Connect with us

Entertainment

JPRUTT: “Bengkokkan Sedikit Telunjukmu Kalau Mencari Kambing Hitam”

Published

on

Setelah sukses tertawai diri sendiri  di Bentara Budaya, Teater Mandiri  kembali mementaskan JPRUTT di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki (TIM) pada 28 dan 29  April 2018.  Kompilasi dari drama pendek ini kerap  diselenggarakan dalam rangkaian peringatan Kemerdekaan RI sekaligus HUT-nya  Teater Mandiri.

Dikisahkan, Lakon JPRUTT ini diangkat dari 5 drama pendek (drapen) karya Putu Wijaya, dengan total durasi 90 menit. Kelima drapen tersebut termuat di dalam buku ‘’Seratus Drapen’’ karya Putu Wijaya yang diterbitkan untuk dihibahkan ke sekolah-sekolah.

Lima drapen tersebut membangun sebuah komedi berdurasi 90 menit. Memaparkan betapa opini selalu tak bergigi bila diucapkan  warga  sendiri. Barulah kalau dilontarkan  orang asing, menjadi penting dan dihargai. Menjelang peringatan usia kemerdekaan yang ke-73, Ami,  putri Pak Amat, tokoh sentral JPRUTT berkata: “Bengkokkan sedikit telunjukmu kalau mencari kambing hitam, supaya tepat menunjuk ke arah hidungmu sendiri.”

Apakah pernyataan itu diam-diam mengandung kebencian kepada  orang asing (Barat)? Apakah itu luapan emosional dendam “Timur” yang sempat jadi koloni/jajahan Barat hingga kalap “menghitamkan” segala yang “putih”? Mari simak JPRUTT yang mengajak berusaha penonton menikmati betapa asyiknya menertawai diri sendiri.

JPRUTT didukung  Niniek L. Karim, Jose Rizal Manua, Bambang ismantoro, Laila Ulil, Ari Sumitro, Rukoyah, Lela Lubis, dan Penny Muhaji. JPRUTT yang disutradarai  Putu Wijaya, ini merupakan pertunjukan kerja sama Teater Mandiri dan Bakti Budaya Djarum Foundation yang juga mempersembahkan penerbitan buku hibah ‘’Seratus Drapen’’ dan Lomba Penampilan Drapen.  Peluncuran buku hibah dan Lomba Penampilan Drapen telah berlangsung pada 10,11,12 April lalu di Galeri Indonesia Kaya dengan peserta dari Jakarta, Malang, Surabaya, Jogjakarta, Riau, Aceh, Tegal, Palu, Serang, Bekasi, Depok, dan Bogor.***

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *