Connect with us

Entertainment

Joko Anwar Umumkan Proyek  Terbaru ‘Gundala’

Published

on

JOKO Anwar mengumumkan proyek film terbarunya berjudul Gundala pada Rabu (4/4) ini. Film yang menjadi proyek ketujuhnya usai Pengabdi Setan itu diumumkannya melalui media sosial Twitter.

“Petualangan baru. Film ketujuh saya. Mohon doa restu, teman-teman. Gundala,” cuit Joko seraya menyertakan poster film. Tentang pemeran-pemerannya, Jokan belum bisa menyebutkan nama-namanya. “Lagi digodog oleh kami,” kata Joko.

Dalam posternya, film itu digarap Joko di bawah naungan rumah produksi Screenplay Films, Bumilangit Studios, dan Legacy Pictures.

Gundala merupakan karakter ikonis ciptaan Hasmi yang muncul pertama kali dalam komik Gundala Putra Petir pada 1969.

Komik bergenre fantasi ini sangat dipengaruhi oleh cerita pahlawan super Amerika Serikat untuk desain dan jenis kekuatan, yakni The Flash ciptaan Gardner Fox dari DC Comics.

Joko Anwar

Pada 2005 silam, dalam sebuah wawancara, Hasmi pernah menyebut bahwa ide kekuatan Gundala yang berupa petir didapatnya dari tokoh legenda Jawa, Ki Ageng Sela, yang diceritakan bisa menangkap petir.

Hasmi mengambil latar tempat di Yogyakarta dan kearifan Indonesia di alur ceritanya untuk komik Gundala. Namun, film Gundala Putra Petir (1982) yang disutradarai Lilik Sudjio berlatar di Jakarta. Film ini dibintangi oleh Teddy Purba, Ami Prijono dan W.D. Mochtar.

Sebelumnya, Joko sukses menggarap film Pengabdi Setan yang diadaptasi dari karya berjudul sama garapan Sisworo Gautama Putra pada 1980.

Film tersebut berhasil menjadi film terlaris 2017 dengan mendapat lebih dari 4,2 juta penonton. Kini, film tersebut tengah melanglangbuana dan tayang di sejumlah negara di dunia.

Selain Pengabdi Setan, Joko pun telah dikenal melahirkan sejumlah karya seperti Janji Joni(2005), Kala (2007), Pintu Terlarang (2009), Modus Anomali (2012), dan A Copy of My Mind(2015). ***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *