Connect with us

Sport

Hoki Tanpa Target di Asian Games 2018

Published

on

FEDERASI Hockey Indonesia (FHI) tanpa mematok target muluk-muluk di Asian Games 2018. Namun demikian bukan berarti cabang hoki hanya sekedar peserta pelengkap di pesta olahraga terbesar di kawasan Asia itu.

Ketua Umum FHI Brigjen TNI Yus Adi Kamarullah mengatakan hal itu seusai mendampingi Komisi X DPR-RI meninjau pelatnas hoki di Lapangan Hoki GBK Senayan Jakarta, Rabu, (24/1).

”Kalau kami ditanya target medali tentu level tim hoki Indonesia belum berada di tataran atas Asia. Peta kekuatan hoki Asia masih dikuasai negara-negara Asia Selatan seperti India, Pakistan dan Srilanka,”kata Yus Adi yang didampingi Sekjen FHI Yasser Arafat itu.

Menyinggung persiapan, Yus Adi mengatakan secara spesifik pelatnas baru dimulai per Januari tahun ini. Dengan sisa waktu persiapan yang tergolong singkat itu, tim pelatih tentu dituntut bekerja keras memaksimalkan kemampuan para pemain.

Yus Adi juga menambahkan, untuk meningkatkan kualitas permainan timnas hoki Indonesia akan melakukan serangkaian uji coba ke luar negeri.”Negara-negara yang akan kami jadikan untuk try out sudah pasti India, Pakistan karena kualitas kedua negara itu masih di atas timnas Indonesia,”tambahnya.

Namun Yus Adi berharap persiapan Asian Games 2018 berdampak luas terutama untuk pembinaan ke depan. Paling tidak sebagai bekal menghadapi SEA Games 2019 di Manila, Filipina.

”Jujur saja kita harus mampu berbicara di kawasan Asia Tenggara dulu sebelum ke level Asia. Di Asia Tenggara, peta kekuatan juga merata, selain Malaysia, Singapura, juga masih ada Thailand dan Vietnam,”paparnya.

Menurut Ahriandi, sesi latihan diikuti 27 atlet putra dan 27 atlet putri. Latihan digelar dua sesi pagi dan sore.” Latihan fokus untuk  memperbaiki tekhnik  dan peningkatan  indurance. Sementara untuk game belum kami lakukan,” kata Ahriandi.

Timnas pelatnas  hoki diperkuat hampir 50 persen pemain yang berlaga di SEA Games 2017 di Kuala Lumpur Malaysia, sedangkan sisanya hasil seleksi dari kejurnas. ***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *