Connect with us

Kabar

Jumat, Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadhan

Published

on

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1438H, di  Kantor Kementerian Agama Jalan M.H. Thamrin Nomor 6 Jakarta, pada Jumat (26/5/2017)  sekitar pukul 17.00 WIB. Sidang isbat ini akan dihadiri pimpinan ormas Islam, Ketua MUI, Ketua Komisi VIII DPR RI, perwakilan dari 22 negara-negara sahabat, dan sejumlah tokoh Islam.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais) Kementerian Agama, M. Thambrin menjelaskan, untuk menentukan awal Ramadhan tersebut, Kementerian Agama akan melakukan pemantauan hilal di 77 titik di seluruh Nusantara.

“Hasil pemantauan hilang di 77 titik itu akan dilaporkan pada sesi pra sidang isbat oleh anggota tim hisab rukyat Kementerian Agama,” jelas Thambrin.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, M. Thambrin.

Menurut Thambrin, sidang isbat akan diawali dengan sesi pra sidang berupa pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1438H oleh anggota tim hisab rukyat Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya pada pukul 17.00 WIB.

Setelah shalat Magrib berjamaah, dilanjutkan sidang isbat dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dilanjutkan dengan laporan data hisab dan pelaksanaan rukyatul hilal oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais).

“Selanjutnya, hasil sidang isbat akan disampaikan kepada masyarakat melalui konferensi pers,” pungkas Thambrin. ***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *