Connect with us

Traveling

Kemenpar Kembangkan Potensi Aek Silang

Published

on

Nama Aek Silang bakal lebih terkenal. Sungai di Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, ini akan dikemas sebagai salah satu atraksi wisata di Danau Toba. Selama ini, Aek Silang hanya dimanfaatkan untuk olahraga arung jeram.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Aek Silang memiliki potensi luar biasa. Potensinya sayang jika dibiarkan begitu saja.

“Lokasi arung jeram ini sangat unik. Finish-nya di Danau Toba. Bukan di tengah sungai seperti di tempat lain. Jadi ini satu-satunya di dunia, arung jeram yang finish di sebuah danau,” ungkapnya.

 

Kecamatan Baktiraja sendiri berada di Lembah Bakkara. Sudah lama dikenal sebagai tempat kelahiran dan basis pemerintahan Raja Sisingamangaraja. Tak heran, banyak situs peninggalan Raja Sisingamangaraja yang ditemukan. Seperti Istana Sisingamangaraja, Tombak Sulu Sulu sebagai goa tempat kelahiran Raja Sisingamangaraja I, serta makam raja ke-X dan XI.

Menurut Arief Yahya, Aek Silang sudah lama dikenal sebagai lokasi arung jeram. Sering pula digunakan untuk perlombaan atlet profesional. Pertandingan eksibisi pun kerap dilakukan di sini.

“Selama ini Aek Silang belum masuk dalam paket wisata. Padahal, ini bisa dikemas dan ditawarkan sebagai atraksi paket wisata untuk wisatawan,” jelasnya.

Untuk itu, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendorong adanya operator arung jeram di Baktiraja. Tahap awal, saat ini sedang digelar Workshop Pelatihan Pemandu Arung Jeram. Kegiatan ini dimulai pada 3 November lalu, dan berakhir tanggal 10 November 2018. “Dengan adanya pelatihan ini, para pemuda Baktiraja dapat menjadi operator wisata arung jeram,” tandasnya.

Sementara itu, Asdep Pengembangan Destinasi Regional I Lokot Ahmad Enda menambahkan, Kementerian Pariwisata sudah memberikan dukungan homestay di Baktiraja. Wisatawan sudah bisa menginap di homestay milik penduduk. Penghasilan warga pun jadi bertambah.

Hal senada disampaikan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Dadang Rizki Ratman. Menurutnya, arung jeram Aek Silang semakin memperkuat Danau Toba. Makin banyak atraksi wisata yang bisa dinikmati. Tak hanya sebatas pemandangan Danau Toba yang indah.

“Kini wisatawan bisa merasakan sensasi arung jeram di Aek Silang dengan latar belakang pegunungan, persawahan, kebun bawang, dan finish di Danau Toba. Itu sangat luar biasa,” tegasnya. (monang s)