisi ke Amerika Serikat.

Pada tahun-tahun sesudahnya, kasus di Swedia telah ditutup, tetapi Assange mengatakan dia tidak dapat mengambil resiko meninggalkan kedutaan tempat dua berlindung, karena Amerika Serikat akan mencoba untuk menangkapnya dan diekstradisi untuk pengungkapan rahasia pemerintah AS. Sepanjang waktu itu, Amerika Serikat menolak untuk mengatakan apakah ada tuduhan yang dirahasiakan terhadap Assange.

Jika Assange meninggalkan kedutaan dan ditangkap oleh otoritas Inggris, dia kemungkinan akan tetap melawan ekstradisi di pengadilan Inggris.***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *