Connect with us

Kabar

Kata Terakhir JFK kepada Istrinya Sebelum Meninggal

Published

on

KISAH  cinta antara John F. Kennedy dan istrinya, Jackie, jauh dari sempurna. Secara tragis   pada tahun 1963 bahkan dipotong paksa oleh peluru penembak jitu.

Namun demikian, klisah cinta mereka  justru bertahan sebagai salah satu roman hebat Amerika, didokumentasikan dalam foto-foto nostalgia yang manis. Dan satu alasan untuk itu mungkin adalah, bagaimana   saat-saat terakhirnya, dan epilog mereka, dimainkan.

Pada 22 November 1963, Presiden John F. Kennedy duduk di samping istrinya yang berpakaian rapi, yang mengenakan pakaian seperti Chanel berwarna merah muda dan topi kotak-kotak yang cocok dan memegang setangkai mawar merah yang telah diberikan  kepadanya oleh para penggemar yang memujanya.

Mereka duduk di kursi belakang sedan kontinental Lincoln convertible  1961 biru tua dengan John Connally, Gubernur Texas dan istrinya, Nellie. Jack melambaikan tangan ke arah kerumunan yang telah berkumpul untuk menyaksikan iring-iringan mobil kepresidenan melaju melalui jalan-jalan di Dallas.

Dan kemudian muncul saat kebingungan. Ketika iring-iringan mobil melewati Texas School Book Depository di Elm Street, sebuah suara keras — seperti suara petasan atau mobil melesat — memecahkan udara.

Vinyet: Presiden Kennedy merosot ke depan. Jackie memeluknya. Kemudian ledakan keras lainnya, dan lain, dan Jackie tiba-tiba merangkak keluar ke bagasi sedan Lincoln. Dia sepertinya mencari sesuatu.

Raut wajah suaminya setelah  ditembak akan menghantui Jackie selama sisa hidupnya. Seperti kata  Christopher Anderson’s dalam “These Few Precious Days: The Final Year of Jack with Jackie.”

Dia tampak bingung, ketika The Mirror mendeskripsikannya. Kata-kata terakhir yang dia katakan kepadanya adalah, “Aku mencintaimu, Jack.

Aku mencintaimu, “menurut Anderson, meskipun Jackie sendiri mengingatnya sedikit berbeda dalam wawancara tahun 1963, seperti dilansir New York Daily News.

Sepanjang perjalanan ke Parkland Hospital, di mana Presiden Kennedy akhirnya dinyatakan meninggal, ketika dia mengingatnya, dia membungkuk di atasnya, dia bertanya “Jack, Jack, bisakah kau mendengarku? Aku cinta kamu.”

Kata-kata terakhir Jack Kennedy kepada istrinya selama 10 tahun jauh lebih duniawi, tentu saja. Dia tidak tahu apa yang akan terjadi. Telah dilaporkan bahwa kata-kata terakhir Jack adalah, “Ya Tuhan, saya telah ditembak,” tetapi para dokter mengatakan ini tidak mungkin diberikan, karena cedera Jack.

Nah, sejarawan kini telah mengklarifikasi bahwa kata-kata terakhir yang diucapkan Jack sebelum tembakan fatal adalah, “Tidak, Anda pasti tidak bisa.”

Tidak, tentu Anda tidak bisa?

 

 

Presiden John F. Kennedy dan first lady Jackie Kennedy duduk di mobil di depan Blair House, 3 Mei 1961.

Dia membuat obrolan kecil di dalam mobil. “Anda tentu tidak dapat mengatakan bahwa orang-orang di Dallas tidak memberi Anda sambutan yang bagus,” istri Gubernur Texas baru saja memberi tahu Jack, mengacu pada kerumunan besar yang memujanya.

“Tidak, Anda tentu tidak bisa,” jawab Jack, milidetik sebelum peluru dari Lee Harvey Oswald ditembakkan.

Presiden Amerika itu masih hidup ketika dia dirawat di rumah sakit kurang dari 10 menit kemudian, dan Jackie tidak meninggalkan sisinya atau menanggalkan pakaian yang sekarang berlumuran darah dan berceceran dengan jaringan otak.

Di rumah sakit, ketika Ladybird Johnson bertanya pada Jackie apakah dia ingin mengganti pakaian Chanel merah darah, Jackie menolak, mengatakan: “Saya ingin mereka melihat apa yang telah mereka lakukan terhadap Jack.”

John F. Kennedy tidak pernah berbicara sepatah kata pun setelah hari yang menentukan itu, tetapi banyak hal yang dia katakan selama masa hidupnya bertahan dan sangat inspiratif.

 

Kini, kita dapat kutipan kata bijak dar John F. Kennedy  yang dapat menginspirasi kita semua untuk menjadi orang yang lebih baik.

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *