Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Italia Daftar Masuk Program BRI yang Diinisiasi Cina

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Italia memastikan dirinya menjadi negara pertama dari kelompok negara industri maju (G-7) yang mendaftarkan dirinya untuk bekerjasama dalam program yang diinisiasi Cina, Belt and Road Initiative (BRI).

Momen bersejarah ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antar pemerintah Cina dan Italia yang dihadiri oleh
Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte. MoU itu terkait dengan pembangunan bersama Belt and Road. Penandatanganan dilakukan setelah kedua pemimpin itu mengadakan pembicaraan di Roma pada hari Sabtu selama kunjungan kenegaraan pemimpin Tiongkok ke negara itu.

Kedua belah pihak menyadari potensi besar BRI dalam mempromosikan pentingnya konektivitas dan siap untuk memperkuat keselarasan BRI dan Jaringan Transportasi Trans-Eropa dalam memperdalam kerja sama di pelabuhan, logistik, transportasi laut dan daerah lainnya, menurut sebuah komunike bersama yang dikeluarkan oleh dua negara.

Presiden Cina Xi Jinping dan Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengadakan pembicaraan kerjasama bilateral yang di antaranya keduanya sepakat untuk berkerjasama dalam program BRI. (Foto: BRI)

Selama pembicaraannya dengan Conte, Xi mengatakan status sejarah Tiongkok dan Italia sebagai negara di kedua ujung Jalan Sutra kuno membuatnya alami bagi mereka untuk bekerja sama membangun Sabuk dan Jalan.

Kedua negara memutuskan untuk menandatangani MOU tersebut sebagai kesempatan untuk menghubungkan BRI dengan rencana pembangunan Italia sendiri, termasuk membangun pelabuhan di Italia utara dan berinvestasi di negara itu, kata Xi.

Xi menyerukan, bahwa peningkatan kerja sama bilateral di bidang-bidang prioritas seperti teknologi ruang, infrastruktur, transportasi, energi dan perlindungan lingkungan, dan juga mendesak perluasan kerja sama di pasar pihak ketiga.

Conte mengatakan dia menganggap partisipasi dalam BRI sebagai peluang bersejarah bagi Italia, dan percaya langkah itu akan membantu kedua negara memanfaatkan potensi yang lebih besar untuk kerja sama bilateral.

Perdana menteri Italia mengatakanm, bahwa ia berencana untuk menghadiri Forum BRI kedua untuk Kerjasama Internasional, yang akan diadakan di Beijing bulan depan.

Ekonom Italia dan pakar Cina Michele Geraci memuji MOU yang ditandatangani antara kedua negara sebagai “win-win-win untuk Italia, seluruh Eropa dan Cina”. Dia percaya bahwa akan lebih banyak negara Eropa yang akan mengikuti jejak Italia dan mendaftar untuk terlibat dalam inisiatif.

Geraci mengingat kembali kekhawatiran yang diungkapkan Amerika Serikat pada tahun 2015 ketika Inggris mencoba bergabung dengan Asian Infrastructure Investment Bank, sebuah lembaga keuangan multilateral yang diinisiasi China, dan mengatakan bahwa hanya ketika negara-negara Eropa lainnya mendaftar, kekhawatiran itu mulai menghilang. .

“Saya berharap hal yang sama terjadi sekarang (tentang BRI),” katanya.

Sun Zhaolong, seorang peneliti di Akademi China Kontemporer dan Studi Global, menulis dalam sebuah artikel bahwa keterlibatan Italia dalam BRI akan memainkan peran yang patut dicontoh dalam menarik lebih banyak negara ke platform untuk kerjasama internasional sementara menghilangkan kekhawatiran beberapa negara atas inisiatif tersebut.

Mantan Perdana Menteri Italia Romano Prodi juga mengatakan dalam sebuah wawancara dengan China News Service bahwa Italia bisa menjadi protagonis dalam kerja sama Belt and Road dengan China.

Selama pembicaraan mereka, Xi dan Conte juga sepakat bahwa kedua negara harus bersama-sama menegakkan multilateralisme, mempromosikan perdagangan bebas dan ikatan semen antara Cina dan Uni Eropa.

Kedua negara harus bekerja sama untuk mempromosikan perdagangan bebas dan memfasilitasi investasi, terus meningkatkan komunikasi tentang isu-isu global utama, membantu mendorong reformasi Organisasi Perdagangan Dunia, memerangi perubahan iklim, melindungi pemerintahan global dan bersama-sama menegakkan multilateralisme, kata Xi.

Conte menyebut kunjungan Xi ke Italia sangat penting, dan mengatakan akan membawa hubungan bilateral ke tingkat yang lebih tinggi.

Dia mengatakan Italia dengan tegas mendukung multilateralisme dan perdagangan bebas, dan negaranya ingin meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan China untuk mempromosikan pembangunan hubungan UE-Cina yang sehat dan stabil.

Selama kunjungannya ke Italia, Xi juga mengadakan pertemuan terpisah dengan anggota Dewan Perwakilan Italia Roberto Fico dan Presiden Senat Italia Maria Elisabetta Alberti Casellati, dan berjanji untuk memperkuat pertukaran legislatif dan kerja sama antara kedua pihak.***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *