Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Jelang Pertemuan Washington – Beijing, AS Dakwa Perusahaan China Langgar Pidana

Published

on

Sejumlah warga Beijing berjalan di depan gerai Huawei.

 

AMERIKA  Serikat mendakwaan Huawei Technologies Co Ltd China berkonspirasi (bersekongkol) untuk melanggar sanksi yang dijatuhkan Washington terhadap Iran dengan berhubungan bisnis dengan Teheran.

Langkah AS ini makin meningkatkan ketegangan antara Beijing dan Washington yang dalam waktu dekat ini diagendakan untuk melakukan pembicaraan terkait dengan perang dagang kedua raksana ekonomi dunia itu.

Departemen Kehakiman menuduh Huawei dan kepala keuangannya, Meng Wanzhou, berkonspirasi untuk melanggar sanksi AS terhadap Iran dengan menggunakan anak perusahaan Huawei, yang tampaknya mereka coba sembunyikan.

Dalam kasus terpisah, Departemen Kehakiman juga menuding  Huawei telah mencuri teknologi robot dari perusahaan telekomunikasi Amerika, T-Mobile, dimana keduaperusahaan itu telah menyelesaikan perselisihan mereka pada tahun 2017.

Sebuah kamera pengintai (CCTV) tampak terpasang dengan latar belakang tulisan Huawei, di Beijing.

 

Meng, yang adalah putri pendiri Huawei, ditangkap di Vancouver pada 1 Desember 2018. Tiongkok kemudian melakukan aksi sejenis dengan menangkap dua orang Kanada, dengan alasan keamanan nasional.

Meng, yang menggunakan jaminan tetap dalam pantauan AS,  rencananya akan memberikan keterangan di Pengadilan Kanada pada hari Selasa (waktu setempat), untuk membahas perubahan persyaratan jaminannya, demikian informasi dari Mahkamah Agung British Columbia State.

Menurut laporan lembaga penyiaran publik CBC  Kanada,  Kanada telah menerima permintaan ekstradisi formal.

Kementerian Luar Negeri China menyatakan “keprihatinan besar” tentang tuduhan itu dan mendesak Washington untuk membatalkan surat penangkapan dan mengakhiri “penindasan yang tidak masuk akal” terhadap perusahaan-perusahaan China.

Huawei sendiri belum memberikan komentar atas pemberitaan kasus ini.

 

Tuduhan Terpisah

Menteri  Perdagangan A.S. Wilbur Ross mengatakan, bahwa  tuduhan itu “sepenuhnya terpisah” dari negosiasi perdagangan. Namun perkembangan itu kemungkinan akan mengganggu pembicaraan tingkat tinggi antara Beijing dan Washington minggu ini sebagai bagian dari negosiasi yang dimaksudkan untuk mengurangi ketegangan perdagangan antara dua ekonomi terbesar di dunia.

 

Jaksa Agung AS, Matthew Whitaker berbicara diapit oleh Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross (kiri) dan Direktur FBI Chistoper Wrat (kanan) saat konferensi pers untuk mengumumkan andictments terhadap Huawei Technology Co Ltd, beberapa anak perusahaan dan kepala keuangannya Meng Wanzhou di Departemen Kehakiman di Washington, 28 Januari 2019.

Menurut prosedur hukum Kanada, Menteri Kehakimannya memiliki waktu 30 hari sejak diterimanya permintaan ekstradisi untuk memutuskan apakah akan mengeluarkan wewenang untuk melanjutkan atau tidak. Jika ia mengabulkannya, maka kasus Meng akan dikirim ke Mahkamah Agung British Columbia untuk sidang ekstradisi, yang bisa memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Otoritas AS menuduh Meng memainkan peran utama dalam skema untuk menggunakan anak perusahaan untuk melakukan bisnis di Iran yang melanggar sanksi A.S. terhadap Teheran,  Meng mengatakan dia tidak bersalah.

 

Masalah Huawei 
Produk Huawei,  termasuk stasiun pangkalan, sakelar dan router, memperoleh hampir setengah dari total pendapatannya di luar China.

Namun, pemerintah  Trump berusaha mencegah perusahaan Amerika membeli peralatan produksi Huawei dan mendesak sekutu untuk melakukan hal yang sama. Pakar keamanan AS khawatir bahwa peralatan itu dapat digunakan untuk memata-matai AS.

Pendirinya, Ren Zhengfei, menyangkal produk Huawei akan digunakan oleh pemerintah China untuk memata-matai.

Berita tentang tuduhan terhadap Huawei dan Meng menandai pukulan serius terhadap ambisi global perusahaan. Ia telah berjuang melawan masalah keamanan yang menumpuk karena pemerintah Barat termasuk Australia dan Selandia Baru mengikuti jejak A.S. dalam membatasi akses pasarnya selama setahun terakhir.

Huawei adalah penyedia teknologi 5G terkemuka di dunia. Perusahaan ini  memenangkan 30 kontrak 5G secara global – lebih banyak daripada pesaingnya – termasuk 18 di Eropa, tiga di Asia-Pasifik dan sembilan di Timur Tengah.

Tidak jelas bagaimana biaya A.S. akan berdampak pada bisnis Huawei. Rekan China ZTE Corp, yang dituduh serupa, ditampar dengan larangan rantai pasokan yang menghancurkan tahun lalu yang mencegahnya membeli komponen-komponen penting dari perusahaan A.S.

ZTE hanya melanjutkan bisnis normal setelah membayar denda hingga $ 1,4 miliar dan mengganti seluruh dewan, di atas denda hampir $ 900 juta yang dibayarkan pada tahun 2017.***

 

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *