Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Ignis Gusur Brio di Segmen City Car

Published

on

AWAL tahun 2018 menjadi pertanda kebangkitan industri otomotif, khususnya mobil di berbagai segmen. Beberapa mobil anyar pun terlahir untuk lebih memanjakan konsumen, dengan beragam varian dan harga.

Beragam keunggulan pun terlahir. Tentu saja, persaingan ini menandakan semakin sehat dan berkembangnya industri otomotif di tanah air. Seperti pula yang terjadi di kelas City Car.

Suzuki Ignis mampu melengserkan Honda Brio dari singgasananya di kelas city car. Model yang dipasarkan di kuartal kedua 2017 mampu mendongkrak pasar mobil perkotaan yang semula hanya menguasai sekitar 2 persen, tahun lalu berhasil mampu menguasai hingga 44 persen.

Suzuki Ignis, bersaing dengan model lain antara lain Honda Brio, Nissan March, Daihatsu Sirion, Mitsubishi Mirage, Toyota Etios, Hyundai i10, hingga Kia Picanto. Dalam sembilan bulan terakhir, Suzuki Ignis berhasil meraih angka penjualan 14.157 unit.

Capaian angka penjualan Ignis tersebut sekaligus menjadikan model ini berhasil merebut pangsa pasar city car hingga 44 persen dan menjadi juara di kelasnya. Suzuki Ignis langsung berhasil menyalip pesainya, termasuk Honda Brio yang tahun sebelumnya menjadi model city car terlaris.

Sebelum Ignis, Suzuki juga memiliki model lain yang telah dimainkan terlebih dulu di segmen pasar ini yakni Celerio dan Splash. Akan tetapi, keduanya tidak terlalu sukses di pasar.

Tahun lalu, Suzuki Celerio hanya terdistribusi 57 unit, sedangkan Suzuki Splash tak lagi didistribusikan. Alhasil, tahun lalu pangsa pasar kedua model ini tidak sampai 1 persen.

Suzuki Ignis dipasarkan dengan empat varian, yakni Ignis GL 1.2 MT, Ignis GL 1.2 AT, Ignis GX 1.2 MT, dan Ignis GX 1.2 AT. Harganya berbervariasi Rp141,5 juta – Rp171,5 juta. ***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *