Connect with us

Kabar

JAS & AP I Sinergi Tangani Ekspor 60 Ribu Ekor Domba Ke Malaysia

Published

on

Dukung Peningkatan Ekspor, JAS & AP I Sinergi Tangani Ekspor 60 Ribu Ekor Domba Ke Malaysia–istimewa

JAS Airport Services selesai menangani pengiriman perdana ternak domba potong yang diekspor oleh PT. Inkopmar Cahaya Buana ke negara Malaysia, di Instalasi Karantina Hewan Tendes, Surabaya. Ini merupakan kerjasama antara PT Angkasa Pura I dan JAS Airport Servis demi mendukung peningkatan ekspor.

Saat ini pemerintah memang terus berupaya meningkatkan ekspor berbagai komoditas strategis pertanian termasuk komoditas peternakan. Ekspor domba jantan sebanyak 1,093 Ekor kambing seberat 34,404 ton diperuntukkan sebagai ternak potong dengan Malaysia membutuhkan 5.000 ekor domba setiap bulannya atau 60.000 ekor per tahun.

Ternak domba ini diangkut oleh pesawat MASkargo dari Bandara Djuanda Intl Airport, dengan ground handling JAS Airport Services yang menangani seluruh proses ekspor mulai dari mengatur kandang, menimbang kandang dan domba, serta pengurusan dokumennya.

Muhammad Fachrul selaku station manager cabang Surabaya mengungkapkan bahwa kesuksesan JAS dalam menangani ekspor ternak ke Malaysia ini tidak terjadi begitu saja, melainkan mendapat dukungan penuh dari Angkasa Pura 1. “Bersama dengan JAS, AP I turut dalam koordinasi, pengawalan, serta menfasilitasi proses acceptance agar lebih cepat prosesnya,” katanya.

Adapun tahapan dalam proses penanganan ekspor kambing adalah sehari sebelum keberangkatan, dilakukan proses netting (merajut) kandang dengan net dan strapping (mengikat) ke pallet agar kondisi kandang lebih kuat. Pada proses acceptance (penerimaan), alat angkut kargo (hi-loader) disediakan untuk membantu mempercepat proses memasukkan kambing ke dalam kandang yang telah dirajut.

Kemudian, menimbang berat kambing beserta kandangnya, memastikan pintu kandang terkunci dan aman untuk pergerakan / loading pallet ke pesawat serta menempatkan kambing di area yang teduh agar kambing tidak kepanasan dan stress.***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *