Connect with us

Kesehatan

Jauhkan ‘Cotton Bud’ dari Telinga!

Published

on

KITA tentu menyadari bahwa menjaga kebersihan telinga sangat penting dilakukan. Tapi jangan terlalu sering membersihkan telinga dengan ‘cotton bud’.

Menurut para ahli, kebiasan ini dapat menyebabkan cedera pada telinga dan membuang kotoran yang ternyata memiliki manfaat. Adanya kotoran dalam telinga tak selalu berarti jorok, karena kotoran telinga mengandung sifat anti bakteri yang dapat mencegah beberapa jenis infeksi.

Bahkan, kotoran telinga juga bisa mengusir serangga yang mungkin tertarik menyusup ke dalam lubang telinga Anda. Kotoran telinga juga dapat menjadi pelumas rongga dalam indra pendengaran ini agar tak kering dan gatal.

Lalu apa jadinya jika Anda membuang kotoran telinga dengan menggunakan ‘cotton bud’? Hal ini bisa membuat gendang telinga Anda pecah yang memicu gangguan pendengaran.

Padahal, telinga kita memiliki kemampuan membuang kotoran telinga dengan sendirinya. Gerakan otot di wajah membantu telinga mengeluarkan kotoran telinga dalam bentuk cairan.

Begitu pula ketika Anda menguap, berbicara atau tertawa, maka seketika itu pula kotoran dalam telinga Anda dikeluarkan. Jadi, ada alasan untuk tak membersihkan telinga terlalu sering dengan ‘cotton bud’ ya! ***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *