Connect with us

Feature

Indonesia Digempur Tsunami Sejak Berabad-abad Lalu

Published

on

INDONESIA adalah salah satu negara yang paling rawan bencana di dunia, dilanda tsunami yang dipicu oleh gempa teknotik maupun letusan gunung berapi.

Sabtu malam tanggal 23 Desember 2018, adalah di antara tsunami  di Indonenesi  yang meninggalkan jejak kematian dan kehancuran yang memiluka. Tsunami tersebut  dipicu oleh gelombang pasang yang tidak normal, karena bulan baru dan tanah longsor di bawah air setelah letusan gunung berapi Anak Krakatau.

Gelombang tsunami yang menghantam pantai Sumatra bagian selatan dan ujung barat Jawa itu menghancurkan ratusan bangunan sekitar pukul  21:30 WIB. (14:30 GMT).

Tsunami di kawasan itu bukan sekali terjadi. Patut dicatat,  bahwa letusan gunung berapi Krakatau pada tahun 1883, telah menyebabkan salah satu tsunami paling mematikan di dunia. Dari kaldera yang dihasilkan letusan itu, lahir  pulau Anak Krakatau yang baru muncul pada tahun 1927. Anak Krakatau adalah salah satu dari 127 gunung berapi aktif yang membentang sepanjang kepulauan di Indonesia.

Indonesia dapat digambarkan seperti  mengangkangi apa yang disebut ‘Cincin Api’ Pasifik, tempat lempeng tektonik bertabrakan dan sebagian besar letusan gunung berapi dan gempa bumi terjadi.

Sejak berabad silam, sejumlah peristiwa tsunami paling mematikan terjadi di Indonesia,  termasuk tsunami Boxing Day pada 26 Desember 2004. Peristiwa itu menempatkan tsunami di Samudera Hindia (dengan Aceh yang paling parah terdampaknya), yang menempati peringkat di antara bencana alam paling merusak di dunia.

10 Februari 1797 – Sumatra

Gempa bumi terjadi pada pukul 10:00 WIB, mengakibatkan tsunami di dekat Padang yang sangat parah. Itu adalah yang pertama dari serangkaian gempa bumi besar yang menghancurkan bagian dari segmen Sumatra dari megathrust Sunda – 5.500 km sesar geologis yang membentang dari Myanmar di utara, dan kemudian di sepanjang sisi barat daya Sumatra, ke selatan Jawa dan Bali sebelum berakhir di dekat Australia.

Gempa bumi menyebabkan keruntuhan atau kerusakan banyak rumah. Gelombang tsunami menggerakkan kapal layar Inggris berkapasitas 150-200 ton, ditambatkan di Sungai Arau, sekitar satu kilometer ke daratan, menghancurkan beberapa rumah saat berjalan. Perahu kecil didorong hingga 1,8 km ke hulu.

Hanya ada dua kematian yang dilaporkan dari Padang, tetapi lebih banyak lagi dari Air Manis, di mana beberapa orang yang memanjat pohon untuk menghindari tsunami ditemukan tewas di cabang-cabang pada hari berikutnya. Kepulauan Batu juga dilaporkan terkena dampak.

 

25 November 1833 – Sumatra

Gempa bumi dengan kekuatan 8,8-9,2 diperkirakan sekitar 10:00 malam yang menyebabkan tsunami besar yang membanjiri pantai barat daya pulau itu. Hanya sedikit informasi yang tersedia tentang tingkat kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi atau tsunami berikutnya.

Gempa bumi berlangsung lima menit di Bengkulu dan sekitar tiga menit di Padang. Tremor juga terasa sejauh Singapura dan Jawa. Gelombang tsunami dilaporkan dari Bengkulu, Pulau Cinco, Indrapurah, Padang, dan Pariaman. Meskipun tidak ada kematian yang dilaporkan di Bengkulu, hanya satu penduduk asli yang dilaporkan meninggal di Padang tetapi jumlah kematian yang pasti tidak tersedia.

Kerusakan akibat tsunami tampaknya lebih besar di Indrapura dan Bengkulu daripada di Padang. Perahu robek dari tambatan mereka di Pariaman dan Padang, tetapi deskripsi menyiratkan bahwa air tidak melonjak di tepi sungai seperti pada 1797.

Pemodelan tsunami menunjukkan bahwa sebagian besar energi akan dipancarkan ke Samudra Hindia, sehingga menyelamatkan sebagian besar pusat populasi pantai di luar Sumatera itu sendiri. Ada juga laporan kerusakan signifikan di Seychelles

 

16 Februari 1861 – Sumatra

Gempa bumi ketiga dan terakhir ini secara berurutan yang menghancurkan bagian-bagian segmen Sumatra dari megathrust Sunda menyebabkan tsunami dahsyat yang menyebabkan gabungan ribuan korban jiwa. Tremor dari gempa bumi terasa sejauh semenanjung Melayu dan bagian timur Jawa. Enam gempa susulan besar dirasakan selama tujuh bulan ke depan.

Desa-desa di sepanjang sisi laut Kepulauan Batu hancur. Setidaknya 500 km garis pantai rusak oleh tsunami dengan peningkatan hingga tujuh meter di sisi barat daya Nias.

 

26-27 Agustus 1883 – Letusan Krakatau

Setelah empat bulan aktivitas seismik intens yang dimulai pada 20 Mei 1833, gunung berapi Krakatau mulai meletus pada sore hari pada tanggal 26 Agustus dan memuncak pada hari berikutnya yang mengarah pada penghancuran lebih dari 70 persen pulau dan kepulauan di sekitarnya sebagai gunung berapi. runtuh menjadi kaldera.

Tsunami yang dihasilkan menyebabkan lebih dari 36.600 kematian, telah menjadikan letusan Krakatau sebagai salah satu peristiwa vulkanik yang paling mematikan dan paling merusak sepanjang masa di seantero dunia. Kota pelabuhan Merak di Jawa dihancurkan oleh gelombang tsunami setinggi 46 meter.

Kegiatan seismik setelah letusan dilaporkan berlanjut hingga Februari 1884, meskipun analisis selanjutnya telah menolak gagasan tersebut. Namun dampak tambahan terasa dari berbagai belahan dunia pada hari-hari dan minggu-minggu setelah Krakatau meletus.

Kapal-kapal yang berada di laut jauh di  Afrika Selatan, terguncang dan tenggelam ketika tsunami menghantam mereka, dan tubuh para korban ditemukan mengambang di laut selama berbulan-bulan setelah kejadian. Gelombang yang lebih kecil direkam pada alat pengukur pasang surut sejauh Selat Inggris.

 

30 Sep 1899 – Pulau Seram

Pulau Seram tersentak oleh gempa 7,8 disertai dengan tsunami 10 meter sekitar 01:42 dinihari.   Tsunami yang menghancurkan ini merenggut 3.864 nyawa dan menyapu beberapa desa sepenuhnya. Daerah-daerah yang paling parah terkena berada di, atau dekat, garis fraktur Seram dan termasuk Hatusua (daerah Piru-bay), Paulohy-Samasuru dan Makariki (daerah Teluk Elpaputih), Tehoru, Wolu dan Laimu (area Taluti-bay ).

 

21 Januari 1917 – Bali

Tsunami kecil diamati di pantai tenggara Bali setelah gempa 6,6. Sementara gempa memicu beberapa tanah longsor yang menyebabkan kerusakan luas di Bali yang menyebabkan korban jiwa 1.500, tsunami tidak memiliki dampak besar.

25 Sep 1931 – Sumatra Barat Daya

Gempa 7,3-7,5 memiliki pusat gempa yang terletak di antara Pulau Enggano dan Sumatra, memicu tsunami kecil dengan gelombang setinggi satu meter. Tidak ada kematian yang dilaporkan.

 

24 Januari 1965 – Laut Seram

Gempa 8,2 dengan pusat gempa di lepas pantai barat daya Pulau Sanana di Indonesia timur pada kedalaman 28 km di bawah Laut Seram memicu tsunami yang menyebabkan kerusakan di Sanana, Buru dan Mangole. Hingga 3.000 bangunan dan 14 jembatan hancur di Sanana sementara 71 orang dilaporkan tewas.

14 Agustus 1968 – Sulawesi

Gempa berkekuatan 7,4 di Sulawesi menyebabkan tsunami besar dengan ketinggian gelombang 8-10 meter yang menewaskan sekitar 200 orang. Pusat gempa berada di dekat Laut Sulawesi dan menenggelamkan Pulau Tuguan.

 

19 Agustus 1977 – Sumbawa

Gempa 8,3 memiliki pusat gempa di bawah Samudera Hindia sekitar 290 km selatan Bima di Pulau Sumbawa yang menyebabkan tsunami yang melanda beberapa lokasi di Sumba dan Sumbawa.

Jumlah gabungan korban dari gempa bumi dan tsunami di Indonesia setidaknya 107 yang dikonfirmasi mati dan beberapa lusin lainnya hilang, diduga meninggal; beberapa sumber menggabungkan keduanya untuk jumlah total korban sekitar 180 kematian dan 1.100 cedera.

 

3 Juni 1994 – Jawa

Episentrum gempa 7,8 berada di bagian timur pantai Jawa selatan, dekat ujung timur Palung Jawa. Tsunami yang dihasilkan mencapai Jawa dan Bali dengan ketinggian hingga 14 meter di pantai Jawa Timur dan hingga lima meter di pantai barat daya Bali. Lebih dari 200 orang tewas dalam tsunami.

 

17 Februari 1996 – Biak

Gempa 8,2 di Pulau Biak memicu tsunami setinggi tujuh meter yang menewaskan 166 orang, 423 terluka, dan lebih dari 5.000 kehilangan tempat tinggal.

 

26 Desember 2004 – Samudera Hindia

Diukur dalam nyawa yang hilang, gempa bumi yang terjadi di Samudra Hindia ini adalah salah satu dari sepuluh gempa terburuk dalam sejarah, dan tsunami yang dihasilkan tetap yang paling mematikan dalam sejarah.

Bencana itu, juga dikenal sebagai tsunami Boxing Day, menewaskan hampir 230.000 orang dan menewaskan lebih dari 43.000 dari 14 negara termasuk Indonesia, Sri Lanka, India, Thailand, Somalia, Myanmar, Maladewa, Malaysia, Tanzania, Seychelles, Bangladesh, Afrika Selatan, Yaman, Kenya, dan Madagaskar. Kota Banda Aceh, Indonesia, melaporkan jumlah korban terbesar.

Kerusakan ekonomi akibat bencana tersebut diperkirakan lebih dari 10 miliar dolar AS. Lebih dari 51.000 kapal dan kapal dilaporkan hilang atau hancur dalam tsunami.

Gempa berkekuatan 9,1-9,3 yang terjadi pada kedalaman 30 km di bawah laut pada jam 7:58 pagi waktu setempat adalah yang terbesar ketiga dan menyebabkan planet itu bergetar sebanyak 1 cm, dan itu memicu gempa bumi dari jarak jauh sejauh Alaska. Tsunami berikutnya setinggi 50 meter, mencapai lima kilometer ke pedalaman dekat Meubolah, Sumatra.

 

25 Oktober 2010 – Mentawai

Gempa 7,8 terjadi pada patahan yang sama yang menghasilkan gempa bumi Samudra Hindia 2010 dan mengakibatkan tsunami lokal besar yang melanda Kepulauan Mentawai.

Banyak desa di pulau-pulau yang terkena dampak tsunami, yang mencapai ketinggian tiga meter itu  menyapu  sejauh 600 meter ke daratan. Tsunami menyebabkan kerusakan luas yang mengungsi lebih dari 20.000 orang dan mempengaruhi sekitar 4.000 rumah tangga. 435 orang dilaporkan telah terbunuh, dengan lebih dari 100 orang hilang.

 

28 Sep 2018 – Sulawesi

Awal tahun ini, gempa bumi dangkal dan besar menusuk Semenanjung Minahasa dengan pusat gempa yang terletak di pegunungan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Gempa 7.5 memicu tsunami yang menewaskan sedikitnya 2.100 orang dan melukai lebih dari 10.000 dengan ratusan masih hilang.

Lebih dari 70.000 rumah dilaporkan rusak, memaksa puluhan ribu orang tinggal di tempat penampungan dan tenda. Gempa dan tsunami menyebabkan pemadaman listrik yang memutus komunikasi di sekitar Palu, ibukota Sulawesi Tengah.***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *